Tips Mencukur Bulu atau Rambut Halus

dalam Kecantikan

Girls, seiring dengan memasuki usia pubertas sebagian besar dari kita akan di hadapkan dengan kenyataan bahwa akan ada banyak rambut halus atau bulu yang tumbuh di beberapa bagian tubuh seperti pada bagian kaki, lipatan ketiak, dan pada area pribadi kamu.

Tips Mencukur Bulu atau Rambut Halusimage via youbeauty.com

Tumbuhnya bulu atau rambut halus tersebut adalah hal yang sangat wajar, karena pada periode pubertas tubuh kita akan memproduksi hormon androgen dalam jumlah yang lebih banyak. Si hormon androgen inilah yang memiliki andil besar dalam hal tumbuhnya bulu atau rambut halus pada beberapa bagian tubuh kita sebagaimana yang telah di jelaskan pada bagian awal artikel ini.

Nah, ada beberapa cewek yang merasa kurang nyaman dengan tumbuhnya bulu atau rambut halus tersebut, dan akhirnya melakukan shaving (bercukur) atau mencabut untuk membasmi bulu-bulu tersebut. Oleh sebab itu, dalam ulasan ringkas kali ini, tim tips-cewek.com akan memberikan beberapa tips khusus untuk mencukur bulu atau rambut halus di badan kamu, lets check this out!

Kapan harus bercukur?

Tidak ada ketentuan waktu kapan kita harus melakukan shaving atau mencukur rambut / bulu halus di badan. Shaving dapat kamu lakukan jika kamu merasa bahwa keberadaan bulu atau rambut halus sudah mulai mengganggu atau terasa panjang.

Pisau cukur untuk mencukur bulu

Ada dua jenis pisau cukur yang dapat kamu gunakan untuk membasmi bulu atau rambut halus di tubuh, yaitu pisau cukur elektrik atau pisau cukur non-elektrik atau manual (disposable razor). Kedua jenis pisau cukur ini dapat kamu beli di apotik atau supermarket terdekat dari rumah kamu.

Sebagian besar cewek merasa kurang nyaman menggunakan pisau cukur elektrik, karena pisau cukur jenis ini harus di re-charge jika baterenya habis. Selain itu, pisau cukur elektrik juga memiliki ukuran dan berat yang lebih besar jika di bandingkan dengan pisau cukur manual.

Di Indonesia sendiri, pisau cukur manual adalah pisau cukur yang paling umum digunakan oleh cewek, karena ukurannya yang ringkas, mudah di simpan, serta memiliki harga yang relatif murah. Jika sudah tidak kurang tajam, pisau cukur non-elektrik dapat dengan aman di buang ke tempat sampah.

Jika kamu menggunakan pisau cukur manual untuk mencukur bulu atau rambut halus, ada baiknya kamu mengaplikasikan gel atau krim khusus bercukur pada permukaan kulit yang akan kamu cukur, agar saat kamu melakukan pencukuran tidak terjadi luka.

Sponsors


Hindari menggunakan krim/gel cukur yang mengandung alkohol karena bahan ini dapat menyebabkan iritasi yang menimbulkan rasa agak perih atau gatal setelah bercukur.

Tips mencukur bulu atau rambut untuk cewek

  • Bersihkan area badan yang akan di cukur dengan menggunakan air hangat dan sabun beberapa menit sebelum kamu bercukur. Tujuannya adalah agar rambut atau bulu akan lebih mudah untuk di cukur.
  • Selama proses bercukur, gunakanlah air hangat untuk membersihkan bagian badan yang dicukur.
  • Cukurlah rambut halus atau bulu di permukaan tubuh searah dengan arah tumbuhnya rambut/bulu agar proses pencukuran tidak terasa sakit dan mencegah terjadinya iritasi.
  • Saat bercukur, jangan terburu-buru dan lakukanlah secara perlahan-lahan.
  • Hati-hati pada saat mencukur pada bagian tubuh yang memiliki lipatan karena area-area lipatan tubuh lebih mudah terluka pada saat di cukur.
  • Setelah selesai bercukur, cuci bersih permukaan kulit dan aplikasikan krim pelembab untuk menjaga kelembaban kulit.
  • Gantilah pisau cukur secara teratur dan hindari pemakaian pisau cukur yang tumpul.

Bagaimana dengan bulu pada bagian pribadi?

Bulu atau rambut yang tumbuh pada bagian intim sangat tidak di rekomendasikan untuk di cukur menggunakan pisau cukur, karena area intim cewek memiliki lekukan atau lipatan yang sensitif dan mudah terluka oleh tajamnya pisau cukur.

Gunakanlah krim perontok rambut (depilatori) yang dapat di beli di apotek-apotek terdekat. Untuk membasmi bulu atau rambut halus pada bagian intim, aplikasikan krim perontok rambut secara merata pada bagian tersebut. Biarkan beberapa saat, kemudian gunakan spatula yang biasanya ada dalam paket kemasan produk untuk mengangkat bulu/rambut halus, dan bersihkan dengan air hangat.

Oiya, ada beberapa cewek yang alergi dengan bahan kimia krim perontok bulu atau rambut sejenis ini. Oleh sebab itu, pada pertama kali pemakaian ada baiknya kamu melakukan tes sederhana, dengan mengaplikasikannya pada bagian tubuh yang lain.

Kalau pun kamu harus menggunakan pisau cukur manual untuk mencukur rambut / bulu di area ini, ada baiknya kamu melakukannya dengan ekstra hati-hati agar tidak melukai kulit.

Oke girls! Demikian sedikit ulasan tentang cara atau tips mencukur bulu atau rambut halus yang tumbuh di badan cewek puber. Semoga bermanfaat ya!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini. Fyi, artikel ini sudah di baca 2.416 kali.

Sponsors


Tags: #kecantikan

7 Tips Merawat Kecantikan Wajah dan Tubuh Secara Alami
7 Tips Merawat Kecantikan Wajah dan Tubuh Secara Alami
Ada beberapa tips merawat kecantikan wajah dan....
Girls Secret: 6 Cara Agar Wangi Parfum Bisa Tahan Lama
Girls Secret: 6 Cara Agar Wangi Parfum Bisa Tahan Lama
Cewek identik dengan yang namanya wangi dan....
Cara Agar Bulu Ketiak Tidak Tumbuh Lagi
Cara Agar Bulu Ketiak Tidak Tumbuh Lagi
Secara teknis, bulu atau rambut di permukaan....
5 Tips Make Up Untuk ke Sekolah atau Kampus
5 Tips Make Up Untuk ke Sekolah atau Kampus
Selain tempat terbaik untuk menimba ilmu, lingkungan....

Beri komentar "Tips Mencukur Bulu atau Rambut Halus"


Top