Tips Mengatasi Rasa Mengantuk Saat Berpuasa

Girls, bulan Ramadhan udah deket nih! Jadi ada baiknya kamu prepare atau mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut bulan suci ini. Salah satunya adalah mempersiapkan kesehatan dan vitalitas agar kamu bisa lancar dalam melaksanakan puasa tahun ini.

Tips Mengatasi Rasa Mengantuk Saat Berpuasaimage via sunsigns.org

Salah satu problem terbesar yang terjadi selama berpuasa adalah rasa mengantuk yang berlebihan pada siang hari. Rasa mengantuk ini terkadang bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari terutama pada kegiatan belajar di sekolah atau kampus. Rasa mengantuk dapat menurunkan konsentrasi kita pada saat belajar.

Nah, oleh karena itu, dalam ulasan singkat kali ini, tim redaksi tips-cewek.com akan menjelaskan tips mengatasi rasa mengantuk saat berpuasa agar aktivitas kamu di siang hari tidak terganggu. Let’s check it out!

#1. Tidur yang cukup

Tidur adalah hal penting dalam silus kehidupan setiap manusia, karena selama kita tidur proses regenerasi sel akan berlangsung lebih cepat. Selain itu, dalam kondisi tidur hampir seluruh otot di tubuh akan di istirahatkan secara total, termasuk aktivitas otak. Hal ini penting, karena tanpa adanya istirahat atau tidur maka tubuh akan menjadi kelelahan dan sulit bagi kita untuk menjadi fokus dalam berpikir.

Usahakan agar porsi tidur kamu selalu dalam jumlah yang cukup saat kamu sedang berpuasa. Usahakan tidur minimal selama 5 jam setiap harinya. Untuk menyiasati hal ini, ada baiknya kamu segera beristirahat atau tidur selepas selesai sholat tarawih. Dengan demikian, kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk tidur sebelum bangun kembali untuk melakukan makan sahur.

#2. Hindari aktivitas berat

Tips kedua untuk mengatasi rasa mengantuk pada saat berpuasa adalah hindari melakukan aktivitas yang berat atau berlebihan.

Puasa pada prinsipnya tidak membatasi kita untuk melakukan kegiatan atau aktivitas produktif. Yang harus di hindari selama berpuasa adalah melakukan aktivitas berlebihan atau aktivitas yang terlalu berat, karena dapat menyebabkan terjadinya kelelahan tubuh.

Saat tubuh mengalami kelelahan, otak akan mengirim sinyal-sinyal tertentu untuk mengatasi rasa kelelahan tersebut, salah satunya adalah rasa mengantuk. Karena tidur pada prinsipnya adalah cara yang paling efisien bagi tubuh untuk mengatasi rasa lelah.

Aktivitas yang berat juga dapat mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi, sehingga kamu akan merasakan rasa haus yang berlebihan.

#3. Asupan makanan seimbang

Asupan makanan dengan gizi seimbang secara ilmiah terbukti dapat membantu tubuh agar dapat beraktivitas secara optimal. Oleh karena itu, penting buat kamu untuk mengkonsumsi makanan dengan jumlah seimbang dan bergizi tinggi untuk mencegah munculnya rasa mengantuk pada saat kamu beraktivitas di siang hari selama puasa.

Saat berbuka puasa. usahakanlah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan sebagainya, agar tubuh kamu bisa tetap dalam kondisi yang prima.

#4. Jangan tidur setelah sholat subuh

Bagi sebagian orang, tidur setelah makan sahur dan sholat subuh adalah hal yang wajar. Namun ada baiknya kamu menghindari kebiasaan tidur setelah sahur dan sholat subuh, karena pada saat kamu makan sahur, tubuh sudah memulai proses metabolisme secara maksimal.

Saat kamu tertidur lagi, proses metabolisme tubuh akan menurun intensitasnya. Dalam kondisi seperti ini, tubuh kamu akan menjadi sulit untuk mencapai metabolisme yang maksimal setelah kamu terbangun untuk kedua kalinya.

#5. Tidur siang

Jika memungkinkan, lakukanlah tidur siang selama 30 – 45 menit saat kamu berpuasa. Tujuannya agar tubuh bisa mendapatkan waktu istirahat tambahan di siang hari. Jangan tidur siang terlalu lama, karena bisa mengurangi pahala puasa… hehehe ^^

Demikian beberapa tips untuk mengatasi rasa mengantuk saat berpuasa. Semoga bisa bermanfaat buat kamu, dan jangan lupa like/share ya!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *