8 Tips Mencegah Terjadinya Kanker Payudara Secara Alami

Kanker payudara merupakan momok tersendiri untuk para wanita. Kanker payudara bisa tumbuh tanpa di ketahui dan bisa berakibat fatal jika tidak segera di tangani. Selain itu, kanker payudara juga dapat di turunkan secara genetik.

Oleh karena itu, penting bagi para wanita untuk mengetahui cara dan tips mencegah kanker payudara sejak dini, agar dapat terhindar dari kanker payudara di masa yang akan datang.

tips-mencegah-terjadinya-kanker-payudara

Tips Mencegah Terjadinya Kanker Payudara Secara Alami

Konsumsi makanan sehat, terutama sayur dan minyak zaitun

Hasil riset oleh Journal of the National Cancer Institute pada tahun 1995 membuktikan bahwa orang-orang yang rajin mengkonsumsi makanan sehat terutama sayur berwarna hijau dan minyak zaitun memiliki resiko 25% lebih rendah terkena serangan kanker payudara.

Oleh karena itu, tips mencegah terjadinya kanker payudara secara alami yang pertama adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan cobalah membiasakan untuk mengkonsumsi satu atau dua sendok makan minyak zaitun murni setiap hari.

Dan sebaliknya, hindarilah mengkonsumsi makanan yang telah melewati proses pengawetan, makanan siap saji, makanan yang mengandung lemak jenuh, dan sejenisnya. Karena makanan seperti dapat meningkatkan resiko berkembangnya sel-sel kanker.

Katakan tidak pada alkohol

Alkohol selain dapat menyebabkan hilangnya kesadaran juga dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Studi medis yang di lakukan oleh para ahli menunjukkan peningkatan resiko kanker payudara pada wanita yang terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol.

Tidak tanggung-tanggung, alkoholik memiliki resiko 70% lebih besar terserang oleh kanker payudara.

Supplemen tambahan

Tubuh sebenarnya memiliki mekanisme alami untuk melakukan detoksifikasi dan mencegah terjadinya kerusakan gen. Beberapa supplemen bisa membantu mekanisme ini agar bisa tetap berjalan dengan baik. Supplemen yang baik untuk di konsumsi antara lain adalah vitamin A (retinol dan karoten), vitamin C, vitamin D, selenium, indole-3 carbinol, dan folat.

Hindari karsinogen di sekitar kita

Karsinogen adalah zat atau senyawa yang berpotensi menyebabkan munculnya kanker. Dan tanpa kita sadari di sekitar kita banyak terdapat senyawa karsinogen ini, misalnya tempat plastik menyimpan makanan, styrofoam pembungkus makanan, kantong kresek, bahan-bahan kimia, dan sebagainya.

Kurangi konsumsi gula dan menjaga berat badan

Konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan, dari diabetes sampai obesitas. Gula dapat memicu meningkatnya produksi insulin di dalam tubuh. Insulin yang meningkat akan membuat tubuh manusia menyimpan lebih banyak lemak. Selanjutnya, lemak yang tersimpan ini akan menjadi sumber estrogen.

Estrogen yang berlebihan dan tidak seimbang jumlahnya dapat menyebabkan masalah pada wanita.

Maksimalkan detoksifikasi alami

Tubuh manusia di desain sangat canggih! Dalam kondisi normal, manusia memiliki mekanisme untuk membuang racun dan bahan kimia berbahaya yang masuk bersamaan dengan makanan, udara yang terhirup, atau paparan dari lingkungan sekitar kita.

Proses detoksifikasi paling aktif terjadi di hati / liver, dimana sebagian besar racun dan bahan kimia berbahaya akan di saring di sini.

Agar beban detoksifikasi oleh tubuh bisa menjadi lebih baik, sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, prebiotik alami, asam amino, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Hindari stress dan istirahat cukup

Stres dan kurang tidur dapat menurunkan daya tahan dan daya detoksifikasi racun oleh tubuh. Hasilnya, tubuh akan menjadi rentan terhadap serangan radikal bebas yang memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Berolahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu untuk menyeimbangkan jumlah insulin dan gula di dalam tubuh, membuat badan terasa lebih fit, tidak cepat lelah, menjaga berat badan ideal, dan sebagainya.

Tips tambahan! Untuk kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki baby, usahakanlah untuk menyusui baby secara konsisten. Seorang wanita yang menyusui memiliki resiko lebih rendah 59% untuk terserang kanker payudara di saat memasuki fase menopause.

Oke girls, demikian informasi singkat tentang 8 Tips Mencegah Terjadinya Kanker Payudara Secara Alami. Semoga bisa menjadi referensi dan bermanfaat buat kamu!

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*