7 Tips Membagi Waktu Untuk Keluarga Saat Berwirausaha


Tips Membagi Waktu Untuk Keluarga Saat Berwirausaha – Kebanyakan wanita karir, termasuk yang berwirausaha, cukup mengalami kesulitan saat harus membagi waktu antara keluarga dan karir. Jika kamu termasuk diantaranya, maka tidak ada salahnya mencoba mempraktekkan kiat-kiat membagi waktu berikut ini.

Tips Membagi Waktu Untuk Keluarga Saat Berwirausaha

tips-membagi-waktu-untuk-keluarga-saat-berwirausaha

#1 Buat daftar prioritas pekerjaan

Kegiatan wirausaha yang menyita waktu dan perhatian akan lebih mudah ditangani saat kamu membuat list pekerjaan anda dihari tersebut, beserta urutan pekerjaan mana yang harus kamu dahulukan. Yang tidak kalah penting, masukkan juga agenda penting di keluarga, misalnya ulang tahun suami atau anak, agar momen tersebut dapat kamu persiapkan dengan sebaik-baiknya.

#2 Hindari menunda-nunda pekerjaan

Agar kegiatan wirausaha berjalan lancar tanpa mengganggu waktu bersama keluarga, hindari menunda-nunda pekerjaan. Semakin cepat urusan bisnis anda selesai, kamu bisa menikmati waktu bersama keluarga, bukan?

#3 Tulis agenda harian

Selain membuat daftar prioritas pekerjaan, agenda juga diperlukan agar kamu tidak melupakan hal-hal kecil ditengah kegiatan wirausaha. Sayang sekali jika kamu lupa menyiapkan kegiatan keluarga hanya karena tenggelam dalam urusan usaha.

#4 Optimalkan waktu libur

Salah satu keuntungan wirausaha adalah waktu libur yang lebih fleksibel. Manfaatkanlah keuntungan ini untuk memberikan perhatian penuh untuk keluarga.

Memberi perhatian lebih, seperti menyelipkan kado kecil kedalam tas anak dan suami atau memasakkan menu favorit mereka pastinya membuat keluarga makin hangat. Acara piknik keluarga atau membuat kerajinan bersama juga bisa jadi alternative yang bagus untuk meningkatkan kualitas waktu bersama keluarga.

#5 Delegasikan Pekerjaan

Sebagai wirausahawan, kamu bisa mendelegasikan pekerjaan yang kurang urgent kepada orang lain. Cara ini membantu anda mengurangi beban kerja, tanpa mengurangi produktifitas usaha. Berwirausaha memang menyita banyak waktu dan perhatian, akan tetapi dengan mendelegasikan pekerjaan, maka kita bisa tetap menikmati waktu untuk keluarga.

#6 Berani berkata tidak

Ada banyak keadaan dimana kamu harus menangani hal-hal yang sebenarnya tidak harus lakukan. Belajarlah berkata tidak pada pekerjaan yang tidak termasuk dalam prioritas pekerjaan. Dengan cara ini, setidaknya kamu bisa mengurangi padatnya agenda harian.

#7 Tingkatkan produktifitas

Maski berwirausaha, kita dapat tetap meluangkan waktu untuk keluarga. Menghubungi klien sambil menemani anak belajar atau merekap data pengeluaran saat nonton TV bersama keluarga merupakan contoh peningkatan produktifitas dan multitasking untuk mengefektifkan waktu.

Dengan tips-tips diatas, semoga kamubisa terhindar dari masalah pengelolaan waktu. Wanita memiliki karir tidaklah salah, namun kewajiban sebagai istri dan ibu rumah tangga tidak sepatutnya ditinggalkan bukan.

Dengan sedikit teknik, keduanya dapat berjalan beriringan. Selamat mencoba!

Advertisement


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*