Tips Merawat Kulit Wajah Yang Berminyak


Punya kulit wajah yang berminyak terkadang menjadi permasalahan sendiri bagi cewek, karena bisa mengakibatkan wajah tampak tidak cerah dan kusam. Selain itu, kelebihan minyak pada kulit wajah juga dapat mengakibatkan masalah kesehatan kulit lainnya, seperti munculnya jerawat, bintik-bintik hitam, komedo, dan sebagainya.

Tips Merawat Kulit Wajah Yang Berminyak

image via blogspot.com

Namun tidak selamanya minyak berlebih di kulit wajah memiliki dampak negatif, ada kok dampak positifnya, antara lain mencegah keriput jika di bandingkan dengan cewek yang memiliki kulit kering.

Kelebihan minyak pada kulit wajah disebabkan oleh kelenjar minyak di bawah permukaan kulit yang memproduksi sebum (minyak pada kulit) dengan jumlah yang berlebihan. Kulit wajah yang berminyak biasanya tampak mengkilap dan memiliki pori-pori yang berukuran jauh lebih besar jika di bandingkan dengan cewek yang memiliki kulit normal.

Sebenarnya ada banyak hal yang mengakibatkan munculnya masalah kulit berminyak antara lain karena siklus hormonal di dalam tubuh terutama pada masa puber, stress, faktor keturunan atau genetis, diet, dan sebagainya. Selain itu produksi minyak pada kulit wajah biasanya juga meningkat pada saat cewek sedang mengalami menstruasi, hamil, menopause, atau pada wanita yang mengkonsumsi pil pencegah kehamilan alias pil KB.

Dalam tulisan kali ini, tips-cewek.com akan mencoba mengangkat tema tentang tips merawat kulit wajah yang berminyak. Perawatan ini dapat kamu lakukan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah di dapat. Let’s check it out!

1. Perawatan dengan putih telur

Putih telur memiliki kandungan vitamin A dalam jumlah yang cukup besar, dan sangat efektif untuk membantu mencerahkan kulit yang tampak kusam karena problem kulit berminyak.


Cara menggunakan putih telur untuk perawatan kulit berminyak cukup gampang! Kocok dan campurkan putih telur dengan air perasan dari setengah jeruk lemon, kemudian ratakan campuran putih telur tersebut ke permukaan kulit wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, dan kemudian cuci bersih dengan menggunakan air hangat.

2. Perawatan dengan jeruk lemon

Air perasan jeruk lemon sangat kaya dengan kandungan asam sitrat. Asam sitrat dapat bekerja sebagai astringent, yang dapat membantu memperkecil pori-pori wajah. Selain itu, air perasan jeruk lemon juga bekerja sebagai antiseptik dan mampu membantu menghilangkan flek-flek hitam pada wajah.

Cara menggunakannya untuk perawatan kulit berminyak juga cukup mudah, cukup campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon dengan satu setengah sendok air suling (kalo tidak ada air suling, gunakan air non kimia seperti air mineral). Ratakan ke permukaan kulit wajah, biarkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Air jeruk lemon dapat menyebabkan kulit wajah menjadi agak kering, oleh sebab itu setelah melakukan perawatan ini gunakan juga krim pelembab pada permukaan kulit wajah.

3. Perawatan dengan tomat

Tomat selain dapat di konsumsi sebagai sayur-sayuran, juga dapat digunakan untuk membantu perawatan pada kulit wajah yang berminyak. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah tomat juga dapat membantu pada pengobatan jerawat yang membandel. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan asam yang dapat menyerap minyak dengan cepat.

Cara menggunakan tomat untuk mengatasi kulit berminyak adalah potong tomat menjadi beberapa kemudian, kemudian gosokkan potongan tomat tersebut ke permukaan kulit wajah dengan perlahan. Biarkan sari tomat tersebut meresap kedalam kulit selama kurang lebih 15 menit. Akhiri dengan mencuci wajah dengan menggunakan air dingin, keringkan dengan handuk, kemudian aplikasikan pelembab yang di buat khusus untuk kulit berminyak.

Dengan melakukan perawatan rutin sebanyak 2 atau 3 kali seminggu, kamu akan dapat merasakan kulit wajah yang berminyak akan menjadi normal kembali. Selain itu, wajah juga akan bebas dari masalah seperti jerawat, flek, atau komedo.

Demikian sedikit ulasan tentang tips merawat kulit wajah yang berminyak. Semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa klik like/share!



Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌