Tips Mudah Untuk Merawat Kulit Kering

dalam Kesehatan

Kulit kering atau yang juga dikenal dengan istilah dry skin adalah kondisi di mana kulit tubuh memiliki karakteristik atau kecenderungan untuk kekurangan cairan. Kulit kering dapat menyebabkan rasa gatal, kulit terasa kasar, dan munculnya bintik-bintik merah di permukaan kulit tubuh secara merata.

Tips Mudah Untuk Merawat Kulit Kering

Image via lxedit.co.th

Pada dasarnya kulit kering bisa di sebabkan banyak hal, namun para ahli dermatologi membagi penyebab kulit kering menjadi 2, yaitu penyebab eksternal dan penyebab internal. Secara eksternal, kulit kering bisa disebabkan karena penggunaan sabun yang memiliki bahan kimia keras, kelembaban udara yang rendah, udara dingin dan sebagainya. Sedangkan secara internal, kulit kering bisa di sebabkan karena adanya faktor genetika dan kesehatan,

Nah, buat kamu yang memiliki karakteristik kulit kering, tips-cewek.com dalam ulasan kali ini akan mencoba mengulas tips mudah untuk merawat kulit kering.

#1. Hindari mandi air panas

Mandi berendam dengan air panas atau sauna bisa memberikan efek yang nyaman untuk tubuh, namun jika kamu memiliki kulit yang kering, sebaiknya kamu menghindari mandi dengan menggunakan air panas atau sauna. Ahli dermatologi, Andrea Lynn Cambio, MD. mengatakan bahwa saat permukaan kulit di basahi dengan air panas maka lapisan minyak pada kulit akan menjadi hilang. Padahal, lapisan minyak pada kulit sangat berguna untuk menjaga kelembaban dan kehalusan kulit.

Jika ingin mandi dengan air hangat, pastikan air tersebut memiliki suhu yang tidak terlalu panas, dan jangan berlama-lama pada saat mandi air hangat.

#2. Gunakan sabun mandi yang lembut

Gunakan sabun mandi yang lembut yang memang dibuat untuk mengatasi kulit kering. Sabun yang di buat untuk kulit kering biasanya tidak banyak mengeluarkan busa pada saat digunakan mandi, selain itu juga tidak memiliki bau wewangian yang tajam.

Hindari penggunaan sabun anti-bakteri atau sabun yang memiliki bau wangi yang tajam, karena dapat menjadikan kulit bertambah kering dan kusam. Selain itu jangan terlalu keras pada saat kamu membersihkan permukaan kulit dengan sabun.

Sponsors


Jika memungkinkan gunakan juga sabun perawatan yang mengandung ceramide. Ceramide adalah molekul lemak yang membantu menghaluskan, melembutkan, dan  melembabkan kulit. Ceramide bekerja dengan cara melapisi kulit luar dan menjaga kelembaban kulit.

#3. Hindari penggunaan kosmetik

Sebisa mungkin hindari penggunaan kosmetik yang berbahan dasar kimia serta mengandung alkohol. Kosmetik-kosmetik seperti ini akan memperparah kondisi kulit kering secara signifikan.

#4. Bercukur dengan cara yang benar

Banyak cewek yang biasanya melakukan pencukuran untuk membasmi rambut-rambut halus yang tumbuh di permukaan kulit, terutama kulit bagian betis, pangkal paha, dan sebagainya.

Penggunaan pisau cukur dan cara mencukur yang salah dapat mengakibatkan terjadinya iritasi pada kulit. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah menggunakan gel pencukur rambut dan pisau cukur yang tajam pada saat mencukur rambut-rambut halus di kulit.

#5. Hindari sinar matahari

Sinar matahari adalah musuh utama bagi kulit kering, karena dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik merah akibat sengatan panas. Jika kamu berencana keluar rumah pada saat sinar matahari sedang merona, jangan lupa gunakan pakaian yang menutupi badan kamu secara keseluruhan

Jangan malu menggunakan payung, dan usahakan selalu berjalan di tempat yang terlindungi dari sinar matahari secara langsung.

#6. Gunakan pelembab

Jangan menggunakan sembarang pelembab atau moisturizer untuk melembabkan kulit kering. Gunakanlah moisturizer yang memang di buat untuk kamu yang berkulit kering. Pelembab seperti ini biasanya juga memiliki kandungan ceramide yang tinggi.

Cara menggunakan pelembab yang benar adalah cuci bersih dulu bagian kulit yang akan diberikan pelembab dengan menggunakan sabun khusus kulit kering, kemudian keringkan dengan handuk beberapa saat, dan lanjutkan dengan mengaplikasikan pelembab secara tipis dan merata.

Semoga ulasan tips-cewek.com yang bertajuk tips mudah untuk merawat kulit kering ini bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa klik like/share jika kamu merasa ulasan ini bermanfaat!

Keep healthy, and keep fun!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini. Fyi, artikel ini sudah di baca 975 kali.

Sponsors


Tags: #kecantikan #kesehatan

Cara Membersihkan Pusar Dengan Baik dan Benar
Cara Membersihkan Pusar Dengan Baik dan Benar
Sebagian cewek sepertinya kurang aware dengan kebersihan....
6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!
6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!
Siklus haid biasanya berada di kisaran 28....
Tips Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin 100% Ampuh!
Tips Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin 100% Ampuh!
Jerawat terkadang memang bisa jadi masalah yang....
Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulan
Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulan
Tiap cewek pasti ingin memiliki siklus haid....

Beri komentar "Tips Mudah Untuk Merawat Kulit Kering"


Top