5 Cara Membangun Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri adalah persepsi positif yang berasal dari dalam diri sendiri dan memiliki peranan penting saat orang lain memberikan penilaian atas diri kita.

Sayangnya, ada banyak cewek yang kadang memiliki perasaan kurang percaya diri, sehingga mereka tidak dapat memberikan kesan terbaik pada saat bersosialisasi dengan orang lain, baik di lingkungan sekolah, lingkungan kampus, rumah, dan sebagainya.

5 Cara Membangun Rasa Percaya Diriimage via photostock.com

Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya rasa percaya diri dalam diri seorang cewek. Namun, sebenarnya ada cara-cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk memupuk dan membangun rasa percaya diri tersebut.

Berikut, adalah 5 strategi yang dapat membantu untuk memupuk atau membangun rasa percaya diri agar kamu bisa tampil dan memberikan kesan maksimal saat bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar kamu.

5 Cara Membangun Rasa Percaya Diri

1. Merubah cara berpakaian

Cara kita menerapkan grooming atau cara berpakaian sangat menentukan penilaian orang lain yang berinteraksi dengan kita. Saat kita terlihat kurang rapi atau kurang menarik, maka interaksi yang terjadi antara kita dengan orang lain akan menjadi kurang greget.

Berpakaian untuk bisa tampil percaya diri tidak harus dengan menggunakan pakaian yang modis atau bermerek. Kamu bisa melakukan padu padan pakaian yang kamu miliki agar bisa sesuai dengan postur tubuh dan make up yang kamu gunakan.

2. Berjalan lebih cepat

Lamban identik dengan sesuatu yang membosankan!

Orang-orang yang percaya diri selalu berjalan lebih cepat – 25% lebih cepat dari kecepatan berjalan orang biasa. Berjalan dengan lebih cepat memberikan efek energik.

3. Postur badan yang baik

Cara membangun rasa percaya diri selanjutnya adalah dengan membentuk postur badan yang baik, karena postur badan yang ideal kamu bisa tambil lebih percaya diri. Saat berinteraksi dengan orang lain, berdirilah badan dan kepala yang tegak serta lakukanlah kontak mata secara langsung.

4. Persiapan

Kita terkadang bisa merasa grogi atau kurang percaya diri pada saat harus tampil atau berbicara di hadapan banyak orang. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan persiapan yang matang untuk membangun rasa percaya diri.

Siapkanlah kalimat-kalimat yang akan kamu sampaikan saat akan tampil di hadapan banyak orang. Berlatihlah untuk menyampaikan kalimat-kalimat tersebut di depan cermin atau teman dekatmu, sampai kamu benar-benar merasa nyaman untuk menyampaikan materi tersebut kepada orang banyak.

5. Duduk paling depan

Kebanyakan orang akan duduk di barisan belakang di pertemuan resmi, saat belajar di dalam kelas, atau saat meeting di kantor. Alasan mereka duduk di barisan belakang, biasanya adalah perasaan takut untuk di perhatikan atau tampil di depan.

Perasaan seperti ini adalah perasaan yang dapat menimbulkan ketidakpercayaan diri. Oleh karena itu, biasakan untuk duduk di barisan terdepan agar kamu bisa mengalahkan rasa tidak percaya diri itu!

Advertisement

2 Komentar

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*