Kenali 10 Ciri Cowok Posesif dan Pencemburu

Sifat pencemburu dan posesif pada awalnya dapat terasa sebagai hal yang wajar dan sering sekali kita tidak menyadarinya bahayanya. Sifat posesif dan pencemburu biasanya akan membuat hubungan menjadi rapuh dan bahkan bisa menyakiti perasaan kamu sebagai seorang cewek.

Kenali 10 Ciri Cowok Posesif dan Pencemburu

image via popsugar.com

Hubungan antara rasa cemburu dan rasa posesif

Cemburu dan posesif dapat di ibaratkan sebagai dua sisi pada uang koin. Keduanya terkait sangat dekat.

Saat seorang cowok merasa cemburu, maka dia akan merasa berada dalam kondisi yang insecure dan tidak nyaman. Dalam kondisi insecure seperti ini, biasanya sifat posesif dan egoistis akan muncul.

Setiap kali si cowok bertindak posesif kepada kamu baik secara verbal atau non-verbal, dan kamu nya mengiyakan saja, maka semakin besar perasaan si cowok bahwa dialah yang mengendalikan dan menguasai hubungan kalian berdua.

Disinilah cewek biasanya akan menjadi “korban” yang harus menanggung beban, terutama beban mental karena semua gerak-gerik kamu akan di batasi oleh cowok posesif.

Sifat cemburu dan posesif ini hanya dapat di hentikan oleh si cowok itu sendiri. Sayangnya, sangat sulit untuk menghilangkan sifat ini, meskipun kamu sudah habis-habisan memberikan pengertian kepada si cowok.

Oleh sebab itu, mari kenali 10 ciri cowok posesif dan pencemburu yang akan di jelaskan berikut ini, agar kamu bisa terhindar dari sikap berlebihan mereka.

Kenali 10 Ciri Cowok Posesif dan Pencemburu

#1. Mereka tidak menghargai keputusan kamu

Salah satu ciri cowok posesif dan pencemburu adalah mereka memiliki kecenderungan untuk ikut mencampuri urusan kamu terutama pada saat kamu harus mengambil keputusan.

Cowok posesif dan pencemburu juga cenderung akan memaksakan kehendak mereka jika mereka tidak setuju dengan keputusan yang kamu buat.

#2. Selalu ada alasan 

Tiap kali mereka memaksakan kehendak, mereka akan berkilah bahwa apa yang mereka lakukan di dasari atas perasaan sayang dan care kepada kamu. Padahal sebaliknya, apa yang mereka paksakan adalah atas dasar ego mereka sendiri.

#3. Mereka sering menguntit

Salah satu ciri cowok posesif dan pencemburu adalah mereka sering sekali menguntit atau memata-matai aktivitas kamu tanpa kamu ketahui. Secara diam-diam cowok posesif akan mencoba memeriksa pesan singkat atau messenger di ponsel kamu.

Tidak jarang cowok posesif memaksakan kamu melakukan hal aneh saat kamu sedang tidak berada di dekat mereka, seperti meminta kamu mengirimkan foto tempat kamu sedang berada.

#4. Mereka membatasi kamu untuk melakukan hal baru

Jika cowok kamu sering melarang kamu untuk melakukan hal baru atau hal-hal menarik lainnya, maka bisa jadi cowok kamu adalah cowok posesif dan pencemburu.

Karena pada dasarnya cowok posesif dan pencemburu bisa bersikap over protective pada cewek mereka sendiri. Salah satu bentuk sikap over protective adalah mereka sangat jarang membiarkan kamu melakukan aktivitas baru tanpa sepengetahuan mereka.

#5. Tidak ada tempat untuk cowok lain

Ciri cowok posesif dan pencemburu yang paling jelas adalah mereka akan sangat marah jika mengetahui kamu memiliki hubungan dengan cowok lain, walau pun hanya sebatas SMS-an.

Bagi mereka tidak ada cowok yang pantas untuk mendekati kamu selain diri mereka sendiri.

#6. Mereka ingin tahu semua password kamu!

Well, karena perasaan ingin tahu yang berlebihan, maka tidak jarang jika cowok pencemburu dan posesif juga akan menanyakan password sosmed dan email kamu.

Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak dapat lagi menghargai privasi kamu dan menganggap apa yang kamu miliki sudah menjadi milik mereka juga.

#7. Wajib hukumnya untuk mengangkat panggilan telepon mereka

Marah saat kamu tidak mengangkat panggilan telepon juga merupakan salah satu ciri cowok posesif dan pencemburu.

Mereka tidak mau tahu alasan kamu tidak mengangkat panggilan telepon mereka meskipun kamu sebenarnya memang sedang dalam kondisi yang sangat sibuk saat di telepon.

#8. Mengendalikan aktivitas kamu

Cowok posesif dan pencemburu biasanya juga akan membatasi aktivitas sosial cewek pasangan mereka. Pokoknya, kamu akan di buat agar selalu meminta izin terlebih dahulu untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

#9. Menyalahkan teman-temanmu

Kecenderungan lain dari cowok posesif dan pencemburu adalah mereka memiliki “kebiasaan” untuk menyalahkan teman atau sahabat kamu, terutama teman dan sahabat kamu yang cowok.

Mereka akan selalu berusaha agar bisa terlihat lebih baik dari teman-temanmu itu.

#10. Kamu tidak boleh bersenang-senang sendirian

Cowok posesif akan menjadi cemburu dan marah saat mereka tahu bahwa kamu melewati hal-hal yang menyenangkan bersama orang lain.

Bagi cowok posesif, kesenangan itu hanya milik kamu dan dia. Hasilnya, kamu akan sulit untuk berinteraksi dan menikmati hal-hal yang menyenangkan bersama orang lain.

Oke girls! Demikianlah 10 ciri cowok posesif dan pencemburu versi tips-cewek,com. Semoga bisa benmanfaat buat kamu yang lagi dalam proses PDKT atau menjajaki hubungan yang lebih serius.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


52 thoughts on “Kenali 10 Ciri Cowok Posesif dan Pencemburu

  1. kalo cowok aku tuh sering cemburu bgt karena aku chatan sm sahabat aku yg cwo padahal aku gada apa” sm shbt aku itu dan kta udh shbatan dri smp. dy smpe ngeblock wa shbt aku dan marah. gimana ya cara ngadepinnya?

    1. Itu tandanya si dia cemburu. Selama cemburunya dalam batas wajar, ya normal kok. Tapi kalo kebangetan, kamu harus hati-hati deh karena itu ciri sikap posesif.

  2. Saya punya Pacar yg posesif,Dikarenakan dia pernah dihianati dengan mantan istrinya,jadi saat ini apa yang saya lakukan dimata dia salah,dia selalu minta diperhatikan disaat dia membutuhkan dan selalu ada jika dia butuh, namun disaat saya pergi bersama teman-teman saya dia curiga padahal saya sudah berpamitan atau minta ijin sama dia,tetap saja dia tidak terima dan dituduh keluar dgn laki2 lain.saya minta saran bagaimana dan apa yg harus saya lakukan

    1. widih, kalo relationship yang kak Muri jalankan sudah bikin capek, sebaiknya kakak segera meninjau kembali hubungan tersebut. sampaikan ke dia bahwa perlakuan dia selama ini kadang membuat kak Muri tertekan.

  3. Ku juga capek banget. Pacar ku curigaan terus sama aku padahal aku juga gak ngapa2in. Aku udah sabar menghadapi dia. Apa aku ini yg salah ya? Apa butuh orang ketiga (keluarga,kerabat) agar kita tidak sama sama egois dalam hubungan ini?

    1. curhat dengan orang ketiga emang recommended kok. coba deh diskusikan dengan sahabat atau keluarga kamu agar beban kamu bisa berkurang. :)

  4. kalo ga prosesip. di bilang playboy.. kalo ga playboy di bilang prosesip.. sebener.a si cewe harus paham . kalo cowo nya prosesip ya harus nya bersukurr.. ya kalo playboyy. berartii cewe juga haarus intropeksi mau pilih yg mana.. tapi kebanyakan cewe bilang. kalo cowo hilang di cariin tapi kalo prosesip nyebelin.. sebener nya cewe pengen kya gimna??

  5. Cowo aku juga suka gitu, kadang kalo chat nya gak cepet dibales, dia langsung nuduh aku chat sama cowo lain, trus kalo buat status apa2 pasti dia tanyain, kenapa buat status kayak gitu…
    Lama2 kok cape ya?

  6. Cowok aku juga kayak gtu dari dlu pdahl hbungan kami sudah brjlan 4 tahun. Gimana cara mengatasi nya ya???

    1. kalo kamu masih nyaman, silakan di terusin. tapi kalo kamu nggak nyaman, sebaiknya tinjau kembali relationship kalian.

  7. Saya sih setuju kalau cowok yang terlalu pencemburu dan posesif itu gk baik.. Tapi bagaimana kalau si cewek itu sendiri yg suka bikin cemburu? Dia suka foto dg cwok lain, suka pasang foto profil cowok lain, malah dia bilang klau dia sring ditelvon cwok lain. Walau dia bilang itu cuma teman katanya. Yg ini gimana???

  8. Cowokku jg kaya gt jdinya ak males dan ak pgn putus dr dia soalnya dia ngatur aku berlebihan,posesif,protektif,pdhal dia lebih 1 th dr aku tp pikiran dia ga dewasa. Stiap ad event dia curiga ak main sm cowok lain pdhal engga. Trs ini gmn ya

    1. kalo kamu udah nggak comfortable, sebaiknya kamu meninjau kembali hubungan yang di jalani. karena menjalani hubungan dengan cowok yang posesif itu melelahkan. :)

  9. sebenarnya cowo posesif dan pencemburu adalah cowok yang rasa sayangnya lebih dengan pasangan, cowo yg ga mau kehilangan pasangannya, ya gua sendiri adalah tipe cowok yg kek gitu, gua juga selalu cari tau aktivitas pasangan ngapain aja, gua juga paling ga seneng kalo pasangan gua chat sama cowo lain, nah itu krna gua takut kalo si cewe kebawa suasana sama chat nya dia trus lama2 sayangnya ke gua itu pudar, cowo posesif cuma butuh pengertian aja, kalo si cewe harus jaga hati bener2. udah itu aja :D

  10. Aku sering dipukuli pacar karena dia cemburu jika aku dekat ama cowok lain. Minta ijin saat keluar rumah tanpa dia. Tapi kenapa…dia boleh melirik perempuan lain…kenapa dia masih saja mencari selingkuhan

  11. Suamiku seperti ini..awalnya aku bersabar..sampi ankku yg pling bsr..usia17th…yg td nya aku tdk melakukan yg ia tuduhkan..karna selalu d tuduh…mk akupun berontak..aku menemukan orang yg care .ma aku..apa sikapku salh..karna aku gx kuat..ats sikp pisesip..nya…aku berontak

    1. Kakak Mira yang baik, relationship menjadi tidak sehat jika pasangan selalu memaksakan sikapnya. disini mungkin kakak merasa sangat lelah, dan adik (admin tips-cewek.com) bisa mengerti kalo akhirnya kakak berontak. akan tetapi, kakak harus ingat bahwa nggak sip juga kalo kakak mencari laki-laki lain untuk curhat, karena hal ini mendekati affair.

  12. Pusing banget kalau pacar kaya gini….masalahnya pacar saya juga 100% kaya gini….gimana caranya supaya saya gak ambil hati kalau menghadapi dia

  13. Aduh, ini ciri gue banget. Gimana min caranya biar gue gak kehilangan dia, maksud gue kn sayang n cinta ke dia. Kayak ada yg aneh aja dlm diri gue. Minta sarannya donk min.

    1. sadari bahwa tiap orang berhak untuk memiliki space mereka sendiri, termasuk cewek kamu itu :). ubahlah kebiasaan-kebiasaan kamu agar bisa lebih mix n match sama si dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *