7 Tips Agar Hubungan Kamu Langgeng dan Menyenangkan

Salah satu hal yang sulit untuk di lakukan pada saat kamu terikat dalam sebuah hubungan yang serius adalah cara agar kamu bisa mempertahankan hubungan tersebut dalam kondisi yang akur dan langgeng.

Berikut ini adalah 7 tips agar hubungan kamu langgeng dan menyenangkan yang di rangkum oleh redaksi tips-cewek.com

7 Tips Agar Hubungan Kamu Langgeng dan Menyenangkanimage via sarasnow.com

7 Tips Agar Hubungan Kamu Langgeng dan Menyenangkan

#1. Sadari bahwa hubungan tidak pernah selalu berjalan mulus

Saat kamu menjalani komitmen yang serius, kamu harus sadar bahwa dalam hubunganmu tidak selamanya akan berjalan mulus. Pasti ada masalah yang akan muncul dan menjadi tantangan dalam komitmen yang sedang kamu jalankan.

Kamu harus siap untuk berbagai masalah yang akan muncul tersebut…

#2. Gunakan kata “kita”

Tips agar hubungan kamu langgeng dan menyenangkan selanjutnya adalah sering-seringlah menggunakan kata “kita” saat berkomunikasi.

Ada hal yang menarik yang di temukan oleh Tamar Chansky, Ph.D, seorang psikolog kenamaan dari University of California.

Dari riset yang dilakukan Chansky selama bertahun-tahun, dia menyimpulkan bahwa pasangan yang banyak menggunakan kata “kita” dalam berkomunikasi satu sama lain, memiliki kecenderungan untuk menjadi lebih bahagia, lebih tenang dan lebih gembira dalam menjalani hubungan.

Oleh karenanya, mulai sekarang hindari penggunaan kata “elu” dan “gue” dan perbanyaklah menggunakan kata “kita” saat menjalin komunikasi dengan si dia, baik pada komunikasi verbal (berbicara langsung atau bicara via telepon) atau komunikasi non-verbal (seperti pada SMS atau messenger).

#3 Saling berkompromi

Hubungan yang dekat bukanlah sebuah hubungan yang searah. Harus ada kompromi dan take-and-give yang terbangun seimbang di antara kamu dan si dia.

Sebagian cewek memiliki anggapan bahwa saat mereka menjalin hubungan serius, maka segala apa yang mereka inginkan dapat selalu di penuhi oleh pihak cowok. Sifat seperti ini harus di jauhi, karena dapat melahirkan hubungan yang tidak balance, dan ujung-ujungnya akan memunculkan perasaan tidak harmonis.

Ingat, penting bagi kita agar bisa saling berkompromi agar hubungan hubungan kamu langgeng dan selalu menyenangkan.

#4. Lakukan hal-hal yang menyenangkan

Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan bersama pasangan kamu, misalnya jogging bersama, memasak bersama, bersepeda bersama, dan aktivitas lainnya yang melibatkan kamu dan si dia.

Aktivitas seperti ini dapat menjadi media komunikasi yang lebih intensif serta menjadi quality time antara kamu dengan si dia. Dengan demikian kamu dan dia bisa lebih semakin dekat dan mengerti satu sama lain.

#5. Memaafkan

Kehidupan tidak selamanya berjalan mulus. Dalam kondisi seperti ini, terkadang bisa membuat pasangan kita salah dalam membuat keputusan.

Tidak jarang, kesalahan yang mereka lakukan bisa bertentangan dengan hubungan serius yang sedang kita jalani, dan bahkan bisa menyakiti perasaan kita sebagai cewek.

Oleh karenanya, belajarlah untuk saling memaafkan satu sama lain selama kesalahan yang di lakukan oleh si dia masih bisa di toleransi dan dalam konteks wajar.

#6. Jangan lupa memberikan perhatian

Relationship atau hubungan serius (baik untuk yang masih tahap PDKT atau yang sudah menikah) adalah hal yang kompleks dan rapuh.

Saat kamu kurang memberikan perhatian kepada pasangan, maka secara tidak langsung kamu telah menjadikan hubungan yang sedang bina menjadi semakin rapuh.

Sebaliknya, jika kamu memperhatikan pasangan secara berlebihan, maka besar kemungkinan si dia akan menjadi tidak comfortable dengan kehadiran kamu.

Karenanya, berikan pasangan kamu perhatian dalam takaran yang pas… tidak kurang, dan tidak lebih.

#7. Why so serious?

Salah satu faktor yang paling banyak menyebabkan kegagalan, rasa hambar dan nggak asik dalam sebuah relationship adalah kebosanan.

Faktor kebosanan bisa muncul karena kita menganggap hal-hal yang kita lakukan untuk membina hubungan dekat adalah hal-hal yang serius.

Padahal sebaliknya, hal-hal yang kita lakukan untuk membina hubungan dekat haruslah sesuatu yang bersifat menyenangkan untuk kita dan pasangan kita.

Belajarlah untuk saling berbagi tawa dan canda di berbagai kesempatan. Jadikan hubungan yang kita jalin sebagai hubungan yang playful, menggembirakan dan bisa membuat kita senang.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


13 thoughts on “7 Tips Agar Hubungan Kamu Langgeng dan Menyenangkan

  1. Hy kak. Gini kak hbungan sya dengan pacar berjalan baru 6bulan dia janji tahun ini mau melamar, tapi janji dia yang dulu gak dtepati dan janjian ngajak main pun dia yang membatalkan banyak alasan.apa dia srius dengan sy atau cuma main-main. Trimakasih

    1. hai Dera yang baik, cowok yang serius sudah pasti akan berusaha memberikan yg terbaik untuk orang-orang yang mereka sayangi, salah satunya adalah dengan cara menepati janji. kalo ingkar janji sekali atau dua kali dengan alasan yang jelas sih bisa ditoleransi. tapi kalo kebanyakan alesan, kamu sebaiknya tetep aware deh. :)

  2. Kak,kalo cowo kita bahas masa lalu kita terus gimana?aku gasuka kalo dia bahas2 masa lalu aku,aku udh coba buat ingetin dia tapi nayatanya dia selalu berulang2 ngebahas itu,menurut dia itu tanda kasih sayangnya, bukannya kasih sayang itu dilakuin dengan hati ikhlas?
    Makasih

    1. ini sih tipikal cowok yang sulit untuk memaafkan, jadi kalo ada salah langsung deh dia sewot dan ngebahas yang lewat-lewat. beri dia penjelasan agar bisa menjadi lebih bijaksana dan obyektif.

  3. Saya pacaran udah mau setahun,tapi dari 6-9bulan,dan udah ada komitmen gitu, cowok saya suka kali bawa bawa hubungan kalo lagi berantam,dan dia jadi suka marah marah gak jelas,tapi kalo lagi baik dia nampakkan kali sayangnya,dan bilang minta maaf sama perbuatannya yang tadi,tapi dia suka berubah ubah,sebenarnya dia masih sayang atau enggak sih??

  4. Pacaranya aku udah jalan 1 tahun tapi biasa aja rasanya tuh biasa gak ada romantisnya trus juga kalo ktemu cuma diem

    1. relationship yang kelamaan kadang akan mendekati titik jenuh. cobalah untuk saling menikmati suasana baru, misalnya ikut outbound, jogging bareng, bersepeda bareng, dsb. pokoknya aktivitas di luar rumah yang bikin asik.. :)

  5. Kak gimna dengan hubungan saya. Saya sudah 3 tahun paacaran sama pacar sya. Kita pacran nya LDran, tapi belakangan tahun ini kita sering brantem masalah sapele. Dan saya sellu buat dia kesal dan marah. Saya takut dengan sikap labil sya ini buat dia ke lain hati. Tolong kak bntuin saya gmna cara sya hadapi sikap labil saya

  6. mbak gmna soal hubunganhubungan saya, saya pnya pacar anak sukabumi.pacaran baru mau sebulan.prtma pacaran dya ngajakin seriusan n pgen ngenalin kluarga sya, apa dya benar”serius atau enggak mbak, makasih atas info nya.. :)

    1. saat dia menyatakan akan memperkenalkan keluarga masing-masing, dari situ sebenernya udah kelihatan dia punya niatan baik. saran admin, silakan di follow up, dan kalo emang sama-sama cocok bisa aja lanjut ke jenjang yg selanjutnya. oh ya, jangan lupa jalani hubungan dengan bertanggung jawab, dan jauhi hal-hal yang bisa merugikan diri kamu sendiri. sukses selalu buat Dian! :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *