Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Cewek


Sistem reproduksi adalah salah satu bagian penting dari tubuh kita karena memegang peranan vital dalam aspek seksualitas dan sebagai bekal menjadi seorang ibu. Namun terkadang kesehatan sistem reproduksi di pandang sebelah mata dan dianggap tidak penting – padahal pada bagian sistem reproduksi sering terjadi masalah kesehatan atau penyakit yang berbahaya.

TIPS MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI CEWEK

Image courtesy: huffingtonpost.ca

Dalam kesempatan kali ini, tips-cewek.com akan memaparkan sedikit tips menjaga kesehatan reproduksi bagi wanita atau cewek remaja. Tips-tips menjaga kesehatan reproduksi ini dapat di lakukan dengan sangat mudah dan praktis dan sangat membantu agar organ intim dan reproduksi kamu bisa selalu dalam keadaan yang sehat.

Tips #1 : Say no to free sex!

Ancaman kesehatan pada organ intim dan sistem reproduksi berasal dari tindakan seks bebas dan tidak aman. Hubungan seks bebas dapat mengakibatkan terjadinya penyebaran penyakit kelamin yang berbahaya seperti siphilis, gonorrhea, hepatitis dan sebagainya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari melakukan seks bebas, karena resiko penularan penyakit kelamin berbahaya ini sangat tinggi.


Tips #2 : Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin

Pemeriksaan kesehatan organ intim sangat di rekomendasikan untuk dilakukan secara berkala, karena pada prinsipnya penyakit berbahaya pada organ intim bukan hanya dapat menular melewati hubungan seks, namun juga dapat menular pada kondisi sanitasi yang buruk.

Kebanyakan orang tidak menyadari dirinya terinfeksi penyakit kelamin menular atau sexually-transmitted diseases (STDs) karena biasanya penyakit-penyakit tersebut tidak memiliki tanda-tanda yang jelas, namun bisa menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak di tangani secara dini.

Tips #3 : Selalu jaga kebersihan

Selalu jaga organ intim kamu agar berada dalam keadaan yang bersih. Bersihkan secara teratur dengan menggunakan air dan sabun khusus untuk organ intim, terutama jika kamu sering menggunakan toilet umum. Dengan cara ini, organ intim di harapkan akan aman dari bahaya infeksi yang disebabkan oleh kuman atau jamur yang sering berkembang biak di organ intim.

Selain itu, jangan lupa mengganti celana dalam minimal dua kali sehari, dan pastikan kamu menggunakan celana dalam yang benar-benar sudah di cuci bersih.

Tips #4 : Menjaga gaya yang hidup sehat

Diet sehat seimbang, banyak berolah raga dan rajin mengkonsumsi makanan bergizi akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan organ reproduksi dan intim. Hindari stress dan rasa cemas yang berlebihan, serta beristirahat/tidur lah dengan jumlah yang cukup.

Tips #5 : Kunjungi dokter jika perlu

Jika kamu merasa ada sesuatu yang tidak beres dengan kesehatan organ intim atau reproduksi, maka segeralah melakukan konsultasi dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh tentang kondisi kesehatan organ reproduksi, sekaligus memberikan terapi yang tepat agar kesehatan reproduksi pada tubuhmu selalu dalam keadaan optimal.

Demikian sedikit tips tentang cara / tips menjaga kesehatan reproduksi cewek atau wanita. Semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa klik atau share ya!



Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌