Tips Menjaga Kesehatan Miss V Secara Alami

Organ kewanitaan bagian luar, terutama bagian vagina atau yang biasa di sebut dengan istilah miss V merupakan daerah yang paling lembab jika di bandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya. Hal ini menyebabkan area intim tersebut sangat mudah terkena infeksi terutama infeksi jamur dan infeksi bakteri. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga kondisi kesehatannya.

Tips Menjaga Kesehatan Miss V Secara Alami

Ada banyak cara mudah untuk menjaga kesehatan miss V secara alami dan dapat kamu lakukan sehari-hari. Berikut adalah tips menjaga kesehatan miss V secara alami yang telah di kemas oleh tim tips-cewek.com

1. Bersihkan miss V sampai tuntas

Syarat utama untuk menjaga kesehatan organ intim cewek adalah biasakan membersihkan miss V sampai benar-benar bersih. Kamu juga harus memperhatikan cara membersihkan miss V yang benar, yaitu bersihkan dari arah depan ke arah belakang, agar kontaminasi bakteri jahat dari anus tidak sampai ke miss V.

Setelah kondisi miss V sudah benar-benar bersih, segera keringkan dengan menggunakan tissue yang tidak mudah sobek dan steril atau kain yang kering. Sewaktu mengeringkan, usahakan juga arah gerakannya dari depan ke belakang.

2. Jangan biarkan lembab

Sebelum mengenakan celana dalam, pastikan kondisi miss V sudah benar-benar kering, karena jika kamu mengenakan underwear dalam keadaan miss V basah, maka kelembaban akan tertahan dalam waktu yang lebih lama dan dapat meningkatkan resiko terkena serangan jamur kulit.

3. Ganti celana dalam secara rutin

Gantilah celana dalam minimal 2 kali sehari – misalnya pada saat kamu selesai mandi pagi dan mandi sore. Hal ini penting karena celana dalam yang terlalu lama dipakai akan menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur jahat yang dapat memunculkan rasa gatal-gatal di miss V.

Selain itu, pilihlah CD yang memiliki bahan kain yang baik, seperti kain katun. Hindari penggunaan celana dalam yang terbuat dari kain polyester atau nilon, karena bahan-bahan pakaian seperti ini tidak dapat menyerap kelembaban atau keringat dengan sempurna.

Untuk mencegah terjadinya iritasi, hindari juga celana dalam yang memiliki renda atau sudut-sudut jahitan yang tajam.

4. Pantyliner atau pembalut

Jika kamu menggunakan pantyliner atau sedang mengalami menstruasi, sebaiknya kamu mengganti pantyliner atau pembalut yang kamu gunakan setiap 3 atau 4 jam sekali. Jika kamu sedang berada dalam kondisi menstruasi yang banyak, sangat disarankan untuk mengganti pembalut setiap 2 jam sekali.

Pantyliner atau pembalut juga merupakan media yang sangat mendukung perkembangbiakan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan permasalahan pada area kewanitaan.

5. Gunakan sabun yang tepat

Hindari sabun kewanitaan yang memiliki wewangian atau deterjen, karena dapat membunuh bakteri baik dan dapat menyebabkan keputihan. Gunakan sabun organ kewanitaan yang lembut, memiliki pH atau kadar keasaman yang tepat, dan terbuat dari bahan-bahan alami seperti susu, ekstrak daun sirih, dan sebagainya.

pH area kewanitaan memiliki nilai yang mengarah ke sifat asam, sedangkan sabun-sabun mandi memiliki pH yang bersifat basa. Oleh sebab itu, jangan pernah menggunakan sabun mandi untuk membersihkan miss V, sebab dapat membunuh flora alami yang menjaga keseimbangan ekosistem di area miss V.

Demikian kompilasi tips menjaga kesehatan miss V secara alami dan mudah serta dapat kamu lakukan setiap hari. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa klik like/share ya!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


26 thoughts on “Tips Menjaga Kesehatan Miss V Secara Alami

    1. Hai Sari, sabun biasanya bersifat basa, yang netral itu adalah air murni. Oleh karena itu, silakan menggunakan sabun pembersih miss V, tapi jangan di gunakan tiap hari.

  1. Mau tanya saya akhir akhir ini menstruasi sebulan 2x dan perutnya nyeri
    Itu disebabkan karena apa? Apakah berbahaya?

    1. menstruasi biasanya memang di sertai dengan rasa nyeri yang berbeda intensitasnya untuk tiap cewek. ada yg nyeri ringan, bahkan ada yang nyeri hebat (kadang bisa bikin pingsan). nah, kalo githa ngerasa nggak nyaman dengan nyeri dan periode menstruasinya, segeralah konsultasi dengan dokter agar dokter bisa melakukan observasi dan memberikan pengobatan yang tepat.

  2. Sya sudah hampir satu tahun ini mengalami keputihan yg bentuknya zeperti tepung yg di basahi air’ dan menempel di bagian vagina saya zehingga menyebabkan gatal tp tidak bau.kira2 obatx apa ya…zoalx zy sudah pakai berbgai mcam obay tp tdk zembuh.mohon penjelazanxa.mksij

    1. hai Grezya, tiap cewek beda-beda kalo urusan keputihan dari segi jumlah dan konsistensi nya. gatal bisa di sebabkan karena kelembaban yang tinggi, sehingga bikin vagina terasa kurang nyaman. saran kakak, segeralah konsultasikan ke spesialis kulit dan kelamin agar dapat di diagnosis dan mendapatkan perawatan yang tepat. jangan malu untuk berkonsultasi, ajaklah ortu / suami saat konsultasi. :)

    1. hai Alfi, coba deh konsultasikan ke dokter, karena gatal di area miss V bisa di sebabkan banyak hal, dan dokter biasanya bisa mendiagnosa dan memberikan pengobatan yang tepat.

    1. hai Suci, yang namanya arousal (pelumasan miss V pada saat akan intim) di pengaruhi oleh banyak hal, misalnya keadaan hormonal tubuh, mood, stress, kondisi fisik, dan sebagainya. saran admin, persiapkan diri pada saat akan intim, dan lakukan foreplay agak lamaan sampai bener-bener si miss v siap. jangan memaksa penetrasi kalo pelumasannya kurang, karena bisa bikin kamu jadi nggak nyaman. :)

  3. Mau nanya, ada rekomendasi sabun khusus daerah kewanitaan yang bagus ga min? Soalnya kadang sy merasa daerah miss v sy agak gatal2 dan muncul sedikit keputihan.

    1. kak admin nggak bisa kasih rekomendasi, karena sabun kewanitaan juga nggak ideal di gunakan setiap hari. Kalo memang mau pake, carilah yang pH atau keasamannya netral dan terbuat dari bahan alami.

    2. Mba, gunakan sabun sirih yg prosesnya rebusannya dg air kangen. Saya sudah pake dari Feminim Care Batrisyia. Saya juga mengalami hal yg sama seperti gatal2 dan alhamdulillah gak lg skrg.

  4. Rebusan daun sirih itu baik atau tidak jika digunakan untuk membasuh miss v setiap hari? Dan apakah benar jika meminum jamu daun sirih akan mengeringkan rahim?

    1. hai isty, nggak disarankan untuk membasuh miss V dengan sabun atau rebusan daun sirih tiap hari. Lakukan hal tersebut hanya 2-3 kali seminggu.

    1. Halo Rizti! Banyak yang berasumsi bahwa organ intim aman di bersihkan dengan menggunakan sabun bayi (karena sifatnya yang “mild”), akan tetapi secara alami organ intim memiliki mekanisme sendiri untuk membersihkan dirinya sendiri. Kalo pun mau di bersihkan, gunakanlah sabun khusus yang PH (keasamannya) aman untuk daerah V.

    1. hai Sary. Jangan lakukan yg demikian, karena rahim dan vagina memiliki mekanisme alami untuk membersihkan dirinya sendiri. cukup bersihkan bagian luarnya ya.. :)

  5. beberapa hari ini saya mengalami keputihan yang banyak, sampai basah di cd seperti haid, apakah ini efek dari saya makan mentimun dan bagaimana cara mengatasi keputihan

    1. timun nggak ada hubungannya kok dengan keputihan. kalo memang keputihannya di rasakan mengganggu, coba deh konsultasikan ke dokter. demikian saran dari admin. :)

  6. Saya kmren periksa k dokter,katanya saya mengalami infeksi rahim krn trllu bnyk bkteri..sya sdah brobat tp smpai skrg msh blm ad perubahan..sudah 1 thn sya menikah tp blm juga bisa hamil…apakah itu pengaruh ny.dan bagaimana cara mengobatinya…spya sy tdk kpthn truz n bisa cepat hamil..

    1. Daerah kewanitaan memang peka dengan peradangan atau infeksi yang disebabkan oleh mikro organisme tertentu. Silakan konsultasikan kembali ke spesialis kandungan terdekat agar bisa di lakukan diagnosa dan pengobatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *