Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut


Ewww… bau mulut pasti bikin kita nggak pede dan risih. Apa lagi pada saat kita berbicara berdekatan dengan temen-temen atau lagi ngasih presentasi. Pasti nggak enak banget! Sebenarnya ada kok cara mudah menghilangkan bau mulut secara alami dan sehat.

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut

Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut


  • Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Hindari makanan yang berlemak, karena dalam proses pencernaan, lemak akan menghasilkan keton saat di cerna dan terfermentasi di dalam perut. Aroma keton akan naik lewat esofagus, kemudian kembali ke mulut dan menempel di lidah. Jika harus mengkonsumsi makanan yang berlemak, makanlah dalam jumlah terbatas dan di barengi dengan memakan sayur-sayuran.
  • Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan ngemil buah atau sayur bertekstur renyah, misalnya buah apel, seledri, dan wortel. Makanan sehat seperti ini mampu membersihkan sela-sela gigi dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.
  • Minum air putih yang banyak, karena air dapat meluruhkan bakteri penyebab bau mulut saat kamu minum. Selain itu, meminum air dalam jumlah cukup juga dapat membantu metabolisme tubuh agar dapat berjalan baik dan seimbang. Hindari minuman bersoda dan minuman lain yang mengandung asam sitrat, karena dapat menyebabkan gigi menjadi kusam.
  • Perbanyak minum jus segar dan kurangi konsumsi kopi. Kopi memiliki kandungan asam yang tinggi yang dapat mengakibatkan bau tidak sedap pada mulut. Asam juga dapat mengurangi kadar alkali dalam tubuh yang mengakibatkan metabolisme tidak seimbang.
  • Mengunyah daun mint atau peterseli (daun sup) juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Kandungan klorofil dalam peterseli mampu mengurangi terbentuknya senyawa sulfur di dalam mulut yang menyebabkan bau tidak sedap.
  • Jika bisa, biasakan mengkonsumsi yoghurt, karena yoghurt memiliki kandungan probiotik yang baik untuk pencernaan. Probiotik sangat efektif dalam mengatasi masalah fermentasi makanan pada saat di cerna.
  • Gosok gigi yang teratur minimal 2 kali sehari. Gosok gigi mampu membersihkan bakteri penyebab bau di dalam mulut. Lebih baik lagi jika kamu juga menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi setelah menggosok gigi.
  • Riset medis membuktikan bahwa membersihkan sisa-sisa makanan pada lidah sangat efektif untuk mengurangi bau mulut. Sisa makan pada lidah biasanya akan di huni oleh jutaan atau bahkan milyaran bakteri. Gunakan pembersih lidah yang dapat kamu beli di toko terdekat.
  • Setelah gosok gigi berkumurlah dengan mouthwash yang non-alkohol. Mouthwash dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut sampai ke bagian yang susah dijangkau pada saat bersikat gigi. Hindari mouthwash yang mengandung alkohol, karena dapat mengakibatkan mulut menjadi kering.
  • Permen karet dengan kandungan xylitol juga dapat menghilangkan bau mulut. Oleh karena itu selalu sediakan permen karet seperti ini di dalam dompet atau tas mu.

Oke girls! Demikian sedikit ulasan tentang cara mudah menghilangkan bau mulut. Semoga bermanfaat dan jangan lupa klik like/share. Stay healthy, and stay fun!



Tinggalkan komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Attention girls! Pastikan email yang di masukkan benar, karena setiap balasan komentar akan terkirim ke email dan ditampilkan pada halaman ini. 💌