5 Cara Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak-Anak

Di era teknologi ini tidak perlu diragukan lagi jika banyak anak-anak yang mengalami kebiasaan bermain gadget dalam frekuensi yang sangat lama setiap harinya. Dalam sehari mereka bisa menghabiskan 2-3 jam untuk bermain dengan gadget mereka.

 5 Cara Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak-Anak

Hal ini pun perlu menjadi perhatian penting bagi para orangtua untuk menjadi lebih bijak kepada anak-anak mereka. Berikut ini adalah 5 tips jitu yang dapat mengurangi kecanduan bermain gadget pada anak-anak:

Tentukan durasi

Berikan peraturan mengenai durasi penggunaan gadget pada anak setiap harinya. Misalnya dalam sehari mereka hanya boleh memainkan gadget selama 45 menit setelah selesai membaca buku cerita mereka.

Penjelasan dan kasih sayang

Berikan mereka penjelasan dengan perhatian dan penuh kasih sayang mengenai dampak negatif dari penggunaan gadget yang terlalu lama bagi kesehatan mereka. Tidak perlu memarahi mereka,hal ini hanya akan membuat anak mengabaikan perkataan orangtua mereka.

Ajak anak untuk bemain bersama

Para orangtua dapat megajak anak mereka untuk menghabiskan waktu bersama dengan memainkan beberapa permainan seperti petak umpet, mewarnai buku gambar, bermain sepeda bersama.

Beri mereka penghargaan

Apresiasi setiap perubahan kecil yang dilakukan anak anda setiap  mereka berhasil mengurangi durasi penggunaan gadget mereka. Misalnya dengan membelikan kue kesukaan mereka, atau dengan hal sederhana seperti pelukan dan ciuman penuh cinta. Para orangtua juga dapat memberikan apresiasi berupa kata-kata pujian seperti amazing, wonderful, great job, dan kata pujian lainnya.

Bersosialisasi

Ajak anak anda untuk lebih bersosialisasi kepada teman sebaya mereka. Misalnya dengan mengundang teman mereka untuk makan siang bersama dirumah, dan kemudia mereka bisa menghabiskan waktu bersama dengan membaca buku bersama, bermain lompat tali, bahkan mengerjakan pekerjaan rumah bersama.

Perhatian mereka yang pada awalnya sangat besar terhadap gadget dapat menjadi teralihkan karena mereka memiliki prioritas yang lebih penting, dibandingkan bermain dengan gadget mereka.

Bagaimana people, tips jitu diatas? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

“Generasi muda merupakan generasi penerus bangsa ini. Generasi yang akan memipin negara ini. Generasi yang akan membanggakan nama Indonesia di mata dunia.” – Novira Maharani

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*