Tips Memiliki Berat Badan Yang Ideal Untuk Remaja

Sponsors


Memiliki berat badan dan body shape yang ideal sudah pasti menjadi dambaan setiap kaum hawa semua umur. Akan tetapi, memiliki berat badan yang ideal bukanlah perkara yang mudah di dapatkan, terutama pada saat kita memasuki usia pubertas.

Hal ini dikarenakan adanya perubahan pola makan yang signifikan pada saat kita memasuki usia pubertas / remaja. Remaja terutama cewek cenderung akan makan lebih banyak daripada biasanya. Dan ujung-ujungnya, tubuh akan menjadi gemuk.

Tapi tenang, ada beberapa cara mudah dan tips memiliki berat badan ideal untuk remaja yang kali ini  akan di bahas secara ringkas dan ringan oleh tips-cewek.com.

Tips Memiliki Berat Badan Yang Ideal Untuk Remaja

Cara memiliki berat badan yang ideal untuk remaja

Kendalikan nafsu makan

Langkah pertama untuk memiliki berat badan yang ideal adalah dengan mengendalikan nafsu makan, karena pada saat kita memasuki usia remaja ada kecenderungan nafsu makan akan bertambah.

Hal ini normal, karena proses pertumbuhan yang optimal berada di usia remaja. Dan pada saat ini tubuh memerlukan asupan gizi yang tinggi untuk mendukung proses pertumbuhan tersebut.

Yang menjadi masalah adalah di saat kita tidak dapat mengendalikan nafsu makan tersebut. Makan yang berlebihan akan mengakibatkan penimbunan cadangan makanan di dalam tubuh dalam bentuk lemak dan bertambahnya berat badan yang melewati batas kewajaran.

Lakukan olahraga yang kamu senangi

Harus ada keseimbangan antara asupan makanan dengan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari. Oleh karena itu, agar memiliki berat badan yang ideal kamu harus bisa menyeimbangkan jumlah makanan yang kamu konsumsi sehari-hari dengan kegiatan fisik yang memadai.

Tujuannya adalah agar tidak terjadi penimbunan cadangan makanan yang berlebihan di dalam badan, terutama lemak.

Lakukanlah olahraga yang kamu senangi secara rutin. Dua atau tiga kali seminggu. Entah itu jogging, berenang, bersepeda, dan sebagainya.

Sponsors


Jangan memaksakan diri untuk berolahraga dengan olahraga yang tidak kamu sukai, karena akan membuat kamu males untuk melakukannya.

Perhatikan apa yang kamu makan sehari-hari

Ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari, terutama jika kamu sedang memasuki masa pubertas. Antara lain makanan yang banyak mengandung lemak jahat terutama gorengan dan makanan lainnya yang di goreng dengan banyak minyak, dan makanan yang terlalu tinggi kandungan karbohidrat.

Atur pola makan yang sehat seperti kombinasi sayur-sayuran, buah, protein nabati, dan makanan yang tinggi serat.

Makanan seperti ini membuat tubuh sehat, mencegah kegemukan, dan juga bermanfaat untuk menghindari masalah-masalah kulit pada saat pubertas misalnya jerawat, komedo, dan sejenisnya.

Jagalah emosi kamu agar selalu dalam kondisi stabil

Tips agar memiliki berat badan yang ideal selanjutnya adalah dengan menjaga emosi agar selalu dalam kondisi stabil.

Perlu kamu ketahui bahwa kondisi emosi yang tidak stabil dan berlebihan – seperti stress, merasa bosan, tertekan, terlalu berbahagia, merasa bersalah, dan sebagainya – memiliki peranan penting dalam membentuk pola makan dan proses metabolisme tubuh.

Usahakanlah untuk menghindari kondisi emosional yang tidak terkontrol, karena kondisi seperti ini akan berdampak buruk untuk kesehatan di masa remaja.

Perbanyak konsumsi buah-buahan yang berserat

Salah satu masalah utama pola makan pada remaja adalah kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Pola makan seperti ini bisa mengurangi kualitas pencernaan makanan di dalam organ tubuh.

Cobalah untuk mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran yang memiliki kandungan vitamin, mineral dan serat tinggi untuk mendukung proses pencernaan dan metabolisme yang baik.

Jika dibutuhkan, kamu juga boleh mengkonsumsi suplemen yang membantu kamu untuk mendapatkan berat badan ideal. Atau berkonsultasi dengan ahli gizi / dokter untuk merencanakan pola diet yang sesuai dengan kamu.

Sering-seringlah bercermin

Sulit untuk melakukan tips-tips di atas jika kamu tidak bisa mendisiplinkan diri sendiri. Oleh karena itu, cobalah bercermin setiap hari dan amati kondisi fisik kamu yang sekarang. Apakah kamu merasa terlalu gemuk? Ataukah kamu merasa memiliki body kurang yang berisi?

Dari sini kamu bisa memberikan motivasi pada diri sendiri agar selalu berusaha menjaga kesehatan dan kualitas makanan yang masuk kedalam tubuh.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.

Sponsors


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *