Kenali Gejala-Gejala Depresi dan Cara Mengatasi Depresi

Depresi? Depresi merupakan suatu masalah tentang adanya gangguan emosional negatif yang terjadi pada pikiran dan mental seseorang. Gangguan depresi ini biasa terjadi pada remaja dan orang dewasa, namun tidak jarang pula depresi terjadi kepada anak kecil

Sebenarnya tidak ada penyebab spesifik yang memicu depresi. Namun, depresi dapat dipicu oleh beberapa faktor, antara lain faktor biologis, psikologis, lingkungan, dan genetik. Hal utama yang memicu terjadinya suatu depresi ialah faktor genetik.

Contohnya bilamana salah satu keluarga Anda pernah atau sering mengalami suatu gangguan depresi, maka besar kemungkinan Anda dapat mengalami hal yang sama.

Sekarang ini sudah banyak kasus terjadinya gangguan depresi pada seseorang, dari muda hingga tua semuanya dapat mengalami gangguan ini. Tetapi, belum banyak orang yang menyadari pentingnya mengatasi depresi dan membantu penderita.

Kenali Gejala-Gejala Depresi dan Cara Mengatasi Depresi

Lalu bagaimana cara Anda untuk mengetahui tanda-tanda bahwa orang terdekat atau teman Anda mengalami sebuah gangguan depresi? Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengenali tanda-tanda depresi dan cara mudah untuk mengatasinya sendiri.

Kenali Tanda Gangguan Depresi Pada Orang Terdekat Anda

Terkadang terjadinya suatu gangguan depresi yang dialami orang terdekat kita tidak bisa diketahui dengan mudah. Hal itu dikarenakan bahwa sebagian orang yang mengalami depresi dapat menyimpan masalah dan gangguan yang sedang mereka alami.

Untuk dapat membantu teman Anda atau orang terdekat Anda agar selamat dari depresi, maka ketahuilah tanda-tandanya berikut ini:

Secara Psikologis

  • Mudah merasa was-was dan cemas
  • Mudah merasa sedih dan menangis
  • Kehilangan rasa bahagia saat melakukan suatu hal
  • Mudah merasa putus asa
  • Tingkat kepercayaan diri semakin turun
  • Menjadi orang yang sensitif dan mudah marah pada orang terdekat
  • Selalu merasa bersalah dan tidak berharga
  • Tidak memiliki motivasi hidup
  • Selalu mencoba ingin bunuh diri

Secara Fisik

  • Sering mengalami sakit kepala
  • Gangguan pencernaan tanpa adanya suatu sebab fisik yang spesifik
  • Mengalami gangguan pola tidur
  • Gerak dan cara bicara menjadi lambat
  • Berat badan menurun drastis
  • Sering mengalami kram
  • Tubuh mudah kelelahan dan lemas
  • Tidak memiliki gairah dalam hidup
  • Sukar untuk beristirahat

Demikian tanda-tanda adanya suatu depresi yang bisa Anda lihat secara psikologis dan fisik seseorang. Saat Anda mendapati tanda-tanda tersebut terjadi pada teman atau orang terdekat Anda, maka kemungkinan besar teman Anda sedang mengalami depresi.

Pengalaman pribadi seputar depresi

Saya pernah mengalami gangguan depresi disaat saya menduduki bangku SMA tingkat 2. Saat itu gangguan yang saya alami cukup parah karena saya tidak memiliki nafsu makan dan tidak memiliki semangat untuk menjalani hari hari saya disekolah.

Berat badan saya pun menurun drastis serta saya merasa mudah putus asa. Penyebab gangguan yang saya alami dikarenakan masalah yang saya hadapi pada waktu itu. Masalah di rumah dan diluar rumah.

Saya merasa mempunyai banyak tekanan dari berbagai pihak dan saya meragukan diri saya sendiri. Saya sempat berharap untuk tidak dilahirkan serta saya merasa tempat saya bukan disini. Saya sempat mencoba untuk berbicara kepada kerabat tapi respon yang diberikan kurang menyenangkan sehingga saya memilih untuk memendam masalah saya sendiri.

Karena memendam semuanya sendiri saya pernah melukai diri saya sendiri agar beban yang saya rasakan bisa hilang. Karena pengalaman itu saya ingin memberi saran untuk mendeteksi gejala depresi disekitar anda serta membantu penderita agar tidak melakukan hal negative dalam bentuk apapun.

Karena di Indonesia, depresi belum terlalu disadari tingkat kebahayaannya. Bahkan beberapa orang menganggap depresi hanya cara remaja untuk mendapatkan perhatian.

Jika ada kemungkinan teman Anda mengalami depresi, janganlah panik! Usahakan untuk tetap tenang di hadapannya. Jika Anda telah melakukan hal tersebut, selanjutnya lakukanlah beberapa cara mudah untuk mengatasi masalah gangguan depresi pada seseorang berikut ini!

Cara Mudah Mengatasi Gangguan Depresi Pada Seseorang

Cari Tahu Tentang Depresi dan Gangguan Mood Lainnya

Pahami kondisi gangguan kerabat anda dengan mendidik diri sendiri tentang depresi atau jenis gangguan mood yang dimilikinya. Membaca tentang penyakit yang diderita kerabat akan membantu memahaminya.

Ajukan Pertanyaan dan Temukan Penyebab Semuanya

Mengajukan pertanyaan sangat penting karena medannya begitu luas dan pengalaman masing-masing orang sangat berbeda. Kemungkinannya adalah  teman Anda tidak akan secara sukarela memberi informasi yang Anda butuhkan, karena dia terlalu malu dengan gejala dan takut dia akan merasa terpojok.

Membantu Mereka Mengidentifikasi dan Mengatasi Sumber – Sumber Masalah

Tugas Anda adalah membantu orang yang Anda cintai mengidentifikasi sumber  stres dalam kehidupannya dan melakukan brainstorming tentang cara untuk menguranginya.

Ingatkan Mereka Bahwa Mereka Sangat Kuat

“Bila Anda depresi, Anda tidak percaya bahwa Anda layak untuk mencintai”,  jelas Dr. DePaulo di dalam bukunya “Memahami Depresi: Apa yang Kami Ketahui dan Yang Dapat Anda Lakukan Tentang Ini”.

Itulah yang membuat hubungan dan khususnya komunikasi jadi sulit. Salah satu cara menyenggol mereka untuk pulih adalah dengan mengingatkan mereka akan kekuatan mereka. Ingatkan mereka kepada prestasi mereka dan hal hal yang menyenangkan dalam hidupnya.

Buat Mereka Tertawa. Karena Tertawa dapat Membantu.

Penelitian mengatakan bahwa tertawa adalah salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk kesehatan kita. Humor bisa membantu kita menyembuhkan dari sejumlah penyakit.

Jadi, itulah informasi tentang tanda-tanda dan cara mudah untuk mengatasi masalah depresi pada kerabat anda. Dengan mengetahui hal tersebut, kami harap semoga Anda akan lebih peka terhadap orang-orang di sekitar Anda. Ayo bantulah teman atau orang terdekat Anda agar terbebas dari gangguan depresi yang sangat bahaya ini. (Masayu Shania Octa Monica)

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*