Kenali 8 Penyebab Utama Perceraian dan Perpisahan

Kenali 8 Penyebab Utama Perceraian dan Perpisahan – Pernikahan adalah ikatan yang sakral antara seorang wanita dengan pria. Namun, ikatan yang sakral ini kadang-kadang harus terpisahkan karena beberapa hal. Setidaknya ada 8 hal yang menjadi penyebab utama perceraian dan perpisahan. Mau tau apa saja? Silakan baca lebih lanjut!

kenali-8-penyebab-utama-perceraian-dan-perpisahan

Kenali 8 Penyebab Utama Perceraian dan Perpisahan

#1. Kurang Berkomunikasi

Komunikasi adalah inti dari sebuah relationship. Komunikasi bukan hanya tentang saling berbicara atau saling menyampaikan keluhan. Komunikasi lebih dari itu.

Bentuk komunikasi yang paling penting dalam sebuah relationship atau pernikahan adalah kemampuan menyampaikan masalah kepada pasangan kita, agar kita bisa bekerjasama untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Komunikasi yang kurang berkualitas atau tidak seimbang bisa menjadi bumerang yang akan berbalik merusak hubungan asmara.

#2. Penyakit Kronis

Pasangan yang sudah menikah sudah tentu ingin hidup bahagia sampai maut memisahkan. Namun tidak semua pasangan bisa seperti ini, terutama jika pasangan mereka sedang menderita penyakit kronis.

Awalnya mungkin kedua pasangan bisa saling sabar dan menerima kondisi. Akan tetapi, masalah akan muncul seiring dengan berjalannya waktu. Biaya medis cukup mahal, terutama untuk perawatan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Di sisi lain, tekanan emosional juga akan semakin meningkat, karena butuh kesabaran untuk merawat pasangan yang memiliki penyakit kronis.

Sebuah riset dari Iowa University di Amerika Serikat, di temukan fakta bahwa wanita cenderung memiliki kesabaran yang lebih tinggi saat merawat suaminya yang sedang sakit. Sebaliknya, ada peningkatan rasio perceraian sebanyak 6% jika seorang laki-laki merawat istrinya yang sedang sakit.

#3. Hidup Terpisah Jauh

Ada banyak pasangan suami istri yang tinggal secara terpisah karena tuntutan pekerjaan. Pasangan suami istri seperti ini mungkin bisa bertahan jika bisa berkomunikasi dengan baik.

Namun, ada juga pasangan yang akhirnya harus berpisah karena tidak tahan dengan kondisi yang saling berjauhan. Alasan paling umum adalah karena kesulitan berkomunikasi, kehilangan kepercayaan, atau perasaan curiga yang menimbulkan stres.

Khusus untuk mengatasi kasus seperti ini, redaksi tips-cewek.com pernah menuliskan artikel agar hubungan jarak jauh bisa tetap langgeng.

#4. Hilang Kepercayaan

Hilangnya rasa percaya satu sama lain adalah masalah di dalam pernikahan yang paling sering di dapati. Kehilangan kepercayaan bisa di sebabkan karena pasangan yang tidak jujur atau perselingkuhan.

Perlu di catat, tingkat perselingkuhan meningkat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Dimana pasangan bisa berselingkuh lewat media komunikasi online.

#5. Intimasi

Well, keintiman merupakan hal yang tidak dapat di pisahkan dengan pernikahan. Meskipun kedengarannya sepele, namun masalah intim bisa menjadi penyebab utama perceraian atau perpisahan.

Interaksi seksual dalam bentuk sentuhan dan rangsangan selalu di perlukan untuk membentuk jalinan pernikahan yang kuat.

#6. Kelahiran Anak

Pernikahan akan lengkap dengan kelahiran seorang anak pertama. Akan tetapi, sebuah riset menunjukkan angka statistik bahwa 67% pasangan yang sudah menikah akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri selama 3 tahun setelah kelahiran anak pertama.

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi penyebab perceraian yang satu ini adalah merencanakan kelahiran dan masa depan pernikahan bersama pasangan, sehingga dampak kelahiran anak bisa di minimalisir.

#7. Kurang Waktu Bersama-sama

Menghabiskan waktu bersama orang yang kita cintai adalah sebuah hal yang penting untuk memupuk rasa saling menyayangi. Cobalah untuk saling berbagi waktu bersama-sama, misalnya dengan cara liburan bareng.

#8. Empty-nester Syndrome

Perceraian bukan hanya sering terjadi bagi pasangan yang masih berusia muda. Pasangan yang lanjut usia juga bisa bercerai, salah satunya karena disebabkan oleh empty-nester syndrome.

Empty-nester syndrome adalah sindrome kesepian yang dirasakan oleh orang tua saat di tinggalkan oleh seluruh anak-anaknya – ditinggalkan karena pekerjaan, menikah dengan orang lain, kuliah di luar daerah, dan sebagainya.

Demikianlah ringkasan tentang 8 penyebab utama perceraian dan perpisahan yang bisa di rangkum redaksi tips-cewek.com. Agar hubungan dengan pasangan tetap romantis, usakahanlah agar saling menjaga kualitas komunikasi. Kurangi aktivitas bermain game online, kebiasaan chatting, dan sebagainya. Dan pastikan agar kamu memiliki waktu yang cukup untuk bersama.

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*