Olahraga Yang Cocok Untuk Cewek Gemuk

Memulai kebiasaan berolah raga terkadang menjadi hal yang sulit terutama buat cewek yang memiliki berat badan lebih tinggi di atas rata-rata, alias mengalami kegemukan. Meskipun demikian, jangan jadikan berat badan yang berlebih menjadi penghalang untuk berolah raga, karena olah raga memiliki fungsi yang penting untuk membantu mempertahankan kesehatan dan vitalitas tubuh.

Olahraga Yang Cocok Untuk Cewek Gemukimage via executivestyle.com.au

Khusus untuk kamu yang bertubuh gemuk, berikut ini tips-cewek.com akan memberikan informasi tentang olah raga apa saja yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Olah raga berikut ini dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan, sekaligus membantu untuk menjaga kesehatan. Lets check it out!

1. Jalan kaki

Jalan kaki juga termasuk berolahraga loh! Bahkan para pakar kesehatan di dunia setuju bahwa berjalan kaki adalah olah raga yang menyehatkan dan dapat di lakukan oleh hampir semua orang tanpa memandang batasan usia.

Olah raga berjalan kaki atau berjalan santai tidak membutuhkan peralatan yang merepotkan (kamu hanya butuh sepasang sepatu olahraga) dan dapat kamu lakukan di mana saja dan di mana saja. Berjalan kaki secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular, sekaligus melatih kekuatan dan mobilitas otot tubuh bagian bawah terutama pinggul, kaki, dan paha.

Mulailah melakukan olahraga jalan kaki setiap hari dengan durasi waktu sekitar 10 sampai dengan 15 menit. Lakukanlah setiap hari dengan konsisten, dan jika kamu sudah merasa cukup nyaman dengan durasi yang pendek, kamu dapat menambahkan durasinya sampai menjadi 30 menit.

Untuk menambah efektifitas olah raga ini, kamu dapat mempercepat ritme langkah sewaktu berjalan. Targetkan untuk melangkah lebih dari 3.000 langkah dalam 30 menit.

2. Jogging di dalam air / aqua jogging

Olah raga air sangat di rekomendasikan untuk cewek yang kesulitan untuk bergerak atau memiliki masalah pada sendi kaki, misalnya lutut terasa sakit jika berlari atau berjalan kaki. Akan tetapi, olah raga air seperti renang juga memberikan masalah sendiri kepada cewek chubby atau kelebihan berat badan, karena akan benar-benar menguras tenaga.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat melakukan olahraga jogging air sederhana yaitu aqua jogging. Aqua jogging adalah olahraga melakukan gerakan menginjak-injakkan kaki seperti berjalan atau berlari di daratan, tetapi di lakukan di kolam renang. Peralatan yang digunakan adalah baju renang dan pakaian khusus untuk aqua jogging yang membantu agar kita tidak tenggelam kedalam air terlalu dalam dan mempermudah gerakan kaki selama berada di dalam air.

Terkadang pelatih juga memberikan beban tambahan untuk dibawa saat melakukan aqua jogging, dengan tujuan agar efek aqua jogging menjadi lebih maksimal.

Untuk memulai olah raga aqua jogging, mulailah dengan gerakan kaki yang tidak terlalu cepat. Jika kamu merasa intensitas gerakan kaki dapat di naikkan, maka kamu dapat mencoba melakukannya namun jangan terlalu di paksakan.

Olah raga aqua jogging terlihat sangat mudah di lakukan, namun olah raga ini tidak semudah yang kamu bayangkan, karena kamu harus punya effort yang sangat kuat untuk melangkahkan kaki di dalam air ^^

3. Ikut kelas olah raga yang sesuai

Pada gym atau tempat olah raga tertentu biasanya ada menyediakan layanan kelas olah raga yang sesuai untuk orang- orang yang memiliki kebutuhan tertentu. Nah, ada baiknya kamu yang gemuk juga mengikuti kelas olah raga seperti ini.

Kelas olah raga biasanya terdiri dari beberapa peserta. Bicarakan rencana olah raga yang tepat dengan kondisi badan kamu dengan pelatih, dan lakukan olah raga tersebut dengan peserta yang lainnya.

4. Olah raga kekuatan tubuh

Alternatif lain yang dapat di ikuti oleh cewek gemuk adalah mengikuti sesi olah raga di gym, atau yang lebih di kenal dengan istilah fitness.

Di gym atau tempat fitness bisa kamu temukan peralatan-peralatan olahraga yang lengkap, seperti treadmill, barbel, dumbell, dan sebagainya.

Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan instruktur yang ada di gym untuk menentukan porsi fitness yang tepat untuk kamu. Jangan menggunakan peralatan fitness seperti ini tanpa pengawasan dari instruktur, karena resiko kelebihan beban pada alat fitness dapat membuat kamu cedera.

5. Tai chi

Wow… saat mendengar kata Tai Chi mungkin kamu akan membayangkan film-film beladiri dari negara tirai bambu. Jangan salah loh, tai chi juga merupakan olah raga, bahkan termasuk olah raga yang sangat ideal dilakukan oleh cewek-cewek yang gemuk atau chubby!

Tai chi menggunakan gerakan-gerakan tertentu di sertai dengan olah pernafasan yang teratur. Gerakan tai chi sangat di dominasi dengan gerakan-gerakan sendi yang dapat membantu kelenturan tubuh. Tai chi juga menggunakan teknik meditasi yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan stress dan efek buruk yang di hasilkan oleh pikiran negatif.

Simpulan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari semua olah raga yang di jelaskan di atas, kamu juga harus melakukan diet yang tepat dan jangan lupa untuk beristirahat dengan jumlah yang cukup. Dengan berolah raga dan melakukan diet yang teratur, kamu dapat menjaga kesehatan dan sekaligus dapat membakar kalori yang secara tidak langsung dapat membantu kamu untuk mendapatkan berat badan yang lebih ideal.

Demikian sedikit ulasan tentang olahraga yang cocok untuk cewek gemuk atau kelebihan berat badan. Semoga bisa bermanfaat buat kamu!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


One thought on “Olahraga Yang Cocok Untuk Cewek Gemuk

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *