Tips Agar Tetap Nyaman Saat Akan Datang Bulan atau PMS


Bagi wanita yang masih berusia subur, siklus bulanan alias menstruasi akan di alami setiap bulan. Kecuali ketika sedang hamil. Dalam masa ini kadang kita merasakan keluhan sakit yang membuat perut terasa tidak nyaman dan bisa mengganggu mood. Suka atau sering mengalami keluhan seperti ini? Yuk Kita atasi dengan beberapa cara berikut ini.

Tips Agar Tetap Nyaman Saat Akan Datang Bulan atau PMS

tips-agar-tetap-nyaman-saat-akan-datang-bulan-atau-pms

Kompres Dengan Handuk

Rasa kembung atau perut seperti melilit ketika menstruasi bisa diatasi dengan menggunakan handuk untuk mengompresnya. Kamu bisa memakai handuk yang dingin atau handuk yang hangat untuk meredakan rasa sakit atau keluhan.

Celupkan handuk ke dalam air panas lalu peras. Letakan handuk di atas perut sampai terasa reda. Bila tidak tahan dengan hawa panas, anda bisa menggantinya dengan membungkus es batu dengan handuk. Letakan di atas perut dan biarkan sampai terasa nyaman.

Minum Jus Wortel

Jus wortel bukan saja baik bagi kesehatan mata, lho! Ternyata sayuran yang tinggi dengan kandungan karoten ini juga ampuh untuk meredakan keluhan selama masa PMS.

Konsumsi sayuran yang banyak akan membantu menyeimbangkan hormon estrogen dan progesteron. Selain wortel, perbanyak juga konsumsi sayuran lainnya, ya.

Minum Teh Raspberry

Kabar baik bagi kamu yang gemar minum teh. Hobi anda yang satu ini juga bisa membantu mengatasi masalah PMS. Dengan minum teh raspberry akan membantu untuk membuat otot lebih rileks, dan menjaga mood tetap oke.

Pilihan lain bagi anda bila tidak menyukai teh rasa raspberry bisa juga dengan minum teh chamomile yang mempunyai khasiat yang sama.

Senam

Coba ingat kapan terakhir kali kamu melakukan senam? Senam aerobik bukan saja membantu tubuh agar bugar dan langsing tapi juga membantu meredakan keluhan selama PMS. Dengan berolahraga akan merangsang hormon endorfin dan meredakan stres yang biasa dialami bila sedang menstruasi.

Minyak Ikan

Yaiks, anyir, ya? Iya, tapi dibalik rasanya yang anyir ini minyak ikan bisa jadi sahabat anda selama menstruasi. Dengan mengonsumsi minyak ikan setiap hari akan menurunkan depresi berkat kandungan omega 3 dan vitamin D di dalamnya.

Bau atau amis? Tahan sedikit, ya!

Pakaian Yang Longgar

Kenakan sabuk yang cukup, jangan terlalu ketat agar perut leluasa bernafas. Begitu juga dengan pakaian, pilih yang longgar saja ya, girls!

Kurangi Makanan Asin

Biasanya kalau sedang menstruasi, nafsu makan kita akan meningkat. Yang namanya diet pun dilupakan dulu sementara. Tapi pilih-pilih dulu ya camilan apa yang akan dimakan.

Hindari dulu deh sementara ini camilan yang rasanya asin. Soalnya makanan yang terlalu asin akan menyedot cairan tubuh lebih banyak. Akibatnya kita jadi mudah lemas selama menstruasi.

Advertisement


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*