Bagaimana Cara Membantu Sahabat atau Teman Yang Sedang Kesulitan

Bagaimana Cara Membantu Sahabat atau Teman Yang Sedang Kesulitan – Teman yang baik adalah teman yang ada di saat kita sedang berbahagia atau pun sedang bersedih. Meskipun demikian, ada beberapa aturan yang harus kamu patuhi di saat kamu mencoba membantu teman yang sedang kesulitan tersebut.

Bagaimana Cara Membantu Sahabat atau Teman Yang Sedang Kesulitan

bagaimana-cara-membantu-sahabat-atau-teman-yang-sedang-kesulitan

Kenali Tanda-Tanda Teman Yang Bermasalah

Menjaga keseimbangan hidup bukanlah sebuah perkara yang mudah untuk di lakukan. Ada banyak hal yang harus di lakukan setiap hari – sekolah, bekerja, mengurus relationship dan sebagainya. Dan bagi sebagian orang hal ini bisa memberikan beban mental yang bisa menyebabkan stres atau bahkan depresi.

Seorang teman yang baik bisa memberikan dukungan dan motivasi kepada sahabatnya agar bisa menjadi lebih kuat dan siap menghadapi hal-hal yang bisa membuat stress tersebut. Namun pada kasus yang lebih buruk, kamu sebaiknya menyarankan sahabat kita tersebut untuk berkonsultasi kepada pihak yang lebih kompeten, misalnya psikolog atau konsultan.

Ada beberapa tanda yang bisa menunjukkan bahwa sahabat kita sedang memiliki masalah, antara lain sebagai berikut:

  • Terlihat murung dan malas-malasan untuk menyelesaikan tugas, sulit untuk bangun pagi, dan menghindari bertemu orang lain
  • Tidak mampu berkonsentrasi saat menghadapi hal-hal yang menyebabkan stres
  • Memiliki mood yang sangat cepat berubah. Kadang-kadang menjadi pemarah, menanggapi masalah secara berlebihan, atau berperilaku kompulsif
  • Sering terlihat bingung atau menjadi gugup
  • Pola makan berubah, entah makin banyak makan atau makan lebih sedikit
  • Pola tidur yang berubah, misalnya sering kesulitan tidur atau tidur tapi banyak terbangun di tengah malam
  • Merokok, menggunakan obat-obatan, atau narkotika
  • Dalam kasus yang parah, sering mengatakan kehilangan semangat untuk hidup atau ingin bunuh diri

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menolongnya?

Hal yang harus kamu ingat adalah kamu bukanlah seorang terapis, jadi kamu tidak memiliki kewajiban secara langsung untuk ikut serta membereskan masalah yang sedang di hadapi sahabat.

Yang harus kamu lakukan adalah memberikan semangat agar sahabat kita tersebut bisa berpikir positif, dan jika di perlukan cobalah meminta dia agar bisa berkonsultasi kepada orang yang tepat, misalnya psikolog, guru pembimbing/konseling, dan sebagainya.

Tugas kita sebagai sahabat adalah memberinya dukungan yang bisa membantunya untuk menjadi lebih tenang, dan jangan memberikan judgement atau penilaian bahwa apa yang di lakukannya benar atau salah.

Sumber: JEDFoundation

Advertisement

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*