6 Tips Memilih Rumah Kost Yang Nyaman dan Aman

Tahun ajaran baru telah tiba! Tahun ajaran baru seperti ini identik dengan kegiatan penerimaan siswa atau mahasiswa baru. Nah, masalahnya sebagian kita yang akan bersekolah atau kuliah di luar daerah sering di pusingkan dengan masalah memilih tempat tinggal alias rumah kost yang nyaman untuk di tempati.

6 Tips Memilih Rumah Kost Yang Nyaman dan Amanimage via universityresidence.com

Jangan sampai kita salah memilih rumah kost, karena salah memilih rumah kost akan berdampak negatif bagi diri kita sendiri.

Oleh karena itu, ada beberapa kriteria dan tips memilih rumah kost agar kita bisa beristirahat, beraktivitas dan belajar secara maksimal. Yuk, simak ulasan tips memilih rumah kost berikut ini!

Tips Memilih Rumah Kost Yang Nyaman Untuk Pelajar dan Mahasiswa

#1. Akses jalan

Tips-cewek.com sangat di merekomendasikan agar kamu bisa memilih rumah kost yang dekat dengan akses jalan utama, karena dengan memiliki akses dekat ke jalan utama maka aktivitas kamu seperti berangkat kuliah atau sekolah akan lebih mudah dilakukan.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam sarana transportasi yang tersedia di jalan utama seperti angkot, bus, kendaraan pribadi dan sebagainya.

#2. Keamanan area kost

Keamanan area sekitar rumah kost juga harus kamu perhatikan, karena tidak jarang pelaku kejahatan akan menggunakan kesempatan dan beraksi pada saat rumah kost sedang kosong.

Pastikan di lingkungan tempat kost kamu terdapat sistem pengamanan lingkungan yang cukup, misalnya ada poskamling, petugas penjaga malam, atau satpam.

Akan sangat menguntungkan jika rumah kost yang akan kamu tempati dekat dengan pos polisi yang petugas piketnya siaga 24 jam. Dengan demikian dapat di pastikan rumah kost kamu akan aman dari pelaku kejahatan dan tentu saja akan menjadi nyaman untuk di tempati.

#3. Dekat dengan penjual/penyedia kebutuhan hidup

Saat indekost, terkadang kamu akan di haruskan untuk membeli kebutuhan hidup sendiri, misalnya makanan, minuman, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sangat di rekomendasikan untuk menempati rumah kost yang dekat dengan warung, toko alat tulis dan kantor, penyedia jasa fotokopi atau minimarket.

Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh untuk membeli kebutuhan kamu sebagai pelajar atau mahasiswa. Cukup jalan kaki udah sampai ketempat tujuan, daripada harus naik kendaraan pribadi, ‘kan bisa menghemat bensin. Hehehe..

#4. Pilih rumah kost yang tenang

Menjadi pelajar dan mahasiswa mewajibkan kamu untuk bisa beristirahat dan belajar dengan cukup.

Kamu pasti tidak ingin terganggu dengan kebisingan atau keributan (misalnya tetangga dangdutan tengah malam, ngobrol sampai pagi, dan sebagainya) mengganggu ketenangan tidur atau aktivitas belajar.

Nah, oleh karena itu usahakan untuk memilih rumah kost di lingkungan yang tenang, agar kamu bisa belajar dan beristirahat dengan nyaman.

#5. Lakukan survey

Tips selanjutnya agar kamu bisa memilih tempat atau rumah kost yang nyaman adalah lakukan survey sebelum memutuskan menyewa atau mengontrak sebuah tempat kost.

Survey penting untuk di lakukan karena kamu bisa mempertimbangkan aspek-aspek yang telah di jelaskan sebelumnya (keamanan, aksesibilitas, ketenangan, dan sebagainya).

Selain itu, dengan melakukan survey kita juga bisa membandingkan tempat kost mana yang menawarkan uang sewa yang lebih ringan dan kompetitif.

#6. Dekat dengan keluarga

Memilih tempat atau rumah kost yang dekat dengan rumah keluarga (misalnya bibi, paman, kakak, dan sebagainya) juga bisa memberikan keuntungan.

Keuntungan memilih tempat kost yang dekat dengan rumah keluarga adalah kamu dan orang tua kamu bisa berkoordinasi lebih mudah dengan sesama anggota keluarga. Sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, keluarga dapat lebih cepat untuk membantu.

Okey, semoga artikel pendek tentang tips memilih rumah kost yang nyaman ini bisa memberikan sedikit referensi, khususnya buat kamu yang akan meninggalkan keluarga ke luar daerah untuk sekolah atau kuliah.



One Comment

Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌