Tips Menjaga Kesehatan Miss V Secara Alami


Organ kewanitaan bagian luar, terutama bagian vagina atau yang biasa di sebut dengan istilah miss V merupakan daerah yang paling lembab jika di bandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya. Hal ini menyebabkan area intim tersebut sangat mudah terkena infeksi terutama infeksi jamur dan infeksi bakteri. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga kondisi kesehatannya.

Tips Menjaga Kesehatan Miss V Secara Alami

Ada banyak cara mudah untuk menjaga kesehatan miss V secara alami dan dapat kamu lakukan sehari-hari. Berikut adalah tips menjaga kesehatan miss V secara alami yang telah di kemas oleh tim tips-cewek.com

1. Bersihkan miss V sampai tuntas

Syarat utama untuk menjaga kesehatan organ intim cewek adalah biasakan membersihkan miss V sampai benar-benar bersih. Kamu juga harus memperhatikan cara membersihkan miss V yang benar, yaitu bersihkan dari arah depan ke arah belakang, agar kontaminasi bakteri jahat dari anus tidak sampai ke miss V.

Setelah kondisi miss V sudah benar-benar bersih, segera keringkan dengan menggunakan tissue yang tidak mudah sobek dan steril atau kain yang kering. Sewaktu mengeringkan, usahakan juga arah gerakannya dari depan ke belakang.

2. Jangan biarkan lembab


Sebelum mengenakan celana dalam, pastikan kondisi miss V sudah benar-benar kering, karena jika kamu mengenakan underwear dalam keadaan miss V basah, maka kelembaban akan tertahan dalam waktu yang lebih lama dan dapat meningkatkan resiko terkena serangan jamur kulit.

3. Ganti celana dalam secara rutin

Gantilah celana dalam minimal 2 kali sehari – misalnya pada saat kamu selesai mandi pagi dan mandi sore. Hal ini penting karena celana dalam yang terlalu lama dipakai akan menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur jahat yang dapat memunculkan rasa gatal-gatal di miss V.

Selain itu, pilihlah CD yang memiliki bahan kain yang baik, seperti kain katun. Hindari penggunaan celana dalam yang terbuat dari kain polyester atau nilon, karena bahan-bahan pakaian seperti ini tidak dapat menyerap kelembaban atau keringat dengan sempurna.

Untuk mencegah terjadinya iritasi, hindari juga celana dalam yang memiliki renda atau sudut-sudut jahitan yang tajam.

4. Pantyliner atau pembalut

Jika kamu menggunakan pantyliner atau sedang mengalami menstruasi, sebaiknya kamu mengganti pantyliner atau pembalut yang kamu gunakan setiap 3 atau 4 jam sekali. Jika kamu sedang berada dalam kondisi menstruasi yang banyak, sangat disarankan untuk mengganti pembalut setiap 2 jam sekali.

Pantyliner atau pembalut juga merupakan media yang sangat mendukung perkembangbiakan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan permasalahan pada area kewanitaan.

5. Gunakan sabun yang tepat

Hindari sabun kewanitaan yang memiliki wewangian atau deterjen, karena dapat membunuh bakteri baik dan dapat menyebabkan keputihan. Gunakan sabun organ kewanitaan yang lembut, memiliki pH atau kadar keasaman yang tepat, dan terbuat dari bahan-bahan alami seperti susu, ekstrak daun sirih, dan sebagainya.

pH area kewanitaan memiliki nilai yang mengarah ke sifat asam, sedangkan sabun-sabun mandi memiliki pH yang bersifat basa. Oleh sebab itu, jangan pernah menggunakan sabun mandi untuk membersihkan miss V, sebab dapat membunuh flora alami yang menjaga keseimbangan ekosistem di area miss V.

Demikian kompilasi tips menjaga kesehatan miss V secara alami dan mudah serta dapat kamu lakukan setiap hari. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa klik like/share ya!



20 Comments

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌