Hal Unik Yang Terjadi Pada Masa Subur

Periode menstruasi adalah sebuah periode yang unik. Selama periode ini kadang kita ngerasa kondisi emosi menjadi “turun naik”, muncul rasa kram di perut, perasaan tambah gemuk, nafsu makan meiningkat dan sebagainya.

Hal Unik Yang Terjadi Pada Masa Subur

Nah, dalam ulasan singkat ini, kita akan membahas kenapa siklus atau periode menstruasi bisa menambah nafsu makan.

Nafsu makan meningkat di periode subur

Ada penjelasan ilmiah kenapa pada periode subur nafsu makan kita meningkat. Dalam jurnal yang dirilis oleh International Journal of Eating Disorders menjelaskan bahwa selama periode subur, tubuh menghasilkan hormon tambahan yang merangsang nafsu makan.

Jadi adalah sebuah hal normal kalo selama masa subur nafsu makan kamu naik drastis. Sebenarnya ini adalah proses alami, karena pada masa subur indung telur sudah siap di buahi dan ditanamkan di rahim. Dalam kondisi ini tubuh perlu asupan gizi lebih banyak untuk mendukung pertumbuhan janin.

Perlu dicatat adalah walaupun tidak terjadi pembuahan, perasaan ingin makan banyak juga tetap ada.

Pada sebagian cewek, pada fase masa subur juga terdapat perasaan tubuh bertambah gemuk, padahal hal itu tidak ada dan hanya merupakan perasaan saja.

Makan banyak di periode subur apa bisa jadi gemuk?

Dari riset ilmiah yang dilakukan pada wanita ber-periode subur, memang terdapat peningkatan hormon secara signifikan. Akan tetapi, tidak terbukti secara signifikan hormon ini mampu memacu tubuh untuk mengkonsumsi makanan secara masif.

Singkatnya, tidak. Selama makanan yang kamu konsumsi seimbang dengan kegiatan atau aktivitas yang kamu lakukan. :)

Oke, demikian sedikit ulasan singkat mengenai kondisi unik di periode masa subur. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuanmu tentang kesehatan.

Stay healthy, and keep fun!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *