Wow, Ini Dia 7 Hobi Yang Bisa Membuat Otak Kamu Cerdas!

Kemampuan otak dalam memproses informasi dan mengolah data akan terus tergerus seiring dengan bertambahnya usia. Gejala menurunnya kemampuan otak biasanya di tandai dengan berbagai macam hal, di antaranya adalah hilangnya kemampuan otak untuk mengingat memori jangka pendek.

Wow, Ini Dia 7 Hobi Yang Bisa Membuat Otak Kamu Cerdas!image via stupiddope.com

Tapi jangan khawatir, riset para pakar neuroscience menunjukkan bahwa beberapa hobi dapat menghambat menurunnya kemampuan otak ini, bahkan hobi-hobi tersebut juga dapat secara signifikan mengimprovisasi kemampuan otak untuk menyerap dan mengolah data dengan lebih efisien.

Dengan bahasa yang lebih sederhana, hobi-hobi berikut ini bisa membuat otak kamu lebih cerdas dan cemerlang dalam berpikir. Mau tahu apa saja hobi yang bisa membuat otak kita cerdas? Lets check this out!

7 Hobi Yang Bisa Membuat Otak Kamu Cerdas

#1. Membaca

Yup, membaca adalah sebuah aktivtas yang sangat mudah di lakukan oleh siapa saja. Namun siapa sangka, kebiasaan membaca dapat memberikan dampak yang luar biasa untuk otak.

Saat membaca, kita akan menyerap informasi-informasi baru. Dan ajaibnya, proses penyerapan informasi ini akan membantu terbentuknya sel-sel otak yang baru. Membaca juga memberikan stimulasi ke bagian-bagian otak yang bertugas untuk melakukan problem-solving, interpretasi terhadap obyek, membentuk imajinasi, dan sebagainya.

Para peneliti syaraf juga menemukan fakta bahwa kebiasaan membaca juga akan mengimprovisasi memori otak untuk menyimpan data.

Oleh sebab itu, hobi membaca bisa membuat otak kamu lebih cerdas sekaligus memperbaiki daya ingat.

#2. Belajar main alat musik

Studi dari para ahli syaraf menunjukkan bahwa saat anak-anak mempelajari untuk memainkan alat musik, maka otak kiri dan kanan mereka akan terstimulasi secara bersamaan.

Hal ini akan menambah kemampuan kognitif mereka secara signifikan. Selain itu para ahli syaraf juga meyakini bahwa anak-anak yang belajar menggunakan alat musik akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk urusan perhitungan linear (seperti algoritma dan perhitungan pembagian angka) dan pemecahan masalah matematis.

Belakangan, para ilmuwan dan ahli syaraf menemukan fakta baru bahwa hal yang sama juga bisa terjadi pada orang dewasa jika mereka mempelajari alat musik.

#3. Berolahraga secara teratur

Riset membuktikan bawah orang-orang yang berolahraga secara teratur memiliki kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus secara lebih baik jika di bandingkan dengan orang-orang yang jarang olahraga.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Setiap kita melakukan olahraga, maka tubuh akan lebih aktif dalam memproduksi brain-derived neurothropic factor (BDNF). BDNF adalah protein yang terbentuk di dalam darah. Saat darah mengalir ke dalam otak, protein ini akan di serap oleh sel-sel otak, terutama sel-sel otak yang bertugas untuk menyimpan memori dan fokus.

Dengan demikian, olahraga juga merupakan hobi yang bisa membuat kamu lebih cerdas dan lebih fokus pada saat belajar atau beraktivitas.

#4. Mempelajari bahasa asing

Beberapa bagian otak memiliki tugas untuk mendengarkan, mengartikan dan merespon suara dan kalimat. Riset membuktikan bahwa bagian-bagian otak yang bertugas untuk mengolah informasi suara dan kalimat memiliki kemampuan yang lebih baik jika seseorang mampu mengerti dan menguasai bahasa asing.

#5. Mendalami cumulative learning

Cumulative learning adalah proses belajar yang di lakukan tahap demi tahap dan memiliki kesulitan yang terus bertambah. Salah satu contoh cumulative learning adalah mata pelajaran matematika.

Pada saat kecil, kita akan di ajarkan perhitungan-perhitungan matematika yang sederhana, kemudian akan di ajarkan perhitungan-perhitungan yang lebih kompleks dan rumit, seperti aljabar, trigonometri, algoritma, dan seterusnya seiring dengan bertambahnya jenjang pendidikan.

Para ilmuwan sangat merekomendasikan kita untuk meneruskan cumulative learning karena dapat mempertajam ingatan, dan mengasah kemampuan otak untuk melakukan pemecahan masalah.

#6. Bermain game dan puzzle

Bermain game dan puzzle juga memberikan dampak yang baik untuk otak, karena permainan bisa memacu otak untuk terus berpikir. Proses berpikir ini akan membuat sel-sel otak saling terhubung satu sama lain.

Permainan yang baik untuk menstimulasi otak antara lain adalah catur, teka-teki silang, menyusun puzzle atau memainkan game arcade / strategi di komputer atau gadget kesayangan kamu.

#7. Meditasi

Meditasi juga merupakan hobi yang bisa membuat otak kamu lebih cerdas, karena meditasi dapat menstimulasi kemampuan otak untuk menjadi lebih mudah berkonsentrasi atau fokus pada pelajaran.

Well, girls! Kira-kira hobi yang mana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *