5 Tips Smoothing Rambut Secara Alami dan Efektif

Sponsors


Mungkin kamu sudah cukup bosan berurusan dengan rambut yang gampang kusut dan sulit untuk di atur, meskipun kamu sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengatasinya, mulai dari menyisir setiap pagi, perawatan rambut ke salon, menggunakan serum rambut, dan cara-cara lainnya.

5 Tips Smoothing Rambut Secara Alami dan Efektif

Sebenarnya ada dua cara yang mudah di lakukan untuk mengatasi masalah rambut yang sering kusut dan sulit di atur. Yang pertama adalah dengan melakukan perawatan alami menggunakan bahan-bahan natural dan yang kedua adalah melakukan smoothing di salon kecantikan dengan menggunakan bahan-bahan kimia.

Kedua cara ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Smoothing alami dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan halus tanpa efek samping, namun di butuhkan kesabaran karena prosesnya tidak berlangsung instan dan hasilnya tidak bersifat permanen.

Sedangkan proses smoothing rambut dengan menggunakan bahan kimia bisa dilakukan secara instan, mudah dan memiliki hasil permanen. Sisi negatifnya adalah bahan kimia yang di gunakan untuk smoothing kadang-kadang tidak “bersahabat” dengan rambut, dan bisa menyebabkan kerontokan, bahkan kebotakan.

5 Tips Smoothing Rambut Secara Alami dan Efektif

Khusus dalam ulasan ringan kali ini, redaksi tips-cewek.com akan membeberkan rahasia smoothing rambut secara alami dan efektif yang dapat kamu lakukan di rumah. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

#1. Biasakan mencuci rambut dengan air dingin

Ada beberapa cewek yang senang mandi dan berkeramas dengan air yang hangat (bahkan panas) karena berbagai alasan. Namun kamu harus tahu bahwa menyiramkan air hangat atau panas ke kulit kepala dan rambut akan memicu kutikula rambut menjadi tegak dan kaku. Hasilnya rambut akan menjadi lebih susah di atur saat kamu selesai mandi.

#2. Smoothing rambut dengan tanaman lidah buaya

Tanaman lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang bisa tumbuh hampir dimana saja. Tanaman lidah buaya sebenarnya menyimpan banyak manfaat, seperti menyembuhkan luka, sebagai antibiotik untuk kulit, melebatkan rambut, dan sebagainya.

Tanaman ajaib ini mengandung 75 nutrisi yang sangat berguna untuk perawatan tubuh. Lidah buaya memiliki kandungan enzim keratin yang membantu pertumbuhan rambut, sekaligus menutrisi rambut agar bisa terlihat berkilau dan mudah di atur. Keratin biasanya terdapat di dalam produk-produk perawatan rambut yang di jual secara bebas.

Sponsors


Sangat mudah utnuk mendapatkan manfaat smoothing rambut alami dari lidah buaya. Caranya adalah ambil beberapa batang lidah buaya, ambil gel di dalam batang lidah buaya tersebut, kemudian hancurkan di dalam 1 – 2 gelas air bersih.

Pijatkan campuran lidah buaya dan air ini pada rambut dari pangkalnya sampai ujung-ujung rambut secara merata. Biarkan selama 20 menit, dan bilas dengan shampo yang lembut.

#2. Smoothing rambut dengan buah pisang

Buah pisang juga merupakan buah yang dapat di dapatkan dengan mudah di Indonesia. Pisang memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, dan mineral (khususnya potasium) dalam jumlah yang cukup besar. Pisang sejak zaman dahulu di manfaatkan untuk merawat dan melembabkan rambut.

Tips smoothing rambut secara alami dengan menggunakan buah pisang

Ambil buah pisang yang berukuran sedang dan hancurkan di dalam mangkuk. Tambahkan 2 sendok makan yoghurt, dan haluskan sampai pisang tidak menggumpal. Ratakan campuran pisang dan yoghurt ini secara merata di rambut kemudian biarkan selama 30 menit.

Terakhir, bilaslah rambut dengan menggunakan shampo seperti berkeramas biasa.

#3. Gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu

Shampo sangat bermanfaat untuk membersihkan kulit kepala sekaligus melembutkan rambut. Yang harus kamu perhatikan adalah gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambut.

Di Indonesia ada beberapa merk shampo yang membantu melembutkan dan memberikan efek smoothing pada rambut, yaitu shampo Sunsilk Perfect Straight dan Tresemme Smooth and Shine.

#4. Berhati-hati saat menyisir rambut

Agar rambut tetap sehat dan lembut, berhati-hatilah saat kamu menyisirnya. Jangan menyisir dengan berlebihan karena bisa menyebabkan friksi pada rambut dan menyebabkan rambut mudah patah.

#5. Berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut

Jangan menggunakan produk perawatan rambut (shampo, kondisioner, serum, dan sebagainya) terutama produk yang mengandung sodium lauryl sulfate atau ammonium laureth sulfate.

Sodium lauryl sulfate dan ammonium laureth sulfate adalah pembersih kimia yang biasanya terdapat di dalam shampo. Kedua bahan kimia ini terbukti dapat menyebabkan kerontokan dan menipisnya helaian rambut sehingga rambut mudah patah.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.

Sponsors


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *