Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulan

Tiap cewek pasti ingin memiliki siklus haid yang teratur dan lancar. Akan tetapi, siklus haid ini bisa terganggu karena beberapa faktor seperti stres, kelelahan, dan hormon yang tidak seimbang.

Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulan

Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulanimage via qsota.com

Bagi kamu yang haidnya tidak teratur, cobalah simak artikel singkat tentang cara agar haid teratur dan lancar berikut ini.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung Omega 3

Pembuluh darah di dalam rahim  memiliki diameter yang sangat kecil. Sehingga kadang-kadang sirkulasi darah di ovarium atau rahim dapat terganggu oleh beberapa faktor, seperti kegemukan atau kolesterol yang tinggi.

Dalam kondisi seperti ini sirkulasi darah dan hormon di dalam rahim akan menjadi terhambat.

Minyak ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah di dalam rahim, menangkal radikal bebas dari luar.

Omega 3 juga dapat menstimulasi produksi dopamine (hormon yang membuat kita merasa bahagia).

Mengkonsumsi ikan laut segar atau meminum suplemen minyak ikan yang mengandung omega 3 adalah salah satu cara agar haid teratur dan lancar.

Hindari karbohidrat dan gula yang berlebihan

Tips dan cara agar haid teratur dan lancar setiap bulan adalah menghindari konsumsi makanan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat kompleks secara berlebihan.

Ada beberapa makanan di Indonesia yang merupakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi putih, gula tebu, pasta, roti, dan sebagainya.

Makanan-makanan seperti ini bisa mempengaruhi produksi hormon insulin dan berdampak pada metabolisme lemak di dalam tubuh. Lemak akan lebih banyak di simpan di dalam tubuh dan memberikan dampak negatif pada siklus menstruasi dan ovulasi.

Sebagai gantinya, cobalah mengkonsumsi beras merah, jagung, ubi ungu, dan lain-lainnya. Usahakan juga untuk rajin mengkonsumsi buah terutama alpukat.

Alpukat mengandung beta-sitosterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol / lemak jahat di dalam darah. Selain itu beta-sitosterol juga efektif untuk menyeimbangkan kadar hormon kortisol di dalam tubuh.

Jangan mengkonsumsi minuman olahan pabrik

Salah satu cara agar haid teratur dan lancar yang selanjutnya adalah menghindari konsumsi minuman olahan dalam kaleng atau botol terutama yang banyak mengandung soda.

Perbanyak mengkonsumsi minuman olahan yang alami, misalnya saat santai cobalah untuk meminum wedang jahe buatan sendiri atau teh hijau.

American Journal of Clinical Nutrition pernah merilis sebuah jurnal ilmiah yang merekomendasikan konsumsi ekstrak teh hijau, karena teh hijau dapat meningkatkan siklus metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak.

Perbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi

Makanan yang berprotein tinggi (terutama protein nabati) juga memiliki peran penting sebagai penyeimbang produksi hormon tubuh yang mempengaruhi siklus haid.

Ada banyak sumber protein yang bisa kamu dapatkan dengan mudah, seperti kacang kedelai, tempe, tahu, keju, telur rebus, ikan, dan sebagainya.

Protein dalam kedelai sangat cocok untuk cewek yang haidnya tidak teratur. Kedelai mengandung estrogen, rendah kolesterol, serta memiliki kandungan vitamin dan mineral yang membantu menjaga kekuatan tulang.

Cobalah menikmati dark chocolate

Coklat mengandung flavonoid yang memiliki peran memperbaiki sirkulasi darah di dalam tubuh. Secara tidak langsung, flavonoid juga membantu sirkulasi darah di dalam rahim, serta meningkatkan produksi hormon dopamine.

Namun harus di ingat, konsumsi coklat tidak boleh berlebihan karena coklat juga memiliki kalori yang tinggi yang mengakibatkan berat badan bertambah.

Pencarian terkait:

supaya haid teratur, cara agar haid teratur

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*