7 Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Rasa Stres

Sponsors


Stres atau tekanan batin adalah hal yang biasa terjadi pada setiap orang. Stres bisa muncul dari banyak hal, misalnya karena beban tugas atau pekerjaan, rutinitas belajar di sekolah, masalah dalam kehidupan sosial, dan berbagai hal lainnya.

Perasaan stres bisa datang dan pergi begitu saja. Namun jika di biarkan, stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Apalagi jika kamu masih berstatus sebagai pelajar, karena bisa saja rasa tertekan atau stres ini mempengaruhi kualitas belajar.

Yuk, singkirkan stres sebelum stres membuat kamu semakin pusing!

7 Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Rasa Stres

7 Cara Cepat dan Mudah Menghilangkan Rasa Stres

1. Nikmati secangkir teh atau kopi

Buatlah secangkir teh atau kopi, kemudian nikmati sambil duduk dengan tenang. Menikmati secangkir teh atau kopi hangat di percaya dapat memberikan efek positif dan rasa tenang di dalam pikiran kita.

2. Melatih pernapasan

Percaya atau tidak, cara kita bernapas juga dapat memberikan pengaruh pada kondisi emosional. Napas yang teratur cenderung akan memberikan rasa rileks. Dan sebaliknya, napas yang tidak teratur akan menjadikan kita semakin sulit untuk fokus.

Sponsors


Belajarlah untuk melatih pernapasan di saat kamu mulai merasakan stress. Tarik napas dalam-dalam lewat hidung, kemudian hembuskan perlahan lewat mulut. Lakukan hal ini beberapa kali sampai kamu bisa merasakan kondisi yang lebih rileks.

3. Mencoba sensasi aromaterapi

Beberapa jenis wewangian aromaterapi bisa membantu kita agar menjadi lebih rileks dan santai. Aromaterapi seperti ini biasanya di jual dalam bentuk minyak atau esense.

4. Dengarkan suara dengan nuansa yang menenangkan

Saat kamu mulai merasa stres, cobalah dengarkan suara-suara yang memiliki nuansa menenangkan. Ada banyak audio menenangkan yang bisa kamu dengarkan dari Youtube. Coba deh search di Youtube dengan kata kunci “relaxing music”.

Agar efek relaksasi lebih maksimal, kamu boleh mendengarkan suara-suara ini sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat.

5. Percikkan air yang dingin pada wajah dan leher

Saat kita stres, maka otak akan terasa menjadi tegang dan “panas”. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan cooling down atau pendinginan, dengan cara membasuh wajah dan leher dengan air yang dingin yang mengalir dari keran air.

Usap wajah beberapa kali dengan air sampai kamu merasa benar-benar lebih baik.

6. Curhat dengan sahabat

Jika masalah yang kamu hadapi adalah masalah yang cukup berat, maka kamu bisa sharing hal tersebut dengan sahabat dekat. Jangan sungkan untuk menangis, karena kadang-kadang menangis bisa membuat kita lebih plong.

7. Telepon orang yang kamu sayangi

Manusia adalah makhluk sosial. Mereka butuh berkomunikasi untuk menyelesaikan masalah. Dan tidak ada cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah selain dengan berbicara dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Orang yang paling tepat untuk kamu ajak bicara adalah orang tua, saudara, sahabat, atau gebetan kamu.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.

Sponsors


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *