6 Tips Agar Lancar Berbicara Dalam Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang di sepakati seluruh dunia sebagai bahasa internasional. Jika kamu menguasai bahasa Inggris, maka semua hal akan menjadi lebih mudah, karena di era teknologi seperti ini ada sangat banyak referensi yang dibuat dalam bahasa Inggris.

Saat ini, menguasai bahasa Inggris secara pasif kadang-kadang di anggap tidak cukup. Karena menguasai bahasa Inggris secara aktif (dapat berbicara dengan lancar) sudah di anggap sebagai keharusan.

Agar kamu bisa menguasai bahasa Inggris secara aktif, redaksi tips-cewek.com kali ini akan ngasih tips khusus buat kamu yang kurang mahir atau kurang lancar berbicara dalam bahasa Inggris agar bisa menjadi lebih handal dan lancar saat melakukan conversation menggunakan bahasa Inggris.

tips-agar-lancar-berbicara-dalam-bahasa-inggris

Tips Agar Lancar Berbicara Dalam Bahasa Inggris

Menambah perbendaharaan kata

Perbendaharaan kata / kosakata atau yang lebih di kenal dengan istilah vocabularies adalah daftar kata-kata dalam bahasa Inggris yang dapat kamu terjemahkan tanpa perlu membuka kamus. Semakin banyak vocabularies yang kamu kuasai, maka semakin besar juga kemampuan kamu untuk mengerti dan berdiskusi secara langsung dengan menggunakan bahasa Inggris.

Idealnya, vocabularies harus di tambahkan kedalam ingatan kamu setiap hari. Caranya cukup mudah, cukup amati lingkungan sekitar kamu kemudian sebutkan nama-nama benda yang ada di sekitar kamu dalam bahasa Inggris.

Silakan buka kamus jika terdapat nama benda yang tidak kamu ketahui bahasa Inggris-nya, kemudian ingat dan hafalkan nama benda tersebut.

Berlatih setiap saat

Pisau akan menjadi semakin tajam jika terus-terusan di asah. Begitu pula dengan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Semakin banyak berlatih, maka semakin lancar pula kemampuanmu saat berbicara dalam bahasa Inggris.

Kamu bisa melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris dengan cara melakukan monolog / berbicara sendiri di saat kamu sedang santai. Misalnya saat sedang berada di perjalanan, saat berada di depan cermin, saat akan tidur, dan sebagainya.

Belajar menyimak percakapan

Ada banyak video conversation atau percakapan bahasa Inggris yang kamu bisa download di internet atau Youtube.

Nah, cobalah untuk merekam percakapan tersebut, kemudian dengarkan dengan menggunakan headset. Simak dan terjemahkan percakapan tersebut pada secarik kertas.

Lakukan hal ini setiap hari. Percaya deh, dalam sebulan kedepan kemampuan kamu untuk mengartikan dan memahami kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris akan berkembang dengan pesat.

Hal ini juga bisa membantu jika kamu akan menghadapi ujian listening bahasa Inggris.

Melatih kemampuan conversation dengan orang lain

Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar sosial. Akan menjadi sulit jika kamu mempelajari dan mempraktekkannya sendirian.

Carilah teman atau sahabat yang bisa di ajak belajar bersama dalam bentuk conversation / percakapan bahasa Inggris. Jadwalkan hari apa saja kalian akan melakukan conversation full dalam bahasa Inggris. Dan lakukanlah hal ini secara berkesinambungan.

Akan lebih mantap lagi jika kamu bisa melakukan conversation dengan native speaker (pengajar bahasa Inggris yang memang berasal dari negara luar).

Jangan takut untuk salah

Wajar jika selama dalam proses belajar kamu mengalami banyak kesalahan. Oleh karena itu, jangan malu atau takut salah mengucap kata jika kamu ingin menjadi mahir dan lancar berbicara bahasa Inggris.

Koreksi kesalahan-kesalahan tersebut, dan usahakan tidak mengulanginya lagi di latihan yang akan datang.

Percaya diri

Salah satu penghambat kesuksesan berbicara dalam bahasa Inggris adalah kurangnya rasa percaya diri. Mungkin kamu akan merasa sedikit minder jika memiliki teman yang sudah sangat lancar melakukan conversation.

Akan tetapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk menjadi minder. Bahkan sebaliknya, kamu bisa menjadikan hal ini semangat untuk menjadi lebih baik lagi dalam penguasaan bahasa Inggris.

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*