Jenis-Jenis Kanker Payudara dan Penyebab Kanker Payudara


Kenali Jenis-Jenis Kanker Payudara dan Penyebabnya – Kanker payudara masih menjadi penyakit menakutkan bagi para wanita. Kanker payudara merupakan keganasan sel kanker yang bermula pada payudara. Sel kanker memang selalu ada pada semua orang.

Sel kanker tidak akan berbahaya hanya jika berjumlah sewajarnya. Jika sel kanker tersebut sudah berkembang hingga tak terkontrol lagi, maka pada saat itulah sel kanker tersebut menjadi kanker ganas.

Ada banyak jenis kanker yang mungkin sudah anda ketahui. Jenis kanker tersebut biasanya tergantung pada dimana sel kanker pertama kali muncul. Salah satu jenis kanker yang ditakuti oleh para wanita adalah kanker payudara.

Kanker payudara memang lebih banyak menyerang wanita, walau ada kemungkinan pria juga bisa terkena kanker payudara. Mengenal lebih dalam mengenai kanker payudara sangatlah penting, agar kita tahu bagaimana mengantisipasinya.

jenis-jenis-kanker-payudara-dan-penyebab-kanker-payudara

Perlu diketahui bahwa kanker payudara terdiri dari 3 jenis. Jenis pertama dari kanker payudara adalah Duktal Karsinoma in Situ atau DCIS, jenis kedua adalah Lobular karsinoma in Situ atau LCIS, dan jenis kanker ketiga yang jarang terjadi adalah kanker payudara terinflamasi atau IBC.

Kanker DCIS merupakan kanker non-invasif yang paling umum. Sel kanker basal ini belum menyebar ke jaringan payudara lainnya karena masih berada di dalam duktus.

Kanker LCIS juga merupakan jenis kanker non-invasif. Sel kanker berasal dari kelenjar susu dan belum menyebar pada jaringan yang lainnya.

Kanker IBC termasuk golongan kanker payudara yang invasif. Kanker ini memang jarang terjadi, hanya kurang lebih 1-3% kasus kanker IBC terjadi diantara  semua kasus kanker payudara.

Beberapa Penyebab Kanker Payudara

Kamu sebaiknya mengetahui tentang penyebab kanker payudara agar bisa lebih waspada. Kanker payudara sebenarnya terjadi karena adanya perubahan pada DNA sel payudara. Selain itu, penyebab kanker payudara juga terjadi karena mutasi gen yang belum diketahui penyebabnya sampai saat ini.

Selain penyebab kanker payudara tersebut, kamu juga perlu mengetahui tentang faktor-faktor yang bisa meningkatkan resiko kanker payudara. Salah satu faktor resiko tersebut adalah penggunaan pil KB. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wanita yang mengkonsumsi pil KB dalam waktu yang lama lebih beresiko terkena kanker payudara dibandingkan yang tidak.

Faktor lain yang bisa meningkatkan resiko kanker payudara adalah alkohol. Wanita yang mengkonsumsi alkohol lebih beresiko terkena kanker payudara. Selain itu wanita yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan juga lebih beresiko terkena kanker payudara.

Maka dari itu sebaiknya kamu menghindari alkohol dan juga terus menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain itu, tidak menyusui anak juga bisa meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara. Kurang berolahraga dan beraktivitas juga ternyata dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker payudara.

Maka dari itu diusahakan agar sobat tips-cewek.com selalu berolahraga dan menjalani hidup yang sehat agar terhindar dari penyakit mengerikan seperti kanker payudara.

Advertisement


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*