4 Kebiasaan Yang Mengakibatkan Penuaan Dini

dalam Kesehatan

Terkadang seseorang bisa memiliki penampilan yang tidak sesuai atau terlihat lebih tua dengan usianya yang seharusnya. Hal ini umum disebut dengan istilah penuaan dini. Ada beberapa ciri penuaan dini, antara lain kulit yang mulai keriput, gigi yang berkurang, postur tubuh yang membungkuk, dan sebagainya.

4 Kebiasaan Yang Mengakibatkan Penuaan Diniimage via dailyhealthsolution.com

Girls, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kamu bisa mengalami penuaan dini tersebut. Oleh sebab itu, agar kamu bisa lebih aware dalam menjaga diri dari kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan penuaan dini, dalam ulasan kali ini tips-cewek.com akan mencoba mengangkat tema “4 kebiasaan yang mengakibatkan penuaan dini”, let’s check it out!

1. Mengkonsumsi minuman berenergi

Banyak cewek di Indonesia yang hobi mengkonsumsi minuman berenergi setiap hari, dengan alasan untuk menjaga vitalitas badan, mengusir ngantuk, agar menjadi lebih fit dan sebagainya.

Fakta mengejutkan dari minuman berenergi yang kebanyakan orang tidak mengetahuinya adalah pada minuman-minuman tersebut terdapat kandungan asam yang sangat tinggi, yaitu 8 kali kandungan asam pada minuman-minuman ringan atau bersoda yang beredar di pasaran. Kandungan asam ini dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan enamel atau bagian terluar dari gigi.

Lama kelamaan, lapisan enamel akan terkikis habis dan menyebabkan lapisan dentin (lapisan atau struktur yang membentuk gigi) ikut terkikis. Hal ini pada akhirnya akan mengakibatkan gigi menjadi cepat tanggal atau rapuh.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk mengkonsumsi minuman berenergi ini, namun jika kamu ingin tetap mengkonsumsi minuman tersebut, gunakanlah sedotan agar kontak asam pada minuman berenergi dengan enamel gigi dapat berkurang.

Kamu juga harus tetap berhati-hati, karena pengawet dan pemanis yang ada di dalam minuman berenergi juga dapat menyebabkan kerusakan pada fungsi ginjal jika di konsumsi secara terus menerus.

2. Posisi badan sewaktu mengetik

Nah, pasti banyak di antara kita yang sering membungkukkan badan / membungkukkan kepala pada saat mengetik di komputer atau membalas sms atau pesan messenger instan di smartphone.

Sponsors


Mulai sekarang hindarilah kebiasaan membungkukkan badan atan membungkukkan posisi kepala pada saat mengetik atau melakukan texting, karena postur tubuh yang tidak tegak dapat merubah susunan atau struktur tulang. Hal ini bisa memicu penuaan dini berupa perubahan struktur tulang belakang yang tidak tegak, alias bongkok.

Kebiasaan ini juga bisa menyebabkan rasa sakit pada pundak, rasa pusing, atau sakit pada kepala terutama pada bagian kepala belakang.

3. Kesalahan menggunakan sisir

Rambut yang rontok dan menjadi tipis juga dapat menjadikan kita terlihat lebih tua dari pada seharusnya. Salah satu kebiasaan yang dapat menjadikan rambut rontok adalah kesalahan dalam penggunaan sisir, terutama penggunaan sisir pada saat rambut dalam keadaan basah atau sehabis rambut di keramas.

Hal ini disebabkan karena pada saat rambut basah, rambut sedang dalam kondisi yang lebih rapuh. Sehingga, jika kamu menyisir rambut dengan kasar setelah berkeramas atau dalam keadaan basah, secara tidak langsung kamu akan membuat struktur rambut menjadi lebih gampang untuk rontok atau rusak.

Jika kamu ingin menyisir rambut, jangan lupa biarkan rambut menjadi kering terlebih dahulu. Usahakan pula rambut kering secara alami alias jangan menggunakan hair dryer karena suhu panas dari hair dryer juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada rambut.

4. Kesalahan membersihkan wajah

Kesalahan membersihkan wajah, terutama kesalahan pada pemilihan sabun atau foam pembersih wajah juga dapat mengakibatkan dampak buruk pada wajah. Wajah bisa terlihat kekeringan, terlalu berminyak, terlihat kusam dan sebagainya.

Para ahli kesehatan kulit menganjurkan agar para cewek yang memiliki wajah berminyak untuk membersihkan kulit 2 kali sehari dengan menggunakan air hangat, dengan tujuan agar pori-pori kulit dapat terbuka sehingga kelebihan minyak pada kulit wajah akan lebih mudah di bersihkan.

Untuk kulit yang tidak berminyak atau normal, bisa langsung membersihkan wajah dengan air dingin biasa. Hindari menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah, karena kandungan deodoran pada sabun mandi bisa membuat kulit wajah bertambah kering.

Demikian ulasan singkat tentang 4 kebiasaan yang bisa mengakibatkan penuaan dini. Ada baiknya kamu memperhatikan hal-hal yang di jelaskan di atas agar penampilan kamu bisa selalu fresh dan memikat.

Keep healthy, and keep fun!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini. Fyi, artikel ini sudah di baca 2.130 kali.

Sponsors


Tags: #kesehatan #rambut

Kenali Bahaya dan Resiko Eyelash Extension Sejak Dini
Kenali Bahaya dan Resiko Eyelash Extension Sejak Dini
Setiap cewek pasti pengen tampil cetar dan....
Cara Membersihkan Pusar Dengan Baik dan Benar
Cara Membersihkan Pusar Dengan Baik dan Benar
Sebagian cewek sepertinya kurang aware dengan kebersihan....
6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!
6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!
Siklus haid biasanya berada di kisaran 28....
Tips Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin 100% Ampuh!
Tips Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin 100% Ampuh!
Jerawat terkadang memang bisa jadi masalah yang....

Beri komentar "4 Kebiasaan Yang Mengakibatkan Penuaan Dini"


Top