Tips Agar Tidak Ngantuk Saat Belajar di Kelas

Siapa yang nggak pernah ngantuk saat lagi belajar di kelas atau di kampus? Jawabannya mungkin tidak ada, hampir semua orang yang sekolah atau kuliah pernah merasakan rasa ngantuk saat belajar. Ngantuk normal kok, terutama pada saat mata pelajaran atau mata kuliah yang materinya bikin boring.

Nah, agar kamu nggak ngantuk saat sedang mengikuti pelajaran, berikut ini tips-cewek.com akan mengangkat tema ringan yang bertema “tips agar tidak ngantuk saat belajar di kelas”. Check this out!

Tips Agar Tidak Ngantuk Saat Belajar di Kelasimage via inquisitr.com

Tips #1. Tidur yang cukup di malam hari

Kebiasaan begadang atau kurang tidur pada malam hari adalah hal pertama pencetus rasa mengantuk saat kita belajar di kelas. Oleh karena itu, cara paling ampuh yang pertama untuk mencegah ngantuk di kelas adalah tidur yang cukup pada malam hari.

Berdasarkan riset yang di lakukan oleh ahli kesehatan, jumlah waktu minimal untuk tidur pada malam hari idealnya adalah 5 jam. Jumlah waktu tidur yang di rekomendasikan untuk orang dewasa adalah 7 sampai 8 jam sehari, sedangkan buat kamu yang masih teenage atau remaja direkomendasikan tidur antara 8 sampai 9 jam sehari.

Tips #2 – Jauhkan kesibukan lain saat kamu akan tidur malam

Avelino Verceles, MD – salah seorang pakar kesehatan dari University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa, saat kamu akan tidur, hindarilah aktivitas lain yang berpotensi mengganggu waktu istirahat, misalnya menonton televisi, bermain video game, browsing internet dengan menggunakan laptop, dan sebagainya.

Hal ini bertujuan agar kamu bisa istirahat secara maksimal. Hal-hal yang mengganggu waktu istirahat dapat mengakibatkan kamu kesulitan tidur atau tidur tidak nyenyak.

Tips #3 – Bangun pagi tepat waktu

Cewek remaja sangat di rekomendasikan untuk bangun pagi dan memulai aktivitas pada waktu yang konsisten, jika perlu pasang alarm yang bisa membangunkan kamu pada waktu yang telah di tentukan.

Tubuh akan secara perlahan akan mengikuti siklus istirahat kamu yang teratur, sehingga dapat mendukung aktivitas kamu dengan lebih maksimal.

Tips #4 – Olah raga ringan

Setelah kamu bangun tidur, ada baiknya untuk melakukan olah raga ringan seperti stretching dan jogging. Lakukan olah raga ringan setiap pagi selama 20 – 30 menit secara rutin.

Melakukan olah raga pagi secara rutin setiap hari, akan sangat terasa manfaatnya pada saat kamu sedang beraktivitas di siang hari. Badan akan terasa lebih fit, lebih ringan, dan tidak gampang kecapekan.

Tips #5 – Makan pagi yang sehat

Jangan menganggap remeh sarapan yang kamu konsumsi di pagi hari. Makan pagi yang sehat bisa memberikan energi untuk tetap stay awake alias nggak ketiduran di kelas.

Konsumsi makanan sehat dengan protein tinggi, sayuran, dan karbohidrat yang seimbang. Hindari mengkonsumsi lemak berlebihan pada saat sarapan.

Tips #6 – Stimulasi otak agar berfikir positif

Sebelum berangkat sekolah atau ke kampus di pagi hari, para pakar kesehatan juga menganjurkan kita untuk memberikan stimulasi ringan pada otak, dengan cara membaca artikel menarik di koran pagi, atau surfing website berita di internet. Nggak perlu banyak artikel yang di baca, cukup satu atau dua artikel saja.

Kamu bisa membaca artikel tersebut sambil mendengarkan musik yang menyenangkan agar kamu dapet mood yang baik di pagi hari.

Tips #7 – Lakukan banyak interaksi pada saat kamu berada di kelas

Kelas sebenarnya adalah tempat yang menyenangkan untuk bersosialisasi dan berdiskusi. Oleh karena itu, untuk menghindari rasa mengantuk, kamu dapat melakukan berbagai interaksi, dengan sahabat, teman, atau guru.

Duduklah di kursi barisan depan, walau pun kamu kurang suka duduk di depan. Dengan duduk di kursi terdepan, kamu memiliki peluang lebih banyak untuk berinteraksi dengan mata pelajaran yang di sampaikan oleh guru atau dosen.

Selama belajar, jangan ragu juga untuk melakukan diskusi atau tanya jawab yang sesuai dengan konteks pelajaran.

Tips #8 – Rileks di dalam kelas

Selama mengikuti pelajaran, usahakan badan dan pikiran kita agar selalu berada dalam kondisi rileks atau santai.

Saat rasa penat, hilang fokus, atau mengantuk datang menyergap, tegakkan badan lalu sandarkan ke kursi dengan posisi yang tetap tegak sambil melemaskan bahu, lengan dan kaki dengan cara menggerakkannya secara ringan.

Jika di izinkan untuk makan permen dalam kelas, maka ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa permen rasa peppermint agar bisa di emut di dalam kelas.

Tips #9 – Istirahat yang cukup

Pada saat jam istirahat, lakukan stretching atau peregangan ringan terutama pada bagian tangan, kaki dan pinggang.

Konsumsilah makan siang dalam jumlah atau porsi yang jumlah porsinya tidak terlalu besar, karena konsumsi makan siang yang berlebihan akan mengakibatkan rasa mengantuk yang tidak terkendali pada saat kamu melanjutkan pelajaran.

Tips #10 – Jauhi kipas angin atau pendingin ruangan

Kipas angin atau pendingin ruangan yang sejuk juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan rasa mengantuk. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menghindari duduk di dekat kipas angin atau pendingin ruangan.

Oke, demikian sedikit tips agar tidak ngantuk saat belajar di kelas atau di kampus. Semoga bisa bermanfaat buat kamu, dan jangan lupa klik like/share ya!



43 Comments

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌