Ini Dia, Cara Jitu Menghemat Uang Saku!

Masa sekolah atau kuliah adalah salah satu masa yang sangat menyenangkan! Akan tetapi, masa sekolah atau kuliah bagi beberapa cewek juga merupakan masa yang paling nggak enak, terutama buat yang punya uang saku pas-pasan.

Ini Dia, Cara Jitu Menghemat Uang Saku!

Nah, berikut ini ada beberapa tips atau cara jitu yang dapat kamu ikuti untuk menghemat uang saku. Check this out!

Tips #1 : Jangan lupa sarapan

Salah satu pengeluaran terbesar dari uang saku adalah untuk keperluan makan atau mengganjal perut. Sangat tidak nyaman jika kamu harus beraktifitas atau belajar di sekolah/kampus dengan keadaan perut yang lapar, karena kamu akan sangat sulit untuk fokus.

Oleh sebab itu, biasakan untuk sarapan dengan makanan sehat dan seimbang. Sarapan secara ilmiah terbukti memberikan kontribusi sebanyak 25% untuk asupan gizi harian. Artinya, jika kamu nggak sarapan dengan makanan yang bergizi seimbang, maka kemungkinan besar kamu akan menjadi loyo saat beraktifitas pada siang hari.

Tips #2 : Jangan malu membawa bekal

Tidak ada makanan terbaik saat di sekolah atau di kampus selain makanan yang dibuat sendiri dan menjadikannya sebagai bekal. Bekal makanan terbukti sangat ampuh membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran uang saku, karena kamu nggak butuh beli makanan dari luar pada saat waktu makan siang tiba.

Kalo menurut kamu ribet untuk membawa bekal dalam bentuk makanan besar (seperti nasi, sayuran, dan sebagainya) maka kamu dapat membawa bekal dalam bentuk makanan ringan tapi bergizi seperti roti sandwich plus air minum.

Tips #3 : Hidup itu murah, yang mahal itu adalah gaya hidup

Oke, to the point saja, kamu harus sadar bahwa sebenarnya pengeluaran untuk aktifitas sehari-hari pada saat bersekolah atau kuliah itu sebenarnya tidak banyak. Pengeluaran uang saku terbesar adalah pada gaya hidup.

Kamu nggak perlu kok beli keperluan mahal jika kamu bisa menemukan benda lain yang memiliki fungsi sama namun harganya jauh lebih murah, misalnya pada saat kamu ingin beli alat tulis, beli lah alat tulis yang sederhana namun fungsional, ketimbang beli alat tulis yang fancy, bentuknya lucu, dan sebagainya tapi memiliki harga yang lebih mahal.

Tips #4 : Gunakan semua fasilitas gratisan

Yup, jangan segan untuk menggunakan semua fasilitas gratisan. Ada banyak fasilitas gratis untuk pelajar atau mahasiswa yang biasanya tersedia di kampus atau di sekolah, misalnya wifi gratis, drinking fountain gratis, dan baca buku gratis di perpustakaan sebagai referensi tugas kuliah atau PR, dan sebagainya.

Daripada harus membeli kuota internet atau membayar sewa warnet, kan lebih enak kalo pake wifi gratisan, hehehe.

Demikian juga untuk urusan transport, jika memungkinkan kamu bisa nebeng dengan teman atau gebetanmu untuk pergi ke sekolah atau kampus.

Tips #5 : Kerja paruh waktu

Jika kamu pintar dalam mengatur waktu, maka kamu juga dapat mempertimbangkan untuk bekerja paruh waktu / part time. Ada banyak kok pekerjaan part time, seperti menjadi waitress di cafe, menjadi penulis artikel online, jaga toko, dan sebagainya.

Nggak perlu malu kok melakoni pekerjaan part time, karena selain dapat mengisi dompet, pekerjaan part time juga bisa membuat kamu menjadi seorang cewek yang mandiri dan memiliki pengalaman kerja. Suatu saat pengalaman ini pasti akan berguna buat kamu.

Tips #6 : Save before you spent

Sisihkan sedikit uang saku kamu untuk ditabung, entah di tabung di celengan atau di bank, terserah! Ingat sama pepatah lama, sedikit demi sedikit menjadi bukit. ^^

Hasil tabungan dapat kamu gunakan untuk keperluan lain, misalnya buat beli gadget, beli laptop, atau hal-hal lainnya.

Tips #7 : More bang for bucks!

Sebelum kamu beli sesuatu untuk kebutuhan sekolah atau kuliah, lakukanlah riset harga terlebih dahulu. Jangan buru-buru membeli barang di sebuah tempat, karena bisa jadi di tempat lain harga barang tersebut ternyata jauh lebih murah.

Selisih harga barang tersebut dapat kamu simpan sebagai pengisi tabungan. Dengan demikian, kamu dapat dua keuntungan, pertama barang yang kamu beli punya harga murah, dan yang kedua kamu dapat melakukan saving alias nabung.

Demikian sedikit ulasan tentang cara jitu menghemat uang saku. Semoga bisa bermanfaat buat kamu yang lagi sekolah atau kuliah. ^^

Pencarian terkait:

cara menghemat uang jajan, cara menghemat uang jajan sekolah, cara menghemat uang saku, cara menghemat uang, cara hemat uang jajan, tips menghemat uang jajan, cara berhemat anak sekolah, cara menghemat uang untuk pelajar, cara menghemat uang bagi pelajar, cara hemat dalam membelanjakan uang jajan

Advertisement

20 Komentar

  1. hai ka aku mau minta saran nii ka , maaf sebelumnya aku kan kpopers trus aku jg masih pelajar smp,nah aku pgn bgt beli brg² kpop dari uang jajan aku sendiri tp aku udh sisihin buat beli album,tp sering ke pake buat beli kuota, jd cara aku sisihin uang buat beli album sama beli kuota nya gmn ya ,makasih sebelumnya ^^

  2. Kak aku boleh nanya kan kak. Gini kak. Aku mau cerita dari kecil aku itu suka boros. Dan susah untuk nabung. Kalau aku nabung pasti ujung² nya aku bongkar dan aku pakai uang tabungan nya kak. Gimana ya kak cara nya aku biar bsa nabung? Biar orang tua ku bahagia juga lihat irma kak. Pengen rasa nya nabung. Tapi susah rasa nya kak. Aku pernah main jula² sama orang dikampung dan disana aku bisa ngumpulin uang aku kak. Dan akhirnya aku bisa beli hp sendiri walaupun ditambah sama orang tua dikit kak. Hehe kak tolong kasih aku saran dong kak. Biar ima bsa nabung juga. Buat orang tua bisa pergi umroh. Dan maaf ya kak impian ku terlalu besar.

    • Tidak ada impian yg terlalu besar untuk di capai. Dengan kerja keras dan ketekunan pasti bisa di raih! Nabung itu butuh niat yg sangat kuat. Saran kakak, sebaiknya kamu nabung di bank saja tanpa kartu ATM. Setelah target kamu tercapai, baru deh kamu ambil pake buku tabungan. Kakak doakan semoga niat kamu di kabulkan oleh Allah SWT, amiin. :)

  3. kak aku keseringan uang saku nggak jelas soalnya nggak tiap pagi minta sama orang tua, dan aku bingung cara nyisihinnya gimana terus buat nambah uang saku gimana

    • Hai Chezia, kamu sekolah kelas brp sih? Cobalah menyisihkan sebisa kamu. jangan memaksakan diri dengan angka yg terlalu besar. :)

  4. Kak gini lho kan besok bulan April aku mau study tour ke Bali mau bawa uang saku 1 juta dalam kurun waktu ½ tahun perhari aku butuh nabung berapa? Mohon fast respon

  5. Hai kak, Aku udah SMP uang jajan aku 100rb seminggu (Senin-Jumat) bisa gak kak aku tabung uang 400 ribu dalam waktu 2 bulan, untuk sekarang tabunganku baru 100rb. Gimana ya kak?

  6. Kak uang saku aku per minggu kan 40k,dan aku itu orang nya boros banget,tapi aku pengen nyisain uang saku aku,caranya gimana kak?

  7. Kak aku dijatah 300k perminggu. Aku anak kost. Kira-kira kalo mau nabung di bank, biar bisa nabung perminggu, setiap hari harus menyisihkan uang jajan berapa ya? Minta sarannya dong kak.

    • Bank menerima setoran dalam jumlah berapa aja, meskipun cuman seribu perak. Coba deh sisihkan sebisa kamu, misalnya 50k per minggu. Setelah terkumpul sebulan, setor tunai deh ke bank.

  8. Aku orangnya gampang kepingin ini itu padahal niat buat nyisain uang saku itu udah kuat. Eh, malah kalah sama hasrat pengen jajan:v terus kalo misalnya udah ada uang di tabungan itu bawaannya udah pengen make buat beli ini itu padahal belum terlalu banyak:” sarannya gimana?

  9. Kak, aku mahasiswa yang tiap minggu dapet bekel 150k udah termasuk bensin.

    Bagi tips buat nabung dong kak, pengen belajar nabung supaya ada simpanan dimasa mendatang.

    Mohon dibalas kakk

    • Hai Putri! Kamu masih sama ortu ya? Atau indekost gitu? Enak kalo masih sama ortu, karena biaya makan udah ada yang nanggung, hehehe. Nah tinggal di jatah dikit aja buat nabung dari uang saku kamu tersebut. Sisihkan sebisa kamu! Sebaiknya bikin target agar kamu lebih semangat nabung, misalnya prin di selembar kertas “Desember 2017: Hape canggih baru dari hasil nabung” trus tempel deh di deket cermin kamu. Baca itu tiap hari agar kamu semangat nabungnya. Segitu aja tips dari kakak, semoga sukses ya!

    • Gemuk itu menandakan kamu perlu mengatur pola makan dan olah raga. Bagus deh kalo mau nabung, sebisa kamu aja berapa jumlahnya. Itung-itung ikut ngurangin jajan kamu yang bikin ndut itu. :)

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*