Tips Memilih Sekolah Favorit, Yang Baru Lulus Wajib Baca!

Ujian akhir sekolah sudah berakhir, dan sebagian besar dari kamu pasti sudah lulus. Well, kelulusan terkadang menjadi momok tersendiri terutama bagi kamu yang akan meneruskan jenjang pendidikan lebih lanjut, misalnya ke jenjang SMU atau universitas. Karena memilih sekolah atau universitas favorit bukanlah sebuah perkara mudah – ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan.

Tips Memilih Sekolah Favorit, Yang Baru Lulus Wajib Baca!image via sentraaqiqah.com

Nah, agar kamu tidak salah memilih sekolah atau universitas yang akan menjadi tempat kamu menimba ilmu, berikut ini tips-cewek.com akan mencoba memberikan tips memilih sekolah favorit yang ideal. Let’s check this out!

Tips Memilih Sekolah Favorit, Yang Baru Lulus Wajib Baca!

#01. Kenali minat dan kompetensi kamu

Hal pertama yang harus di perhatikan saat akan memilih sekolah adalah kita harus mengenali minat dan kompetensi yang ada di dalam diri kita. Misalnya, kalo kamu punya bakat dan minat di bidang ilmu komputer atau akuntansi, maka SMK atau kampus kejuruan adalah opsi yang terbaik untuk kamu pilih.

Sedangkan jika kamu menyukai pelajaran umum atau eksak seperti matematika, sains, biologi dan sebagainya, maka pilihlah SMU atau kampus umum non-kejuruan.

Tujuan dari mengenali minat dan bakat tidak lain adalah agar kita tidak menjadi bosan saat belajar di sekolah atau kampus. Selain itu, jalan untuk meniti karir dan menuju cita-cita akan lebih mudah untuk di dapatkan.

#02. Jarak rumah dengan sekolah

Jarak rumah dengan sekolah juga hal yang harus di pertimbangkan, karena jarak rumah dengan sekolah berbanding lurus dengan biaya yang harus dikeluarkan. Semakin jauh jarak rumah dengan sekolah, maka semakin besar pula biaya yang harus kamu keluarkan.

Biaya ini mencakup biaya transportasi, konsumsi, dan biaya-biaya lain yang masih berhubungan dengan aktivitas sekolah.

#03. Diskusikan dengan orang tua

Tips memilih sekolah favorit yang selanjutnya adalah mintalah pendapat dengan orang tua atau wali. Pastikan biaya sekolah kamu affordable dan tidak membebani keuangan keluarga. Biasanya sekolah swasta memiliki biaya yang lebih tinggi jika di bandingkan dengan sekolah umum.

Jika biaya yang dikeluarkan cukup besar, kamu bisa memanfaatkan program beasiswa di sekolah tujuan. Jangan malu untuk mengikuti program beasiswa, karena di luar negeri saja banyak siswa/siswi yang keluarganya mampu namun tetap ikut program beasiswa.

#04. Pertimbangkan fasilitas sekolah

Salah satu tips memilih sekolah favorit adalah pertimbangkan ketersediaan fasilitas penunjang yang ada di sekolah tujuan.

Semakin banyak fasilitas penunjang pendidikan yang tersedia, maka akan memudahkan kita untuk belajar. Fasilitas penunjang bisa seperti perpustakaan,  internet gratis, lapangan olah raga dan sebagainya.

#05. Mencari referensi sekolah tujuan

Kamu bisa mencari referensi sekolah yang akan kamu tuju lewat internet atau berdasarkan informasi dari keluarga dan teman-teman dekat.

Semakin banyak referensi yang kamu dapatkan, maka semakin banyak pula informasi berharga yang bisa kamu dapatkan tentang sekolah favorit yang kamu tuju, sehingga kamu bisa lebih mantap dalam memilih sekolah atau kampus yang akan menjadi tempat kamu menimba ilmu selanjutnya.



Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌