Jangan Rusak Masa Depanmu, Jangan Pernah Coba Hal Ini!

Masa remaja adalah masa transisi, masa penyesuaian diri pada lingkungan sekitar dimana sering terjadi ketidakstabilan emosi. Namun sering kali ketika mencari jati diri yang sesungguhnya, para remaja sering terjadi “salah jalan”.

Oleh karena itu, sangat penting  dalam memilih pergaulan yang baik. Dapat dipastikan pergaulan sangat penting demi membentuk suatu jati diri yang baik. Banyak berbagai macam penyimpangan dalam remaja salah satunya adalah penyalahgunaan obat – obat terlarang, yaitu narkoba.

jangan-rusak-masa-depanmu-jangan-pernah-coba-hal-ini

Pada saat kini, bicara soal “narkoba”  bukanlah suatu hal yang tabu lagi. Narkoba adalah zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta perilaku jika masuk ke dalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena, dan sebagainya – Kurniawan (2008).

Menurut survei BNN tahun 2014, jenis narkoba yang paling sering dikonsumsi di Indonesia adalah marijuana (ganja), shabu, ekstasi dan heroin. Mengingat para “remaja” sangat rentan dalam kasus penyalahgunaan narkoba. Banyak kerugian yang didapatkan jika mengonsumsi narkoba yakni merugikan diri sendiri bahkan lingkungan sekitar.

Banyak loh kerugiannya! Yakin masih mau coba – coba?

Fisik

  • Gangguan pada system syaraf (neurologis) seperti: kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan syaraf tepi.
  • Gangguan pada jantung dan pembuluh  darah (kardiovaskuler) seperti: infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.
  • Gangguan pada kulit (dermatologis) seperti: penanahan  (abses), alergi, eksim.
  • Gangguan pada paru-paru (pulmoner) seperti: penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, pengerasan jaringan paru-paru.
  • Sering sakit kepala, mual-mual dan  muntah, murus-murus, suhu tubuh meningkat, pengecilan hati dan sulit tidur.
  • Gangguan pada kesehatan reproduksi adalah gangguan padaendokrin, seperti: penurunan fungsi hormon reproduksi (estrogen, progesteron, testosteron), serta gangguan fungsi seksual.
  • Gangguan pada terhadap kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe (tidak haid).
  • Bagi pengguna narkoba melalui jarum suntik, khususnya pemakaian jarum suntik secara bergantian, risikonya  adalah tertular penyakit seperti hepatitis B, C, dan HIV yang hingga saat ini belum ada obatnya.
  • Berakibat fatal ketika terjadi over dosis yaitu konsumsi narkoba melebihi kemampuan tubuh untuk menerimanya, bisa menyebabkan kematian.

Psikis

  • Lamban kerja, ceroboh kerja, sering tegang dan gelisah.
  • Hilang kepercayaan diri, apatis, pengkhayal, penuh curiga.
  • Agitatif, menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal.
  • Sulit berkonsentrasi, perasaan kesal dan tertekan.
  • Cenderung menyakiti diri, perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri.

Lingkungan sosial

  • Gangguan mental, anti-sosial dan asusila, dikucilkan oleh lingkungan.
  • Merepotkan dan menjadi beban keluarga.
  • Pendidikan menjadi terganggu, masa depan suram.

(Source : Belajarpsikologi, Judul : dampak penyalahgunaan narkoba)

Pernahkah kalian bayangkan begitu banyak kerugian yang didapatkan dari mengonsumsi narkoba? Pedulikah kalian dengan masa depan hidupmu? Pikirkan itu. Jangan hanya mencari kesenangan sesaat lalu membuang masa depan kalian dengan begitu saja.

6 Tips untuk menjaga diri dari penyalahgunaan narkoba

Ingat masa depan

Tentu setiap remaja menyiapkan masa depannya dengan baik, seperti pepatah “mencari ilmu sampai ke negri cina”. Pandai – pandailah gunakan masa mudamu untuk mencari ilmu, kelak ilmu itu akan digunakan nantinya. Bagaimana dengan masa depanmu jika mengonsumsi narkoba? Akankah kamu menjadi seseorang yang berguna kelak?

Mendekatkan diri kepada Tuhan

Agar tidak terjerat dalam penyalahgunaan narkoba, seorang remaja harus meningkatkan keyakinan spiritualitasnya. Tentu saja hal tersebut sangat berperan besar dalam hidup untuk kedepannya. Agama mengajarkan kita untuk dapat membedakan mana yang baik dan buruk.

Hindari pergaulan yang tidak sehat

Selektif dalam pergaulan. Peran pergaulan sangat penting pada masa remaja. “Seorang teman yang baik tidak akan menjerumuskan temannya sendiri ke dalam hal yang tidak baik.” Yap! Tidak ada salah dengan pemikiran itu. Bagaimana jika kita menghindar dari teman yang terjangkit narkoba? Lebih aman bukan? Apa anda ingin terjerat dalam kasus penyalahgunaan narkoba?  Pintar – pintarlah dalam memilih teman.

Mengikuti berbagai kegiatan positif

Menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah menjalankan hobi yang positif. Sebagai remaja yang berada dalam proses mencari jati diri, perlu mengembangkan bakat dan potensi diri. Bakat yang dimiliki harus kita kembangkan secara maksimal agar kita memiliki identitas diri yang kuat. Dengan memiliki identitas diri, kita tidak mudah untuk terjerumus dalam pengaruh – pengaruh negatif termasuk narkoba.

Jangan mencoba

Percaya atau tidak. Kebanyakan pemakai narkoba berawal dari “mencoba – coba”. Dari rasa penasaran berakhir menjadi sebuah “kebutuhan” dalam mengonsumsi narkoba.

Berpikir jangka panjang

Sebelum bertindak, harus dipikirkan terlebih dahulu. Jangan sudah bertindak, baru berfikir dampaknya. Apakah tindakan yang dilakukan benar?  Tidak merugikan diri sendiri dan orang lain? Apa dampak jika melakukan hal tersebut?

Demikianlah penjelasan mengenai narkoba. Sebanyak apapun dorongan yang kalian dapat dalam hidup ini, keputusan ada di tangan kalian. Yuk, cari pergaulan yang sehat demi masa depanmu! SAY NO TO DRUGS! (Devika Dharmaputri Lim)

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*