Tips Mencegah Terkena Flu atau Demam

Flu, pilek atau demam biasanya datang pada saat perubahan musim terjadi, misalnya pada saat musim hujan memasuki musim panas dan sebaliknya. Hal ini terjadi karena pada saat perubahan musim terjadi, virus flu berkembang biak dengan sangat cepat.

Tips Mencegah Terkena Flu atau Demam

Image via edgecastcdn.net

Berikut ini adalah beberapa tips dari para pakar kesehatan agar kamu bisa terhindar dari terkena flu, pilek, atau demam pada saat perubahan musim terjadi.

Tips mencegah flu, pilek, dan demam yang pertama adalah mencuci tangan.

Tangan adalah bagian tubuh kita yang paling sering digunakan pada saat kita beraktivitas. Selain itu, tangan juga sering digunakan untuk berjabat tangan pada orang lain. Oleh karena itu, tangan memiliki potensi yang sangat besar sebagai media masuknya virus ke dalam tubuh.

Untuk mencegah masuknya virus atau bakteri ke dalam tubuh, sangat di anjurkan agar kita membiasakan mencuci tangan dengan sabun, terutama pada saat kita selesai beraktivitas atau menjabat tangan orang lain. Cuci bersih seluruh bagian telapak tangan dengan sabun dan air yang mengalir minimal 20 detik.

Tips kedua untuk mencegah flu dan pilek adalah dengan beristirahat yang cukup.

Flu, pilek atau demam biasanya menyerang pada saat kondisi tubuh kekurangan istirahat dan tidak fit. Para dokter sangat menganjurkan kita beristirahat dengan jumlah waktu yang cukup (8 – 10 jam sehari).

Tips untuk mencegah flu dan pilek yang ketiga adalah dengan membersihkan barang-barang yang sering disentuh.

Penulis dari buku “The Good Doctor’s Guide to Colds and Flu”, profesor Neil Schachter, MD, menjelaskan bahwa, sebagian besar virus flu menyebar melalui barang-barang yang sering di sentuh, misalnya telepon, keyboard komputer, gagang pintu, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, membersihkan barang-barang yang sering di sentuh seperti ini dapat mengurangi secara signifikan penyebaran bakteri atau kuman penyebab flu. Pembersih yang dapat kamu gunakan antara lain adalah pembersih yang mengandung antiseptik berbahan dasar alkohol.

Tips ke empat untuk mencegah penyebaran flu dan pilek adalah dengan melakukan olah raga ringan.

Usahakan melakukan olah raga ringan selama 20 atau 30 menit setiap hari, misalnya dengan melakukan jogging atau berlari mengelilingi perumahan tempat kamu tinggal. Olah raga ringan yang di lakukan secara terus menerus dapat membantu memperkuat jantung, memperlancar peredaran darah, dan menjaga kondisi tubuh agar memiliki imunitas yang baik.

Studi di Amerika menunjukkan bahwa wanita post-menopause yang memiliki kebiasaan melakukan olah raga kardiovaskular, seperti jogging dan senam memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk terkena flu dan pilek jika di bandingkan dengan wanita post-menopause yang tidak berolah raga secara rutin.

Tips ke lima untuk mencegah terkena flu, pilek atau demam adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.

Makanan dengan gizi yang seimbang dapat membantu tubuh agar selalu memiliki imunitas maksimum. Fakta medis menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya vitamin C dan E mampu melindungi kita dari infeksi virus flu.

Vitamin C memang tidak secara ilmiah dapat menyembuhkan flu, akan tetapi dengan asupan vitamin C yang cukup, maka tubuh akan memiliki daya tahan yang lebih baik dan membantu mempercepat penyembuhan infeksi.

Flu dan pilek kadang-kadang juga mengakibatkan rasa gatal di tenggorokan atau batuk. Untuk membantu mengurangi gatal pada tenggorokan tersebut, kita dapat menggunakan campuran teh, lemon, dan madu murni, yang kemudian di minum seperti biasa.

Demikian sedikit tips tentang cara mencegah terkena flu atau demam pada saat perubahan musim terjadi. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa klik like / share ya! :)

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *