5 Tips Agar Kamu Di Sukai Guru Atau Dosen

Setiap pelajar atau mahasiswa pasti ingin di sukai oleh guru atau dosen yang mengajar di sekolah atau kampus. Sebenarnya, kamu bisa mendapatkan empati atau perhatian dari pengajar dengan cara yang tidak terlalu sulit untuk di lakukan.

5 Tips Agar Kamu Di Sukai Guru Atau Dosenimage via huffingtonpost.com

5 Tips Agar Kamu Di Sukai Guru Atau Dosen

Sebelum menjabarkan lebih jauh tentang tips agar kamu di sukai oleh guru atau dosen, kamu terlebih dahulu harus mengerti bahwa orang lain (termasuk guru atau dosen) akan menilai kepribadian kamu dari attitude atau sikap kamu dalam pergaulan sehari-hari.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin di sukai pengajar, hal utama yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana bisa memperbaiki sikap kamu saat berada di lingkungan sekolah atau kampus.

Berikut adalah 5 tips agar kamu di sukai guru atau dosen yang intinya adalah pengembangan sikap positif kepada orang lain.

Pertama, sapa mereka dengan ramah

Kepribadian seorang murid akan terlihat pertama kali oleh guru atau dosen pada saat murid berjumpa dengan mereka.

Tunjukkan kepada mereka bahwa kamu adalah murid yang berkepribadian baik dengan cara menyapa mereka dengan ramah dan tulus. Jangan sungkan untuk menjabat tangan mereka dan mengucapkan salam di manapun kamu bertemu mereka – entah di jalan, di sekolah, di mall, atau di mana saja!

Kedua, show them some respects!

Kamu harus ingat bahwa mereka adalah mentor yang banyak memberikan kamu pelajaran yang kelak akan bermanfaat di masa yang akan datang. Maka, sudah sepantasnya jika kamu menghormati mereka sebagaimana kamu menghormati orang tua sendiri.

Ingatlah bahwa jika kamu menghormati orang lain, maka orang lain juga akan menghormati kamu.

Ketiga, jangan sungkan untuk membantu mereka

Tidak mudah menjadi seorang tenaga pengajar, karena mengajar adalah salah satu pekerjaan yang melelahkan secara fisik dan mental.

Tawarkan kepada mereka bantuan-bantuan yang mungkin bisa meringankan pekerjaan mereka sebagai figur pengajar, misalnya membawakan buku atau alat peraga yang mereka gunakan, membersihkan papan tulis atau whiteboard, dan sebagainya.

Yang harus kamu perhatikan adalah lakukanlah semua tugas-tugas itu dengan ikhlas dan tanpa pamrih.

Ke empat, fokus dan interaktif

Siswa yang selalu fokus saat belajar pasti akan menjadi perhatian dari guru atau dosen yang mengajari mereka. Dengan fokus saat belajar, kamu menunjukkan bahwa kamu adalah siswa yang konsisten dalam mempelajari apa yang mereka sampaikan.

Selain fokus dalam belajar, kamu juga harus bisa menjadi siswa yang interaktif agar bisa “mencuri” perhatian dari pengajar. Lakukanlah tanya jawab atau diskusi mata pelajaran yang sedang kamu pelajari dengan guru atau dosen yang menyampaikan materi pelajaran.

Ke lima, tunjukkan prestasimu!

Tidak diragukan, siswa yang memiliki prestasi sudah pasti memiliki perhatian tersendiri di mata pengajar. Terlebih lagi jika kamu berprestasi atas pelajaran yang selama ini mereka sampaikan.



19 Comments

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌