Kepedulian Generasi Muda Pada Perkembangan Dirgantara Indonesia

Pernah mendengar nama pesawat R80? Jika tidak, maka kamu harus tahu bahwa R80 adalah cikal bakal kebangkitan dirgantara di tanah air. Namun ada satu hal yang unik, yaitu R80 menggunakan media crowdfunding untuk mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia – terutama dari para generasi muda.

Setelah puluhan tahun menunggu, Juni 2017 program R80 mendapatkan dukungan pemerintah dan dinyatakan sebagai Program Strategis Nasional. Pesawat R80 murni buatan Indonesia. Arsiteknya adalah BJ Habibie, disponsori oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI), dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

Salah satu cara PT RAI mengumpulkan dana adalah dengan crowdfunding bekerja sama dengan situs kitabisa.com. Jadi, rakyat Indonesia diajak buat patungan barengan untuk bikin pesawat. Tujuan utamanya adalah, membangun awareness kita semua, dengan kampanye yang bertagar #terbangkanpesawatIndonesia.

Indonesia sangat membutuhkan pesawat R80 dalam jumlah besar untuk menghubungkan seluruh Indonesia karena kita mempunyai pulau-pulau terutama Indonesia Timur yang membutuhkan alat transportasi yang berkapasitas 80 penumpang (perintis). Dan Pemerintah pun siap mendukung produksi pesawat lokal R80 karya BJ Habibie, pasalnya pesawat perintis model ini dinilai paling cocok untuk kondisi geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan.

Kepedulian Generasi Muda Pada Perkembangan Dirgantara Indonesia
Image via sindonews.com

Pesawat Indonesia R80 ini membutuhkan dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia, terutama bagi kalangan Anak Muda. Karena Masyarakat Indonesia terutama Anak Muda bisa bangga dengan rencana Mantan Presiden BJ Habibie tersebut.

Menurut survey yang telah dilakukan, ternyata banyak anak muda yang sangat antusias dan mendukung akan adanya Pesawat R80 tersebut

Walau banyak yang mendukung dan berharap, ada juga sih, yang mengkritik dan rada pesimis menanggapi program ini. Di antaranya karena biaya industri pesawat terbang yang kelewat tinggi.

Jadi rasanya mengeluarkan  uang hingga puluhan triliun untuk proyek tersebut akan sia sia apalagi di saat masih banyak masalah dalam masyarakat, seperti fasilitas kesehatan yang minim, kekurangan pangan, dan lainnya.

Namun, jika di lihat dari dari total donatur di kitabisa.com dan berdasarkan tagar #terbangkanpesawatindonesia di Instagram ternyata hampir semua donatur terdiri dari kalangan anak muda lho!

Kenapa sih kita sebagai anak muda wajib mendukung pesawat R80 tersebut?

#1. Meningkatkan jiwa nasionalisme bagi anak muda

Khususnya para generasi muda Indonesia untuk lebih meningkatkan rasa nasionalisme terhadap Negara Indonesia guna mewujudkan cita-cita dan tujuan negara kita tercinta ini.

Karena pemuda adalah calon penerus perjuangan dan pembangunan bangsa di masa yang akan datang, dan juga generasi muda merupakan satu-satunya harapan bangsa untuk bisa lebih maju lagi. Dan jika kita sudah menjadi bangsa yang adil dan sejahtera rasa nasionalisme kita pun akan tinggi dan rakyat semakin bangga dengan bangsanya.

#2. Mengapresiasi adanya pesawat buatan Indonesia

Setelah 20 tahun berlalu sejak penerbangan perdana N-250, Bj Habibie muncul mempresentasikan salah satu produk pesawatnya yang diberi label R80. Habibie mengatakan, pesawat barunya tak membutuhkan waktu lama untuk bisa mengudara di langit Nusantara.

Pernyataan diatas bisa ditarik kesimpulan bahwa, Indonesia sudah 20 tahun tidak membuat pesawat buatan Indonesia sendiri. Dan alangkah baiknya kita sebagai Generasi muda untuk ikut mengapresiasi adanya pesawat R80 tersebut.

#3. Menghilangkan rasa tidak peduli terhadap Negara sendiri

Banyak budaya dan paham barat yang berpengaruh negative dapat dengan mudah masuk dan diterima oleh Bangsa Indonesia. Dengan terjadinya hal itu, maka akan terjadi akulturasi, bahkan menghilangnya kebudayaan dan kepribadian bangsa yang seharusnya menjadi jati diri bangsa.

Generasi muda perlu mereposisi perilaku dan perannya dalam menanamkan nilai-nilai Bangsa Indonesia.  Saatnya generasi muda mereposisi perilakunya dengan meninggalkan budaya hedonis dan budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, pemuda harus memberikan peranan yang lebih aktif dalam membumikan pancasila terutama di tengah berbagai persoalan masyarakat yang mulai terlepas dari jati diri dan identitas sebagai bangsa Indonesia.

Yuk kita sama-sama buat Pesawat R80 terbang lebih tinggi lagi!

Artikel ini di tulis oleh Alma Shiva Rhaina

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*