5 Manfaat Yang Bisa Kamu Rasakan Dari Menabung


Masih ingat tidak kalian dengan peribahasa “hemat pangkal kaya”? Pastinya kalian ingat karena peribahasa ini sering di pakai dan diajarkan oleh orangtua dan guru kalian semasa kalian TK, SD, SMP bahkan SMA dan peribahasa itu seharusnya juga sudah melekat pada diri kalian.

Peribahasa ini yang diartikan hemat itu bukan berarti kita pelit tetapi hemat dalam arti kata disini adalah mengajarkan agar kita menabung. Semakin banyak kita menabung akan semakin banyak juga uang yang kita dapat.

Kalau dulu anak-anak ingin menabung akan membeli celengan yang bentuknya lucu ada celengan ayam, celengan yang gambarnya kartun favorite kalian yang buat kalian semangat untuk nabung. Tapi apakah kalian masih sering menabung di masa remaja atau bisa dibilang di masa menjelang dewasa ini?

5-manfaat-yang-bisa-kamu-rasakan-dari-menabung

Yuk kita lihat apa saja keuntungan yang bisa kita dapat kalau kita membiasakan menabung untuk masa depan kalian:

Menjadi Pribadi Yang Lebih Mandiri

Dengan kita membiasakan menabung sedini mungkin secara tidak langsung itu melatih diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang membiasakan sesuatu hal itu lebih baik dilakukan dengan diri sendiri dulu baru meminta bantuan kepada orang lain.

Kalian dapat membeli barang yang kalian ingin kan tanpa ketergantungan terhadap orang tua untuk membeli sesuatu barang yang kalian inginkan kalian bisa menyisihkan dari uang jajan kalian untuk kalian tabung dan membeli barang yang kalian inginkan.

Banyak Uang Di Saat Liburan

Pasti kalian suka bingung kan liburan duit abis? Nah kalau kalian terbiasa dengan menabung kalian akan merasakan keuntungannya disaat liburan.

Uang yang kalian kumpulkan selama kalian tabung akan bisa kalian rasakan kebanyakan pada saat liburan. Sedangkan teman-teman yang lain mungkin sedang bingung mau ngapain karena tidak ada uang.  Mau minta sama orang tua juga tidak enak.

Tidak Berhutang

Kalau kalian membiasakan diri untuk menabung, kalian juga tidak akan membiasakan diri untuk berhutang. Kalian bisa memakai uang yang kalian sudah kumpulkan untuk membeli atau memakai uang tersebut disaat yang penting tanpa harus mengutang kepada orang lain.

Melatih Mengelola Keuangan

Ini penting bagi kalian para cowok atau cewek yang sudah melewati umur ke emasan yaitu 17 tahun. Bagi kalian yang sudah melewati umur ini berarti kalian sudah mau habis fase di remaja kalian akan masuk di fase dimana kalian akan menjadi dewasa.

Kalian seharusnya sudah bisa melatih mengelola keuangan karena semakin dewasa kalian semakin banyak pengeluaran jangan sampai duit kalian habis ditengah bulan.

Lebih Menghargai Nilai Uang

Dengan kalian membiasakan menabung maka kalian akan mengerti seberapa penting nilai uang bagi kehidupan kalian. Kalian akan lebih cermat lagi dalam memakai uang kalian karena kalian tahu seberapa sulit mengumpulkan uang yang kalian dapat untuk kalian pakai. Makanya kalian akan lebih menghargai nilai uang itu sendiri.

Masih banyak keuntungan lainnya yang kalian rasakan setelah kalian membiasakan diri untuk menabung di kehidupan kalian sehari-hari.

Intinya kalau kalian ingin menabung itu ada niat dan usaha walaupun nilai uang yang ditabung kecil tapi kalau dikumpulin akan jadi banyak. Biasakan menabung sejak sekarang untuk merasakan keuntungannya dikemudian hari.

Kontribusi dari Faranda Albaar.

Advertisement


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*