Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur

dalam Kesehatan

Telur, terutama telur ayam dan telur bebek adalah salah satu bahan pokok kebutuhan sehari-hari yang sangat mudah untuk di beli. Biasanya telur akan diolah atau dimasak terlebih dahulu sebelum kita konsumsi – entah di buat telur dadar, telur ceplok, dan sebagainya. Selain itu, ada pula yang mengkonsumsinya dalam bentuk setengah matang.

Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur image via wonderhowto.com

Namun tahukah kamu, bahwa ada manfaat dan bahaya tertentu jika kita mengkonsumsi kuning telur? Mau tahu apa manfaat dan bahaya mengkonsumsi kuning telur? Mari kita ikuti ulasannya berikut ini!

Manfaat Mengkonsumsi Kuning Telur

#1. Meningkatkan kinerja otak

Di dalam telur terdapat banyak kandungan asam amino, DHA, dan klorin. Kombinasi dari asam amino dan mineral ini dapat membantu tubuh untuk melakukan regenerasi sel-sel syaraf dengan lebih baik dan efisien. Sebagai mana yang kita ketahui bahwa otak terbentuk dari milyaran sel, dan sebagiannya merupakan sel syaraf.

Oleh sebab itu, konsumsi kuning telur dapat memberikan asupan gizi untuk regenerasi sel-sel syaraf.

#2. Menguatkan tulang dan gigi

Di dalam kuning telur terdapat kandungan A, D, E, K, dan B6 (vitamin yang larut dalam lemak) dalam jumlah yang cukup besar. Vitamin-vitamin tersebut dapat membantu untuk menguatkan struktur pada tulang dan gigi. Hal ini sangat bermanfaat terutama untuk ibu-ibu yang sedang hamil, menyusui, atau pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

#3. Meningkatkan stamina

Riset yang di lakukan oleh para ahli kesehatan menemukan fakta bahwa kolesterol yang terdapat dalam kuning telur adalah bahan dalam produksi hormon laki-laki (testosteron). Dengan demikian, konsumsi kuning telur dapat membantu laki-laki agar selalu memiliki vitalitas yang maksimal.

Sponsors


#4. Menunda lapar

Nutrisi pada putih telur dan kuning telur yang di dapat dari sebutir telur memiliki jumlah yang cukup besar, bahkan dapat menghasilkan rasa kenyang yang lebih baik daripada sepotong roti.

#5. Dapat di gunakan untuk kesehatan kulit

Kuning telur dapat di jadikan masker untuk merawat kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Vitamin E dan antioksidan yang terdapat dalam kuning telur dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel kulit, sekaligus membantu regenerasi sel-sel kulit yang sudah mati.

Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur

#1. Sangat tinggi kolesterol

Rata-rata kandungan kolesterol pada sebutir telur adalah sebanyak 180 sampai dengan 200 mg. Sedangkan jumlah kolesterol yang di butuhkan tubuh manusia per hari adalah sebesar 300 sampai dengan 350 mg per hari. Dengan data tersebut, maka dapat kita terik kesimpulan bahwa kebutuhan kolesterol tubuh dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi 2 butir telur per hari.

Jangan mengkonsumsi telur lebih dari jumlah tersebut diatas, karena kolesterol yang berlebihan dapat mengakibatkan gangguan fungsi tubuh, terutama pada sistem aliran darah.

#2. Konsumsi telur mentah

Banyak dari orang Indonesia yang sering mengkonsumsi telur yang masih mentah atau dalam kondisi setengah matang. Sebenarnya, konsumsi telur yang tidak matang dapat mengakibatkan bahaya bagi kesehatan, karena di dalam telur yang tidak matang bisa saja mengandung bakteri salmonella, toxoplasma, atau sitomegalovirus.

Simpulan

Kuning telur jika di konsumsi dalam jumlah tertentu dapat memberikan asupan gizi untuk tubuh. Namun, konsumsi telur dalam jumlah besar juga harus di hindari, karena beresiko untuk mengganggu kesehatan di waktu yang akan datang. Demikian sedikit ulasan tentang manfaat dan bahaya tertentu jika kita mengkonsumsi kuning telur. Jangan lupa share/like ya!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini. Fyi, artikel ini sudah di baca 69.212 kali.

Sponsors


Pencarian terkait:

manfaat kuning telur, manfaat telur bebek, manfaat kuning telur bebek, khasiat kuning telur, manfaat kuning telur mentah, kuning telur, manfaat kuning telor, Manfaat telur bebek mentah, khasiat kuning telur bebek, khasiat telur bebek mentah

Tags: #kesehatan

6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!
6 Tips Agar Cepat Datang Bulan Yang Wajib Kamu Ketahui!
Siklus haid biasanya berada di kisaran 28....
Tips Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin 100% Ampuh!
Tips Agar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Dijamin 100% Ampuh!
Jerawat terkadang memang bisa jadi masalah yang....
Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulan
Cara Agar Haid Teratur dan Lancar Setiap Bulan
Tiap cewek pasti ingin memiliki siklus haid....
Tips Agar Badan Gemuk Secara Natural dan Super Mudah
Tips Agar Badan Gemuk Secara Natural dan Super Mudah
Obesitas atau kegemukan adalah salah satu masalah....
  1. author

    PapaZola2 bulan yang lalu

    Trus hubungannya sama sendok apa

    Balasan
  2. author

    kaka sulung3 bulan yang lalu

    Apakah baik jika konsumsi telur mentah satu hari satu untuk kesehatan

    Balasan
  3. author

    Andri4 bulan yang lalu

    Saya lebih suka makan kuning telur ayam kampung yang mentah gpp tuh.?

    Balasan
    • author
      Penulis

      tcadmin4 bulan yang lalu

      telur ayam yg mentah kadang bisa tercemar dengan salmonela. jadi, idealnya sih makan telur dalam keadaan yg mateng. :)

      Balasan
  4. author

    Burhan4 bulan yang lalu

    Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Manfaat makan Telur untuk kesehatan berikut artikel yang terkait tersebut di
    MANFAAT TELUR UNTUK KESEHATAN TUBUH DAN KANDUNGANNYA

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja…kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    Balasan
  5. author

    Alexsia imma5 bulan yang lalu

    Kalo cewek minum kuning telur apakah boleh ?

    Balasan
    • author
      Penulis

      tcadmin5 bulan yang lalu

      boleh, tapi jangan di jadikan kebiasaan ya.

      Balasan
1 2

Beri komentar "Manfaat dan Bahaya Mengkonsumsi Kuning Telur"


Top