Tips Agar Akun Sosial Media Tidak Kena Hack

Sponsors


Hmm… hari ini sangat gencar pemberitaan tentang Pamela Safitri, salah satu anggota dari Duo Serigala yang konon akun sosial medianya terkena hack atau dibobol oleh peretas dunia maya, yang mengakibatkan foto-foto pribadinya yang seharusnya tidak boleh di ekspos ke publik bisa tersebar ke jagad internet.

Nah, sebagai tindakan preventif agar akun sosial media kamu tidak senasib dengan akun Duo Serigala yang terkena hack itu, tips-cewek.com dalam artikel ringan kali ini akan mengangkat topik tips agar akun sosial media tidak kena hack.

Tips Agar Akun Sosial Media Tidak Kena HackPamela Safitri – image credits blogs2u.com

Silakan ikuti tips nya berikut ini!

Tips #1. Jangan menggunakan komputer orang lain untuk mengakses akun media sosial

Tindakan preventif pertama yang dapat digunakan untuk mencegah pembobolan akun sosial media yang kamu miliki adalah usahakan tidak menggunakan komputer atau gadget milik orang lain, terutama komputer atau gadget yang sering dipake rame-rame seperti di warnet untuk mengakses akun sosial media.

Gunakanlah komputer, laptop atau gadget milik kamu sendiri untuk mengakses media sosial karena komputer yang pemakaiannya di sharing sangat besar kemungkinan terpasang aplikasi / malware jahat yang siap mengintai username dan password kamu. Bukan hanya password dan username sosial media yang menjadi target aplikasi jahat semacam ini, tapi juga password dan username email, dan akun-akun pribadi lainnya.

Tips #2. Gunakan kata kunci atau password yang susah di tebak

Tindakan pencegahan kedua untuk mencegah akun sosial media terkena hack atau di bobol adalah dengan menggunakan kata kunci atau password yang susah ditebak.

Atur agar password atau kata kunci akun sosmed kamu dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka, dan usahakan panjangnya minimal delapan karakter. Hindari penggunaan kata kunci atau password yang berhubungan dengan data personal yang kamu miliki, misalnya tanggal ulang tahun, nama pacar, nama orang tua, nomor telepon, dan sebagainya.

Sponsors


Bagi para peretas yang mahir dalam menggunakan teknik social engineering dalam melakukan hacking, data-data personal biasanya akan menjadi data pertama yang di input sebagai password.

Tips #3. Gunakan kata kunci atau password yang berbeda-beda

Tindakan preventif yang ketiga untuk mencegah akun sosmed terkena hack adalah dengan membedakan password atau kata kunci untuk setiap akun internet yang kamu miliki. Bedakan password antara akun email, akun sosmed, dan akun-akun lainnya.

Jika akun sosial media kamu terkena hack, maka email kamu masih akan selamat, dan kamu dapat melakukan pemulihan akun sosial dengan menggunakan email tersebut.

Tips #4. Ganti password secara berkala

Para pakar keamanan internet sangat menganjurkan untuk melakukan perubahan password atau kata kunci setiap 2 atau 3 bulan sekali. Penggantian password di harapkan tetap sesuai kaidah keamanan yaitu memiliki panjang minimal 8 karakter, bukan merupakan data personal, dan merupakan kombinasi antara huruf, angka, atau karakter khusus lainnya.

Dengan demikian diharapkan para peretas atau hacker akan lebih kesulitan untuk memperkirakan password yang kamu gunakan untuk mengakses akun sosial media.

Tips #5. Gunakan two way authentication jika memungkinkan

Ada sosial media yang menggunakan two way authentication untuk melakukan login kedalam akun. Two way authentication atau otentifikasi 2 arah adalah implementasi keamanan internet yang lebih canggih.

Sebelum masuk kedalam akun kita di haruskan mengisi password, kemudian memasukkan pin yang terkirim ke handphone atau melakukan verifikasi QR-code dengan menggunakan smartphone.

Dengan demikian, akan menjadi sangat sulit untuk melakukan hacking ke akun sosial media tersebut.

Demikian sedikit ulasan tentang tips agar akun sosial media tidak kena hack seperti yang baru saja menimpa mbak Pamela Safitri (Duo Serigala). Jangan lupa klik like/share jika artikel pendek ini bermanfaat buat kamu.

Keep safe, and keep fun!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini. Fyi, artikel ini sudah di baca 3.397 kali.

Sponsors


One Comment on “Tips Agar Akun Sosial Media Tidak Kena Hack”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *