6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!

Sponsors


Siklus haid biasanya berada di kisaran 28 hari. Akan tetapi, tidak semua cewek memiliki siklus haid seperti ini. Ada yang kurang dan ada yang lebih dari 28 hari, bahkan ada yang tidak teratur.

Nah, bagi kamu yang sering tidak teratur datang bulan, kali ini tips-cewek.com akan memberi beberapa tips agar cepat datang bulan dan memperbaiki siklus menstruasi dengan cara yang alami.

6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!

6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!image via womenshealth.gov

Berendam di dalam air hangat

Salah satu tips agar cepat datang bulan yang terbukti cukup ampuh dan efektif adalah dengan cara berendam di air hangat.

Berendam di air hangat memiliki beberapa manfaat buat cewek, antara lain bisa memberikan efek relaksasi dan mengurangi efek buruk pre-menstrual syndrome (PMS).

Berendam di air hangat juga bisa membantu relaksasi otot-otot perut, sehingga dapat melancarkan aliran darah di dalam rahim.

Dengan relaksasi dan stimulasi seperti ini di harapkan akan dapat mempercepat datangnya datang bulan.

Konsumsi vitamin C

Di dalam dunia medis, vitamin C di percayai sebagai salah satu emmenagogue (substansi yang mampu memperbanyak dan melancarkan datang bulan atau haid).

Oleh karena itu, tips agar cepat datang bulan yang selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi buah-buahan atau sayuran yang tinggi kandungan vitamin C.

Ada banyak kok buah-buahan di sekitar kita yang tinggi vitamin C dan harganya relatif murah, misalnya jeruk, pepaya, nanas, tomat dan sebagainya.

Dosis rekomendasi untuk vitamin C adalah 60 mg setiap hari. Jika kamu malas memakan buah atau sayuran, dan lebih memilih konsumsi suplemen vitamin C, sebaiknya jangan melebihi dosis yang di anjurkan.

Sponsors


Olahraga secara teratur

Tips agar cepat datang bulan selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga membantu sirkulasi darah, menjadikan badan lebih sehat, dan mengurangi sakit pada saat kamu sedang haid.

Cobalah untuk melakukan olah raga ringan seperti jogging dan berenang jika kamu agak telat datang bulan, karena olahraga seperti ini di percaya dapat mempercepat datangnya menstruasi.

Hindarilah olahraga yang berlebihan, karena olahraga yang berlebihan bisa memberikan efek yang buruk.

Perbanyak sosialisasi

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa memperbanyak sosialisasi atau berkumpul bersama teman-teman bisa membantu mempercepat datang bulan?

Well,  jawabannya adalah pada saat kamu berkumpul bersama sahabat dan teman-teman, biasanya mood kamu akan menjadi lebih baik.

Dengn demikian, bersosialisasi di percaya dapat memberikan efek harmonisasi periode datang bulan.

Jaga pola makan yang sehat

Menjaga pola makan adalah sebuah keharusan jika kamu ingin mendapatkan datang bulan yang lebih awal.

Makanan yang terlalu asin, terlalu berbumbu, dan makanan berporsi terlalu besar adalah musuh cewek yang susah datang bulan.

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karoten (dan vitamin C) seperti pepaya, wortel, aprikot, atau bayam.

Cobalah berjemur di bawah sinar matahari pagi

Jika kamu jarang keluar rumah dan mengalami keterlambatan datang bulan, cobalah lakukan tips ini : berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sinar matahari pagi membantu proses metabolisme pro-vitamin D di bawah lapisan kulit menjadi vitamin D.

Kekurangan vitamin D menyebabkan kelenjar paratiroid menjadi tidak aktif sehingga mempengaruhi produksi hormon estrogen yang merupakan salah satu hormon penting dalam siklus menstruasi.

Oke girls! Demikian tips agar cepat datang bulan ala tips-cewek.com! Ingat, jika tips-tips di atas tidak bisa membantu kamu untuk mendapatkan siklus menstruasi yang pas, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.

Sponsors


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *