Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Presentasi


Apakah kamu pernah merasakan perut terasa mual, telapak tangan berkeringat, dan jantung berdegup kencang saat akan melakukan presentasi? Well, inilah yang di sebut dengan rasa gugup! Perasaan gugup saat akan melakukan presentasi adalah hal yang normal dan bisa di atasi.

Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Presentasiimage via prevention.com

Mau tau bagaimana cara mengatasi rasa gugup saat akan melakukan presentasi? Yuk, mari kita simak tips menghilangkan rasa gugup saat presentasi berikut ini!

Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Presentasi

#1. Kenali para audien dan siapkan materi presentasi

Tips pertama untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi adalah dengan cara mencari tahu terlebih dahulu latar belakang audiens atau peserta presentasi.

Dengan mengetahui latar belakang audiens dan peserta presentasi yang akan kamu lakukan, maka kamu dapat mempersiapkan materi apa yang akan di sampaikan.

Ingat, persiapan dan penguasaan materi adalah hal yang paling penting dalam keberhasilan kamu menyampaikan presentasi!

Saat kamu sudah mempersiapkan dan menguasai materi dengan baik, maka kamu akan merasa lebih siap dan tidak akan gugup saat kamu membawakan presentasi.

#2. Rencanakan apa yang akan di sampaikan saat presentasi

Salah satu cara yang di lakukan untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi adalah dengan menyiapkan alur materi presentasi yang akan kamu sampaikan.

Alur materi presentasi biasanya di tampilkan dalam bentuk slide yang berisi ringkasan materi.


Nah, agar kamu tetap bisa menguasai materi presentasi, ada baiknya kamu mencatat materi-materi lain yang masih terkait dengan slide pada selembar kertas. Baca sesekali kertas catatan ini saat kamu menyampaikan materi presentasi.

#3. Berlatih dan terus berlatih!

Practice makes perfect! Dengan berlatih dan menjadi terbiasa dengan materi presentasi akan sangat membantu kamu untuk mengalahkan rasa gugup saat menyampaikan presentasi di hadapan orang banyak.

Bagaimana cara berlatihnya? Hmm.. gampang kok! Mintalah beberapa orang teman atau anggota keluarga kamu untuk mendengarkan simulasi presentasi yang akan kamu lakukan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, simulasikan dengan serius dan sampai selesai.

Selain itu kamu juga bisa berlatih sendirian dengan cara menyampaikan materi presentasi di depan cermin. Ingat sekali lagi, practice makes perfect! Bisa karena terbiasa! :)

#4. Persiapan penampilan

Penampilan juga mempengaruhi tingkat ke-pede-an mu saat melakukan presentasi. Oleh karena itu tips selanjutnya untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi adalah persiapkan penampilan alias grooming kamu.

Kenakan pakaian yang nyaman dan agak longgar saat di pakai. Pakaian yang nyaman dan agak longgar dapat mencegah munculnya keringat dan memudahkan kamu untuk bernapas.

#5. Tenangkan diri sebelum presentasi

Keep calm and stay focus, girls! Rasa gugup atau grogi adalah hal yang wajar terjadi pada semua orang. Dan cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi adalah dengan menenangkan diri.

Ada beberapa cara mudah untuk menenangkan diri yang dapat kamu lakukan. Berikut adalah beberapa cara menenangkan diri saat presentasi:

  • Hiruplah nafas dalam-dalam dan teratur dari hidung. Lakukan sebanyak 5 – 6 kali saat rasa gugup mulai menyergap.
  • Minum air putih yang di sela-sela presentasi
  • Teruslah bergerak dengan santai saat melakukan presentasi, karena gerakan yang simultan bisa memberikan energi positif pada kamu dan orang-orang di sekitar kamu.

Oke girls! Semoga tips menghilangkan rasa gugup saat presentasi ini bisa bermanfaat buat kamu!



One Comment

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌