Keputihan Berwarna Hijau, Apakah Aman dan Normal?

dalam Kesehatan

Keputihan adalah hal yang wajar dan normal terjadi hampir pada setiap cewek. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui bahwa ada juga keputihan yang memberikan tanda-tanda bahwa kesehatan organ intim kita sedang terganggu, misalnya adanya perubahan warna yang mencolok pada keputihan. Dalam bahasan singkat kali ini, tips-cewek.com akan mencoba menjelaskan secara mudah tentang keputihan yang memiliki warna tidak wajar.

Keputihan Berwarna Hijau, Apakah itu Aman dan Normal?image via jorgealbertogarcia.com

Perbedaan antara keputihan yang wajar dan keputihan yang tidak wajar

Vagina adalah organ intim yang merupakan jalan penghubung antara dunia luar dengan organ reproduksi di dalam tubuh cewek. Dalam keadaan normal, vagina memiliki pH (tingkat keasaman) yang tinggi, alias bersifat asam. Sifat pH yang asam dapat membantu tubuh untuk melawan terjadinya infeksi pada bagian tersebut. Kondisi asam biasanya di sebabkan oleh pertumbuhan bakteri baik di dalam vagina.

Vagina yang sehat secara teratur akan memproduksi cairan yang berfungsi untuk membersihkan dan melembabkan organ intim. Hal ini lah yang biasanya di sebut sebagai keputihan.

Keputihan yang normal dan wajar

Keputihan yang normal dan wajar biasanya terlihat berbentuk cairan yang berwarna bening, agak sedikit keruh, atau tampak kekuningan (biasanya akan tampak kekuningan jika mengering di dalam underwear).

Frekuensi dan jumlah terjadinya keputihan dapat di pengaruhi oleh banyak faktor, seperti siklus haid, kondisi emosional, asupan makanan, kehamilan, penggunaan obat-obatan, dan rangsangan seksual.

Efek menstruasi atau haid pada keputihan

Siklus datang bulan atau haid sangat mempengaruhi kondisi pH di dalam vagina. Pada saat berada di pertengahan siklus haid, biasanya keputihan akan menjadi lebih banyak jika di bandingkan dengan hari-hari sebelumnya, dan pada saat menjelang terjadinya haid, keasaman di dalam organ intim akan menurun, dan pada saat inilah biasanya organ intim menjadi rentan terhadan serangan infeksi.

Ciri-ciri keputihan yang tidak normal

Ciri pada keputihan yang tidak normal yang paling dapat di amati dengan jelas adalah perubahan warna yang terlalu mencolok pada cairan keputihan. Ciri seperti ini biasanya menjadi tanda terjadinya infeksi bakteri di dalam organ intim.

Infeksi vagina atau organ intim sebenarnya adalah hal yang biasa terjadi pada cewek, dan menurut riset hampir seluruh cewek pernah mengalami infeksi organ intim. Namun, ada beberapa infeksi yang mungkin dapat memberikan resiko pada kesehatan.

Berikut adalah ciri-ciri umum terjadinya infeksi pada organ intim:

  • Keputihan yang dibarengi rasa gatal, rasa panas, atau tidak nyaman
  • Keputihan yang terjadi terus menerus dan bertambah parah
  • Keputihan yang menggumpal
  • Keputihan yang berwarna keabu-abuan, kuning, atau hijau yang memiliki aroma menyengat atau amis

Penyebab umum terjadinya infeksi organ intim

Sponsors


Infeksi organ intim erat kaitannya dengan kesehatan tubuh secara umum dan kebersihan. Infeksi bakteri pada organ intim mirip dengan infeksi yang disebabkan oleh jamur, yaitu akan semakin bertambah parah seiring bertambahnya jumlah bakteri atau parasit di dalam organ intim.

Cewek yang punya banyak partner untuk urusan seks memiliki resiko yang sangat tinggi untuk mendapatkan infeksi pada vagina. Selain itu, hampir separoh cewek tidak menyadari bahwa pada organ intim mereka terjadi infeksi bakteri atau jamur, baru pada saat kondisi infeksi sudah memburuk mereka menyadarinya.

Bagaimana dengan keputihan berwarna hijau?

Sebagaimana seperti yang di jelaskan di atas, bahwa kamu harus curiga jika keputihan yang kamu alami memiliki warna yang mencolok, karena bisa saja terjadi infeksi jamur atau bakteri jahat di dalam organ intim. Salah satu infeksi yang berbahaya yang di tandai dengan warna keputihan yang berubah menjadi kuning atau hijau adalah infeksi bakteri trichomoniasis.

Trichomoniasis adalah infeksi yang disebabkan pertumbuhan organisme sekelas protozoa ber-sel tunggal di dalam vagina. Trichomoniasis secara umum menular lewat hubungan seksual yang tidak sehat.

Meskipun demikian, organisme penyebab terjadinya trichomoniasis juga dapat menyebar dengan beberapa media, seperti air pada kolam renang, handuk, atau pakaian renang yang di pakai bersama.

Hal ini bisa terjadi karena bakteri penyebab trichomoniasis dapat bertahan hidup selama kurang lebih dua puluh empat jam pada lingkungan atau tempat yang lembab.

Dalam kondisi infeksi trichomoniasis, biasanya muncul gejala-gejala seperti di bawah ini:

  • Keputihan berwarna hijau atau kuning (yang biasanya keluar di sertai adanya busa atau gelembung)
  • Keputihan yang beraroma sangat tajam
  • Keputihan yang jumlahnya terus meningkat
  • Inflamasi atau peradangan pada vagina
  • Sering buang air kecil atau pipis
  • Rasa gatal di sekitar organ intim

Pengobatan

Segeralah berkonsultasi dengan dokter jika kamu mengalami keputihan berwarna hijau karena infeksi seperti ini bisa membahayakan kesehatan.

Biasanya untuk mengobati keputihan berwarna hijau yang di sebabkan oleh infeksi trichomoniasis dokter akan memberikan antibiotik Metronidazole. Selama proses perawatan dan pengobatan sedang berlangsung, penderita akan di larang untuk mengkonsumsi minuman beralkohol dan di larang untuk melakukan aktivitas seksual.

Oke, demikian sedikit ulasan tentang masalah keputihan yang berwarna hijau pada cewek. Semoga bisa memberikan pengetahuan buat kamu yang membaca artikel ini.

Jangan lupa ya klik like/share artikel ini, karena mungkin saja artikel ini juga bisa bermanfaat bagi cewek-cewek lainnya! :)

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini. Fyi, artikel ini sudah di baca 11.630 kali.

Sponsors


Pencarian terkait:

keputihan berwarna hijau, keputihan berwarna hijau dan menggumpal, keputihan hijau, keputihan warna hijau, https://www tips-cewek com/351/keputihan-berwarna-hijau-apakah-aman-dan-normal html, penyebab keputihan berwarna hijau, keputihan kehijauan, bahaya keputihan berwarna hijau, keputihan sampai kehijau hijauan ciri, keputihan warna hijau muda

Tags: #kesehatan

6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!
6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!
Siklus haid biasanya berada di kisaran 28....
Tips Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin 100% Ampuh!
Tips Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin 100% Ampuh!
Jerawat terkadang memang bisa jadi masalah yang....
Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulan
Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulan
Tiap cewek pasti ingin memiliki siklus haid....
Tips Agar Badan Gemuk Secara Natural dan Super Mudah
Tips Agar Badan Gemuk Secara Natural dan Super Mudah
Obesitas atau kegemukan adalah salah satu masalah....

Beri komentar "Keputihan Berwarna Hijau, Apakah Aman dan Normal?"


Top