8 Tips Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Smartphone atau hape sudah menjadi bagian dari hidup kita. Kita menggunakannya untuk bersosialisasi, memeriksa email, berkirim file, dan sebagainya. Akan tetapi terkadang kita lupa untuk merawatnya agar tidak cepat rusak.

Ada beberapa tips merawat HP agar tidak cepat rusak dan bisa di gunakan lebih lama. Mau tahu bagaimana cara dan tips merawat HP agar tidak cepat rusak? Lets check this out!

8 Tips Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Tips Merawat Hp Agar Tidak Cepat Rusak

Gunakan anti gores

Touchsreen / layar sentuh merupakan bagian terpenting dari HP atau smartphone. Dan bagian inilah yang paling sering berinteraksi dengan kita.

Touchscreen smartphone memiliki sensor yang sangat sensitif dengan sentuhan dan di lapisi dengan lapisan transparan yang melindungi bagian dalamnya. Lapisan ini biasanya terbuat dari bahan yang solid, keras, serta anti minyak dan debu, sehingga permukaan touchscreen dapat di bersihkan dengan mudah dan dapat menahan benturan yang tidak ekstrim.

Meskipun demikian, touchscreen handphone tetap saja ringkih, terutama jika mengalami benturan yang keras. Misalnya benturan pada saat handphone terjatuh ke lantai atau permukaan jalan yang keras.

Benturan yang keras bisa membuat layar handphone kesayangan kamu menjadi pecah dan tidak dapat di operasikan dengan baik. Untungnya, saat ini ada banyak aksesoris anti gores layar yang bisa kamu beli di toko-toko gadget. Ada dua pilihan anti gores, yaitu anti gores tempered glass dan hybrid glass. Keduanya di jual dengan harga yang relatif murah.

Tempered glass memiliki lapisan transparan yang keras dan mampu melindungi layar smartphone atau handphone dari goresan benda tajam dan benturan yang kuat. Sedangkan anti gores hybrid memiliki dimensi yang lebih tipis jika di bandingkan dengan tempered glass biasa dan bisa melindungi dari goresan dan benturan yang tidak terlalu ekstrim.

Gunakanlah anti gores pada hp atau smartphone kesayangan kamu, sehingga bagian layar atau touchscreen dapat terlindungi dari benturan dan goresan secara sempurna.

Jangan biarkan di charge saat baterai penuh

Tips merawat hp agar tidak cepat rusak selanjutnya adalah tidak membiarkan charger terus menancap pada saat baterai sedang penuh.

Baterai smartphone modern umumnya menggunakan material sel lithium untuk menyimpan cadangan listrik. Nah, sel lithium ini memiliki daya simpan listrik yang di pengaruhi oleh siklus charging baterai.

Agar daya simpan listriknya bisa maksimal, biasakan untuk melepas smartphone dari charger jika baterai sudah terindikasi penuh 100%. Dan biasakan untuk segera me-recharge baterai pada saat baterai berada di antara 30-35%.

Selain itu, hindari kebiasaan mengoperasikan smartphone pada saat baterainya sedang di recharge.

Pasang softcase

Softcase selain dapat membuat smartphone terlihat lebih fashionable dan trendi, juga dapat melindungi bagian luar smartphone terlindungi dari benturan.

Pilihlah softcase yang tidak terlalu tebal dan nyaman untuk di pegang. Hindari menggunakan softcase yang over, terutama softcase yang membuat kamu sulit untuk memegang hape dengan baik.

Bersihkan secara teratur

Smartphone sangat sering berinteraksi secara langsung dengan kondisi terbuka, sehingga dapat dengan mudah menjadi kotor. Kotoran bisa berasal dari debu, minyak, atau benda-beda lainnya.

Bukalah softcase smartphone atau hp kesayangan kamu secara berkala, kemudian bersihkan dengan menggunakan tisu atau kain lembut. Untuk membersihkan touchscreen-nya, kamu bisa menggunakan cairan pembersih LCD yang dapat di beli di toko-toko komputer. Murah kok, paling 15 ribu rupiah dan dapat di gunakan selama 1 – 2 bulan.

Pastikan tangan dalam keadaan bersih

Menggunakan handphone sambil makan dan minum adalah bad idea! Karena minyak, kotoran, dan air pada jari-jari memiliki potensi untuk mengotori hp kesayangan.

Oleh sebab itu, pastikan tangan sudah di cuci bersih sebelum kamu menggunakan smartphone yang kamu miliki.

Letakkan di tempat yang aman

Saat di charge atau tidak di gunakan, sebaiknya letakkan hp di tempat yang datar, jauh dari sumber air, api, atau minyak. Selain itu, hindarkanlah smartphone kamu dari jangkauan anak-anak yang berpotensi menjadikan hape/smartphone sebagai “mainan”.

Selektif saat menginstal apps

Hindari memasang apps secara sembarangan kedalam smartphone. Karena bisa saja apps tersebut akan memperlambat / membuat hape kamu menjadi lemot.

Beberapa apps bahkan dapat membuat baterai terkuras dengan cepat karena apps tersebut menggunakan sumberdaya (CPU, memory, dan sebagainya) secara berlebihan.

Atur dan cadangkan berkas-berkas

Sudah sangat normal jika cewek-cewek menyimpan puluhan video atau ribuan foto selfie. Bener nggak?

Akan tetapi kamu harus ingat bahwa foto-foto, video, dan MP3 kesukaan kamu yang tersimpan akan mengisi space penyimpanan di dalam smartphone. Jika di biarkan terus menerus terisi, maka space penyimpanan akan semakin berkurang. Padahal beberapa apps membutuhkan space penyimpanan yang cukup agar dapat berjalan dengan baik.

Jika memungkinkan, cobalah backup atau pindahkan berkas-berkas tersebut kedalam komputer atau media lain seperti USB OTG yang banyak di jual di toko-toko gadget.

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*