Tips Jitu Mengatasi Rasa Kangen atau Rindu

Rasa kangen adalah rasa manusiawi yang dimiliki pada setiap orang. Kangen hadir sebagai bentuk ungkapan kasih sayang yang universal dan rasa tersebut mampu membuat ikatan seseorang dan orang yang dicintainya semakin dalam.

tips-jitu-mengatasi-rasa-kangen-atau-rindu

Tak jarang orang yang menahan rasa kangen terkadang menjadi sangat sulit untuk fokus karena selalu membayangkan kondisi si dia. Bagaimana mengatasi rasa kangen yang seperti ini?

#1. Berdoa

Kita adalah manusia beragama yang meyakini adanya sang pencipta yang penuh dengan kasih sayang dan kelembutan. Ketika rasa kangen datang menghadang, perbanyaknya berdoa kepada Tuhan yang maha esa.

Berdoa akan menenangkan jiwa. Kangen perlahan akan teratasi dengan perasaan bahagia.

#2. Menikmati kangen

Jangan pernah menahan rasa kangen yang datang. Biarkan ia mengalir membanjiri ruang hati kamu dan berusahalah untuk menikmatu rasa kangen yang kamu rasakan. Nikmati rasa kangen dengan tenang ditemani secangkir teh hangat atau di iringi musik kesayangan.

#3. Menyibukkan diri

Jika kamu sangat sulit untuk menikmati rasa rindu yang berlebihan, maka alihkanlah perhatian kamu dengan melakukan banyak hal. Sibukkan dirimu dengan berbagai aktivitas yang bermanfaat, seperti melakukan hobi dengan semangat. Rasa kangen atau rindu akan memotivasi dan menambah kekuatan kamu dalam beraktifitas.

#4. Hindari lagu dan film sedih

Lagu dan film sedih justru akan mendramatisir perasaan rindu. Oleh karena itu sebaiknya hindari lagu dan film sedih agar tak semakin terlarut dengan perasaan kamu. Sebaliknya, kamu dapat mengusir perasaan rindu dengan mengarkan musik dan lagu dengan ritme gembira dan membahagiakan.

#5. Berkomunikasi dengan orang lain

Berbicara dengan orang lain secara tak langsung atau pun tidak langsung dapat membantu kamu untuk mengatasi rasa kangen atau rindu. Perbincangkan berbagai hal yang menarik dan menyenangkan. Namun, hati-hati agar tak masuk ke tema cinta atau hal yang menyedihkan. Bicarakan tentang liburan, teknologi baru, hobi baru dan semua yang menyenangkan.

#6. Pilihlah bahagia

Pilihan untuk bahagia dan tidak, ada ditangan kamu kok girls! Maka sebaiknya, pilih rasa bahagia dalam keseharianmu. Buang rasa sedih yang berlarut. Kamu pasti tahu cara untuk meraih bahagia dan senang. Karena rasa kangen bukan pengekang jiwa untuk bersedih. Sebaliknya perasaan tersebut adalah energi untuk yang dapat memicu kita untuk berbuat lebih.

Sekarang Anda tak perlu lagi sedih dengan rasa kangen bukan? Jadikan rasa kangen atau rindu sebagai penyemangat jiwa untuk meraih hari yang bahagia.

Keep spirit, and keep happy!

Pencarian terkait:

cara menghilangkan rasa kangen, Obat kangen, cara menghilangkan kangen, cara mengatasi kangen, cara mengatasi rindu, cara menghilangkan rasa rindu, cara mengobati rasa kangen, cara menahan rindu, Obat rindu, cara mengobati rindu

Advertisement

31 Komentar

  1. Kak sy tu punya temen cwok, dia tu punya perasaan sama sy dan sy jg sama. Dia tu temen sekolah aku, tapi disisi lain, temen cwek aku juga suka sama dia. Tapi gk tau si cwoknya gimana sama temen cwekku. Kak kira” klo cwok nya ngajakin sy jadian sy hrs nrima apa gk ya? Karna disisi lain sy juga ingin menjaga perasaan teman sy

    • wah jadi bingung ya dengan pilihan seperti ini. sebenarnya, keputusannya ada pada kamu sendiri. tapi nggak masalah juga, kalo kamu mempertimbangkan persahabatan sebagai hal yang lebih utama daripada urusan asmara. :)

  2. Aku kangen dengan orang yang benar2 aku sayangi tapi dia tidak percaya dengan perasaan yang aku miliki, udah sering aku ungkapin aku buktikan tapi susah untuk dapetin rasa simpati nya,, gimana ya kak solusi nya

  3. Kak aku lagi kangen banget sama seseorang aku selalu kangen dia tiap hari bahkan kepikiran terus tapi dia nya sibuk terus cuek sama aku… Aku pengen ketemu dia bahkan aku udah ngajak dia main tapi selalu ada aja alasan buat menghindar… Aku harus apa

  4. Assalamualaikum Mbak.. Saya Mw curhat donk.. Saya seorang wanita Muslim… Masih single.. Tapi saya suka Sama tman cowok yg Bukan beragama Muslim.kami kenal hamper 2 tahun. Hubungan kami hnya sebatas teman..Tapi saya merasa nyaman Bila bersama nya.. Saya Sudah Berusaha tdk selalu jumpa /kmnkasi Sama dia.. Tapi yg ad malahan semakin Rindu dn ingin dekat Sama dia selalu.. Seperti yg Kakak Tau ya.. Di dlam Agama islam Sangat dilarang menikah dgan Agama lain…saya bingung kak.tentunya saya tdk Mw melanggar Agama saya.. Dn saya tidak gampang Untuk suka sampai senyaman Ini Sama seseorang..

    • Keyakinan memang menjadi pertimbangan terbesar dalam menjalani sebuah hubungan yang serius. Akan tetapi, semuanya bisa di komunikasikan kok. Kalo si dia emang ada perasaan khusus ke kamu, so ajakin aja seriusan, namun pastikan kamu juga membahas masalah keyakinan sebelum melangkah lebih jauh.

  5. Aku kmarin bertemu seseorang dia berjalan di depan ku,kemudian dia aku ajak foto bareng,akhirnya dia mau.waktu aku di samping dia aku terasa nyaman.setelah foto aku pun izin pergi dengan rasa senang sampai sampai aku lupa minta kontak dan namanya ]_[

    (Itu orang luar)

  6. Aku mau nanya, hpku kan disita sekolah, dan aku ninggal seorang cewek yang sempurna bagi aku, tapi kita satu sekolah dan hampir tiap hari kita ketemu. udah beberapa kali aku ngasih surprise dia, dan kalo kata temen”nya dia udah nyaman, tapi sialnya hpku disita sekolah karena razia, minta sarannya nih… kira” dia bakal njaga hati buat aku apa gimana? soalnya dia juga anak hitz disekolah dan banyak pastinya yang suka.

  7. Asslamualaikum…
    Sy punya kendala juga mengenai rindu…
    Sy punya temen dari SMA. Dia bukan teman dekat sih. Hanya sekedar sebagai kenalan aja karena dulu sekolahnya di SMA yg berbeda. Setelah selesai SMA sy kuliah dan diapun kuliah di kampus yg berbeda dan kota yg berbeda. Anehnya setelah kami sama sama semester 7. Tiba tiba dia chat melalui Fb ke sy. Menurut saya itu biasa aj kenalan lama kan. Tapi makin hari kami semakin sering chatingan. Dan tiba tiba dia mengutarakan ingin melamar saya katanya kalau dia udah kerja selesai kuliah. Dan sekarang tepat 1 tahun kami selesai kuliah dan dia udah kerja di sebuah kantor sayapun begitu sudah kerja disebuah kantor dengan kota yg berbeda dengannya. Kami jarang chatting. Kadang sebulan sekali. Mungkin karena kami sama sama sibuk. Tapi kalau sy lagi kangen atau dia kangen kadang kami chatingan hampir tiap hari. Tapi 1 bulan terakhir ini sy kangen banget ama dia jadi sy chat aja. Tapi chat sy cuma di baca aja tpi nggak di balas berminggu minggu. Kalau dia sibuk sih nggak apa apa yg penting setidaknya dia nya kasih kabar kalau sibuk. Jadi gimana ya sy kangen banget ama dia dan chattingan sy udah numpuk ke dia tapi cuma di baca aja nggak di balas… apa yg harus sy lakukan ? Rindu ini nyesek banget.. . Pake banget lagi… mohon sarannya.

    • wa’alaikum salam, kalau memang serius, seharusnya punya rencana yang pasti. kapan ketemuan, kapan ngelamarnya, dsb. rencana seperti ini jika terus di undur atau tidak segera di laksanakan bisa membuat hubungan menjadi semakin longgar. Iklima sebaiknya coba menghubungi dia langsung via telepon dan tanyakan tentang status hubungan kalian. Jika memang tidak ada keseriusan dan kepastian, sebaiknya Iklima move on saja.

  8. Nama aku tania,aku mau nanya nih min aku kan sama pacar aku baru baru aja ditinggal buat ldr an?dia baru pergi sekitar 3-4 hari tapi rasa kangen aku ke dia selalu nimbul min kadang sampe aku kebawa mimpi,cara mengatasi nya bagaimana ya?apa perlu aku bertemu dengan dia dengan aku pergi ketempatnya atau bagaimana min?

  9. Kak saya aisya, sya punya pacar nama nya rinaldi hobinya voli. Setiap hari voli tru saya kan gak bisa ketemuan jadi nya kan kangen! Cara mengatasinya gimana ya kak?

  10. Hai kak…saya baru kenal sama si dia baru 1 hari saja kenal. Karena aku ngerasa sangat cocok dengannya akhir kami seharian ngobrol dan bercanda dengannya. Akhirx setelah akhir pertmuan kami dalam 1 hari itu kami harus pulang ke daerah masing2 sebenarnya kami hanya beda kecamatan saja dengannya. Setelah dia saya antar sampai rumah dan ngobrol2 secukupnya dengan dia tdak disangka dia sudah berumah tangga waaahh kacau. Aku brusaha gk akan merusak rumah tangganya karena keluarganya sangat2 menerima kehadiran dan kedangan saya. Sdikit kecewa dan kadangpun bhgia. Akhirnya Aku pulang. Semenjak itu aku selalu teringat dia canda tawa dia saya bisa menahan rasa rindu ini sudah 1 minggu lamanya. Trus aku harus bagaimna ini kak…..kuuangen banget dengan dia. Terkadang sampai diiringi tetesan air mata rindu dengan dia….ini aku harus bagaiman ya kak. Berusah menrima tpi kenyataanya blum bisa dan masih teringat dia rindu dia…aku sangat2 malu ketika aku akan menghubungi dia. Kasih solusi kak agar rasa rindu ini lekas terlepaskan alias lekas hilang

    • Kakak Subhan sepertinya kena sindrom cinta lokasi nih, hehehe. Kak Subhan sepertinya harus belajar untuk merelakan, karena si dia kan sudah berkeluarga. Tentunya kakak tidak ingin menyakiti hati pasangan si dia kan? Proses untuk melupakan itu butuh waktu, jadi kondisi kakak yang sekarang bisa di mengerti kok. :)

  11. kak boleh kan numpang curhat.. aku marcella.. aku sama cowok aku udah pacaran 6 tahun, kita udah pacaran sejak SMA kelas 2 kebetulan dia kakak kelas aku, setiap hari kita selalu ketemu, paling lama gak ketemu cuma 2-3 hari. intensitas pertemuan aku dengannya semakin tinggi saat aku masuk kuliah, aku kuliah jurusan arsitek, tekanan tugas – tugas dan deadline yang ada membuatku semakin sering ketemu dia entahlah kenapa, tapi disaat aku panik, stress, tertekan, berada disampingnya tu membuatku merasa lega, dan membuatku lebih tenang dalam menghandle masalah – masalah yang ada, selama dan itu aku selalu bergantung sama dia, setiap hari selalu ketemu, entah cuma untuk makan bareng sepulang kuliah, atau nganter jemput aku kuliah , makan siang bareng waktu istirahat, atau dia bantuin aku ngerjain tugas, kami selalu bertemu setiap hari, kecuali hari sabtu karena hari sabtu kuliah libur, dan ya justru sabtu kita gak pernah ketemu jadi gak pernah ada yang namanya malam minggu, karena waktu weekend aku habis untuk ngerjain tugas kuliah. tapi itu gak masalah karena toh setiap hari kami bertemu, dia bagaikan narkoba bagiku, moodboster aku, teman susah dan senang, teman curhat aku selama 6 tahun ini.

    dan sekarang kita udah lulus kuliah aku keterima kerja di Semarang dan dia keterima kerja di Jakarta. yup LDR.an. Dia lulusan tek. sipil dan dia keterima di perusahan konstuksi dengan kontrak 6 bulan, dimana selama 6 bulan itu dia gak bisa ninggalin proyek kerjaannya, karena banyaknya proyek. dengan kata lain dia gak bakal balik ke Semarang selama itu dan aku gak bakal ketemu dia selama 6 bulan. aku gak tau aku takut, aku takut kalau aku gak bisa disini tanpa dia, yang selama 6 tahun kita selalu bersama dan aku selalu bergantung sama dia.

    sekarang aku takut apa aku bisa disini tanpa dia, bukannya aku gak punya temen tapi aku tipe orang yang tertutup dan gak mudah percaya sama orang, dan aku sadar diri kalau aku punya emosi yang gak stabil mudah panik, pemarah mungkin bisa dibilang, mudah tersinggung, entahlah aku merasa susah untuk mengendalikan emosiku dan terbuka dengan orang lain.

    cuma dia yang bener” aku percaya dan cuma sama dia aku bisa blak”an dan jadi diri aku sendiri, cuma dia yang bisa ngertiin aku dan sabarrr banget ngadepin aku apalagi disaat emosiku lagi gak kekontrol dan marah” gak jelas..semua orang menjauh hanya dia yang tetap setia disamping aku sampai aku ngerasa baikan.

    tanpa dia aku ngerasa kehilangan arah, gimana rasanya mengatasi perasaan ini rasanya sakit, gimana caranya supaya aku bisa bertahan tanpa dia disini ?

    • Hai, Marcella! Ini sebenarnya kesempatan yang baik untuk kamu agar bisa belajar menjadi cewek yang independen. Relationship yang baik seharusnya di landasi dengan sikap independen/kemandirian, baik di sisi cowok atau pun sisi cewek. Marcella mungkin sudah terbiasa bersama dengan si dia dengan dependecy / ketergantungan yang besar, sehingga sangat sulit untuk melewati waktu tanpa ada si dia disisi kamu. Semangati diri kamu sendiri agar bisa cewek yang mandiri ya!

  12. Kak, aku kenal cowo uda 3 bln.
    Katanya sich dy suka sama q bahkan ngajakin serius sampe ngajakin nikah. Segala, tp q blm mengiyakan cz saya nie blom resmi bubar ama mantan tunanganku. Lgian dy belom kerja jg tho, dy barusan merantau dri malaysia.
    Aku uda jujur semua masa lalu ku ke dy, tp di gk peduli n masih mau menunggu.
    Awalnya setiap kegiatan n setiap wktu mesti ngabarin.
    N lambat laun saya pun mulai ada perasaan tho.
    Qt kan jarak jauh ya madura surabaya.
    Pas wktu qt mau jalan bareng,
    Tiba2 di batalin, cz dy pernah d tegur ama saudara q. Harus jaga jarak soalnya akunya blom resmi bubar ama mantan ku.
    Menghindari hal yg tidak di inginkan tradisi orang madura (bacok)
    Nah semenjak memasuki ramadhan dy uda jarang ngabarin cz kalo malem begadang ama temen2nya.
    Masa iya wktu buat q uda gk kyk dlu lg.
    Apa karna ada wanita lain.
    Apa karna LDR juga ya.
    Saya sampe binggung, klo q marah ke dy n bilang uda bosen, uda gk sayang, n uda ada yg lain di mesti marah.
    Tuch tandanya apa ya?

    • Tandanya dia nggak serius. Seandainya dia serius, pasti dia bakal lebih sabar dan bisa memberikan usaha terbaik buat kamu.

  13. Kak, nama aku moktina. Aku lagi galau nihya karena rindu huh. Ini aku sama doi kan nggaj ada hubungan apa apa. Cuman aku sama doi sudah terbiasa apa apa bersama udah lama banget. Nah sekarang kita sama sama baru masuk kuliah di semarang nih, baru tahun pertama. Dulu intens banget ketemu. Sekarang udah jarang banget, mau ngomong rindu bukan siapa siapanya.Gengsi juga. baiknya gimana ya kak, ngoming rindu tapi ga terkesan kalau suka sama doi

  14. assalamualaikum, saya sedikit curhat tapi kalaj banyak gpp kan ha mbak.

    mohon juga untuk mbak nya kasih pendapat ke saya, apa yang harus saya lakukan ke orang yang saya rindukan.

    jadi gini mbak, saya kenal dia kurang lebih 4 tahun, tapi itu hanya kenal sebatas sosial media atau bisa dibilang dunia maya lah.

    dari awal saya kenal sampai saat ini saya dan dia itu belum pernah ketemu, belum pernah papasan juga, saya tau wajah dia/diri dia hanha di foto profile dia, di whatsapp, instagram, twitter dan facebook.

    kenal sudah lama dana awal-awal kenal itu saya merasa kalau dia itu wanita yang sempurna, ya walau kata orang-orang gak ada yang sempurna, tapi dimata saya dialah yang sempurna, sempura dari luar dan dalam nya, kebaikan, kelembutan dan kemurahan hatinya.

    saya suka dia sudah lama dan saya pernah bilang perasaan saya kedia bahwa saya suka dan cinta dia ( lewat bbm ) dan dia pun merespon dengan baik bahwa dia juga agak nyaman waktu itu, pada saat itu saya sangat senang bahwa dia pun ada sedikit rasa ke diri saya.

    tapi ya nama nya manusia mana ada yang mau pacaran via media sosial dan hanya di dunia maya, akhirnya saya dengar/tau kalau dia sudah mendapatkan lelaki pilihan nya, di saat itu saya sedikit kecewa dan memutuskan untuk ngelupain semua tentang dirinya.

    4 tahun saya berhasil melupakan dia, tapi bulqn kemarin tiba-tiba sayq kepikran dia terus yang akhirnya saya memutuskan untuk say HAY kedia, alhamdulillah di respon dengan baik oleh dirinya.

    sudah dua 3 minggu mungkin saya chat dengan dia via whatsapp, instagram dll, tapi saat saya chat dengat dia tiba-tibq perasaan saya yang dulu datang lagi, datang untuk yang kedua kalinya, gak mau terjadi perasaan yang lebih akhirnya saya memutuskan untu mem BLOCK semua tentang dia.

    saya pikir dengan cara itu saya bisa melupakan dia lagi yang kedua kalinya, tapi kenyataan nya TIDAK, tidak sama sekali, yang ada saya merasa kehilangan dia sekali, sampai saya terbawa mimpi, setiap mau tidur pasti selalu mikirin dia kayak sekarang ini.

    bila mbak nya paham dengan cerita saya, mohon di berikan solusi yang terbaik yang bisa saya lakukan, sumpah saya KANGEN dia pake banget, apa yang harus saya lakukan sekarang, sms,tlp atau membiarkan rasa kangen ini terus menerus ada di pikiran saya?

    • Wa’alaikum salam, tulisan kamu adalah salah satu curhat terbaik di tips-cewek.com, mudah di pahami dan its flow like water. Dari curhat kamu terlihat ada beberapa karakter yang kuat di dalam diri kamu – perfeksionis, cerdas, tapi sulit untuk melupakan. Saran kakak, belajarlah untuk menerima kenyataan bahwa mungkin saat ini si dia sudah berbahagia dengan orang lain. Sakit? Tentu saja… Tapi terkadang melepaskan dan merelakan adalah hal yang terbaik untuk di lakukan. Belajarlah untuk move on dan membuka diri dengan cewek lain, siapa tau ada yang bisa matching sama kamu. :)

      • halo mbak assalamualaikum, maaf sebelum nya, saya mau koreksi cerita saya.

        dia (si cewek) saat ini sudah tidak dengan cowok dia yang kemarin itu, jadi hubungan dia dengan si cowok sudah berakhir, so sekarang posisi dia sedang single.

        maka dari itu sulit bagi saya melupakan dia karna hati ini seperti di beri ruang untuk masuk ke dalam hati si dia.

        akan tetapi, saya mempunyai masalah dengan kepercayaan diri, ingin sekali rasanya menjumpai dia dan berkata bahwa saya cinta dia, tapi sulit buat saya karna kepercayaan diri saya bisa di bilang buruk, karna diri ini merasa tak pantas dengan dia, perbedaan saya dengan dia jauh berbeda, itu salah satu dari ketidak percayaan diri saya.

        terserah mbak nya mau percaya sama saya atau tidak bahwa semalam setelah saya menulis ini saat saya tidur saya memimpikan dia, di dalam mimpi itu saya menemui dia akan tetapi hanya melihat nya dari jarak 10 meter.

        saat ini saya masih bingung dengan diri saya, apa yang harus saya lakukan.

        terima kasih.

  15. Hai Kak…namaku Ella,gini nih kk,aku ada problem,aku baru aja ptus sama pacar,udah 3 hri yg lalu,tapi aku belum bisa move on kak,aku masik kangen kali sama dia,dia bakalan pergi jauh hari iniaku ngechat dia hari ini,aku nanya ke dia kapan dia pergi ke tempat tinggalnya yg dulu,dia nanya kenapa aku nanya kpn dia pergi,aku bilang aku kangen dia kak,tapi kan aku gaberhak lagi bilang itu ke dia,dia itu skrg cmn mantan pacar aku,sebenarnya wajar sih gak kak kalo bilang kangen sama mantan?

      • saya rindu pacar saya dan sekarang dia udah berubah bahkan dia tidak peduli lagi sama saya. dia sering menghilang dia lebih sering menghabisin waktu bersama temen nyabsekarang dibanding sama saya. dan dia sekarang udah bukan orang yang dulu saya kenal lagi. dan saya gatau harus berbuat apa. izin pendapat dari mbak. mkasih:)

        • Hai, Lissa. Sudah saatnya untuk move on, jika seseorang sudah menganggap kita nggak worth untuk di pertahankan. Good luck ya!

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*