Tips Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat dan Nggak Ribet!

Sponsors


Lulus dengan predikat sempurna terkadang tidak menjadi jaminan untuk mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Bisa jadi kita menjadi kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang sesuai dengan kemampuan kita.

Nah, agar kamu bisa lebih siap dan efisien dalam mencari pekerjaan, dalam ulasan kali ini tips-cewek.com akan mengangkat topik tentang tips mendapat pekerjaan dengan cepat.

Tips Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat dan Nggak Ribet!

Tips Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat dan Nggak Ribet!

Gunakan fasilitas pencari kerja online

Ada beberapa situs yang menyediakan atau memfasilitasi lowongan pekerjaan, misalnya jobsdb.com atau jobstreet.co.id. Kamu bisa menggunakan situs-situs ini untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan kamu.

Ada banyak perusahaan yang bekerja sama dengan situs lowongan pekerjaan ini. Biasanya perusahaan ini akan memberikan keterangan kandidat karyawan yang mereka cari.

Jika kriteria dan keterangan yang mereka berikan cocok dengan skill kamu, maka kamu bisa langsung mengirimkan aplikasi kerja secara online.

Melamar pekerjaan secara acak bukanlah ide bagus

Fokuslah mencari dan mengirimkan lamaran kerja pada perusahaan-perusahaan yang memang cocok dengan kualifikasi kemampuan kamu. Melamar pekerjaan secara acak hanya akan membuang-buang waktu dan hasilnya tidak akan maksimal.

Buatlah daftar-daftar perusahaan yang sedang mencari karyawan dengan kualifikasi yang sesuai dengan jurusan kuliah atau sekolah kamu. Kirimkan lamaran ke perusahaan-perusahaan tersebut dan jangan lupa melakukan follow up.

Misalnya, kamu adalah seorang lulusan sarjana komputer. Maka perusahaan yang ideal untuk kamu lamar adalah perusahaan yang memang membutuhkan tenaga yang ahli komputer, misalnya perusahaan telekomunikasi atau perusahaan yang membutuhkan IT.

Setelah melamar, cobalah menelepon atau mengirimkan email kepada HRD di perusahaan tersebut. Sampaikan ucapan terima kasih, dan berikan info bahwa kamu sudah mengirimkan lamaran ke perusahaan mereka.

Sponsors


Jangan berhenti mengirimkan lamaran

Kirimkan aplikasi kerja terus menerus ke beberapa perusahaan yang berbeda sambil menunggu panggilan untuk interview. Jangan berkecil hati jika perusahaan-perusahaan tersebut menolak aplikasi kamu.

Menurut sebuah survey di Amerika, rata-rata pencari kerja harus menyebar setidaknya 15 lamaran kerja sebelum mendapatkan pekerjaan yang di inginkan.

Kalo kamu beruntung, kamu mungkin akan mendapatkan panggilan kerja pada beberapa perusahaan sekaligus.

Spesifik dalam menuliskan lamaran kerja

Portofolio atau curriculum vitae yang kamu tulis di surat lamaran sebaiknya di sesuaikan sedemikian rupa agar bisa mencerminkan kepribadian dan kemampuan kamu.

Jangan menggunakan format portofolio atau curriculum vitae yang contohnya banyak di internet. Cobalah buat portofolio dan CV yang khas, spesifik, dan bisa memberikan kesan kepada orang yang membacanya.

Grooming juga menentukan kesuksesan

Grooming atau penampilan dan cara berpakaian memiliki peranan yang sangat penting di dunia kerja. Oleh sebab itu, berikanlah grooming terbaik pada saat kamu mendapatkan job interview alias wawancara kerja.

Pastikan kamu tampil rapi, berdandan dengan gaya minimalis, tidak menggunakan banyak perhiasan, dan terlihat profesional.

Jangan lupa juga untuk melakukan closing wawancara dengan ucapan terima kasih dan jabatan tangan yang bersahabat.

“Orang dalam” kadang-kadang bisa membantu

Dunia kerja adalah dunia yang sulit untuk di taklukkan tanpa adanya bantuan dari orang lain. Rekomendasi dari “orang dalam” bisa jadi faktor yang mempermudah kamu untuk mendapatkan pekerjaan dan posisi yang tepat.

Cobalah untuk mendapatkan rekomendasi dari orang yang kamu kenal pada perusahaan yang kamu lamar. Biasanya, rekomendasi dari karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut akan di pertimbangkan oleh pihak manajemen.

Be yourself

Jadilah diri kamu sendiri saat kamu di wawancara. Tidak perlu berbicara basa basi dan memberikan senyum yang terpaksa. Bicaralah to the point, jujur, dan apa adanya karena perusahaan yang akan kamu masuki membutuhkan figur seseorang yang dapat di percaya.

Oke girls, semoga saja ulasan singkat tentang tips mendapat pekerjaan dengan cepat ini bisa membantu kamu yang sedang mencari pekerjaan yang pas dengan bakat dan kemampuan kamu. Good luck!

 

 

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.

Sponsors


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *