Kenali 10 Ciri Cowok Posesif dan Pencemburu

Sifat pencemburu dan posesif pada awalnya dapat terasa sebagai hal yang wajar dan sering sekali kita tidak menyadarinya bahayanya. Sifat posesif dan pencemburu biasanya akan membuat hubungan menjadi rapuh dan bahkan bisa menyakiti perasaan kamu sebagai seorang cewek.

Kenali 10 Ciri Cowok Posesif dan Pencemburu

image via popsugar.com

Hubungan antara rasa cemburu dan rasa posesif

Cemburu dan posesif dapat di ibaratkan sebagai dua sisi pada uang koin. Keduanya terkait sangat dekat.

Saat seorang cowok merasa cemburu, maka dia akan merasa berada dalam kondisi yang insecure dan tidak nyaman. Dalam kondisi insecure seperti ini, biasanya sifat posesif dan egoistis akan muncul.

Setiap kali si cowok bertindak posesif kepada kamu baik secara verbal atau non-verbal, dan kamu nya mengiyakan saja, maka semakin besar perasaan si cowok bahwa dialah yang mengendalikan dan menguasai hubungan kalian berdua.

Disinilah cewek biasanya akan menjadi “korban” yang harus menanggung beban, terutama beban mental karena semua gerak-gerik kamu akan di batasi oleh cowok posesif.

Sifat cemburu dan posesif ini hanya dapat di hentikan oleh si cowok itu sendiri. Sayangnya, sangat sulit untuk menghilangkan sifat ini, meskipun kamu sudah habis-habisan memberikan pengertian kepada si cowok.

Oleh sebab itu, mari kenali 10 ciri cowok posesif dan pencemburu yang akan di jelaskan berikut ini, agar kamu bisa terhindar dari sikap berlebihan mereka.

Kenali 10 Ciri Cowok Posesif dan Pencemburu

#1. Mereka tidak menghargai keputusan kamu

Salah satu ciri cowok posesif dan pencemburu adalah mereka memiliki kecenderungan untuk ikut mencampuri urusan kamu terutama pada saat kamu harus mengambil keputusan.

Cowok posesif dan pencemburu juga cenderung akan memaksakan kehendak mereka jika mereka tidak setuju dengan keputusan yang kamu buat.

#2. Selalu ada alasan 

Tiap kali mereka memaksakan kehendak, mereka akan berkilah bahwa apa yang mereka lakukan di dasari atas perasaan sayang dan care kepada kamu. Padahal sebaliknya, apa yang mereka paksakan adalah atas dasar ego mereka sendiri.

#3. Mereka sering menguntit

Salah satu ciri cowok posesif dan pencemburu adalah mereka sering sekali menguntit atau memata-matai aktivitas kamu tanpa kamu ketahui. Secara diam-diam cowok posesif akan mencoba memeriksa pesan singkat atau messenger di ponsel kamu.

Tidak jarang cowok posesif memaksakan kamu melakukan hal aneh saat kamu sedang tidak berada di dekat mereka, seperti meminta kamu mengirimkan foto tempat kamu sedang berada.

#4. Mereka membatasi kamu untuk melakukan hal baru

Jika cowok kamu sering melarang kamu untuk melakukan hal baru atau hal-hal menarik lainnya, maka bisa jadi cowok kamu adalah cowok posesif dan pencemburu.

Karena pada dasarnya cowok posesif dan pencemburu bisa bersikap over protective pada cewek mereka sendiri. Salah satu bentuk sikap over protective adalah mereka sangat jarang membiarkan kamu melakukan aktivitas baru tanpa sepengetahuan mereka.

#5. Tidak ada tempat untuk cowok lain

Ciri cowok posesif dan pencemburu yang paling jelas adalah mereka akan sangat marah jika mengetahui kamu memiliki hubungan dengan cowok lain, walau pun hanya sebatas SMS-an.

Bagi mereka tidak ada cowok yang pantas untuk mendekati kamu selain diri mereka sendiri.

#6. Mereka ingin tahu semua password kamu!

Well, karena perasaan ingin tahu yang berlebihan, maka tidak jarang jika cowok pencemburu dan posesif juga akan menanyakan password sosmed dan email kamu.

Hal ini bisa terjadi karena mereka tidak dapat lagi menghargai privasi kamu dan menganggap apa yang kamu miliki sudah menjadi milik mereka juga.

#7. Wajib hukumnya untuk mengangkat panggilan telepon mereka

Marah saat kamu tidak mengangkat panggilan telepon juga merupakan salah satu ciri cowok posesif dan pencemburu.

Mereka tidak mau tahu alasan kamu tidak mengangkat panggilan telepon mereka meskipun kamu sebenarnya memang sedang dalam kondisi yang sangat sibuk saat di telepon.

#8. Mengendalikan aktivitas kamu

Cowok posesif dan pencemburu biasanya juga akan membatasi aktivitas sosial cewek pasangan mereka. Pokoknya, kamu akan di buat agar selalu meminta izin terlebih dahulu untuk melakukan aktivitas di luar rumah.

#9. Menyalahkan teman-temanmu

Kecenderungan lain dari cowok posesif dan pencemburu adalah mereka memiliki “kebiasaan” untuk menyalahkan teman atau sahabat kamu, terutama teman dan sahabat kamu yang cowok.

Mereka akan selalu berusaha agar bisa terlihat lebih baik dari teman-temanmu itu.

#10. Kamu tidak boleh bersenang-senang sendirian

Cowok posesif akan menjadi cemburu dan marah saat mereka tahu bahwa kamu melewati hal-hal yang menyenangkan bersama orang lain.

Bagi cowok posesif, kesenangan itu hanya milik kamu dan dia. Hasilnya, kamu akan sulit untuk berinteraksi dan menikmati hal-hal yang menyenangkan bersama orang lain.

Oke girls! Demikianlah 10 ciri cowok posesif dan pencemburu versi tips-cewek,com. Semoga bisa benmanfaat buat kamu yang lagi dalam proses PDKT atau menjajaki hubungan yang lebih serius.

Pencarian terkait:

cowok posesif, ciri ciri cowok posesif, cowo posesif, pacar posesif, ciri cowok posesif, pria posesif, Kenapa cewek tidak suka cowok yang posesive, laki laki yang curigaan

Advertisement

16 Komentar

  1. Halo saya mau cerita… saya orangny suka bgt ikut job2 usher dan ikut2 aktifitas yg berhubungan sama orang banyak. Pokoknya saya aktif gitu orgnya, nah saya punya pacar… pacar saya itu beda sama saya, dia gak kaya saya… yg jd masalh itu, saya ikut job dan aktif gt orangny sudah dr dulu pas saya SMA (skrg kuliah smt 3) namun skrg pas pacaran sama dia, kalau saya mau ikut aktifitas apapun gt, saya harus ngomong dan minta izin sm dia dulu, kalau gak gitu dia marah, katanya kalau gak gt dia blg saya ga ngehargain dia sbg pacr yg apa-apa harus disepakatin bersama. Dia jg sering banget bete sama job saya, pdhl job yg saya ikutin ga ada yng aneh, saya gak pakai bikini, ga jalan sm om2 dll, cuma sekedar usher/tim regist yg kerjasama dgn eo. Dia sering banget ngebatesin job2 saya.. katanya kalau dia ga srek atau ga nyaman sm job saya, ya saya jangan ikut, terus kalo saya tetep kekeuh mau ikut, dia pasti beranggapan saya ga ngehargain dia, saya ga liat posisi dia, saya ga mikirin perasaan dia…. ga cuma hal itu tp masih bnyk lagi… dia jg cemburu sama sahabat cowo saya, dia suka cek2in hape saya terus, semua sosial media…. chat sm dia pun harus intens terus… kdg kalo saya gabales chat dgn alasan karna lg ada kerjaan, dia pun jg marah…. kalau saya ga concern ke dia sedikitpun dia juga merasa kesinggung, bete dan kesel… selama ini saya udah coba supaya masuk gt sama cara pacarannya dia, tp terkadang saya capek bgt ngadepinnya… saya bingung, apa saya nya yg kurang mikirin perasaan dia kah? Atau gimana ya? Saya bingung… mohon pencerahannya… mohon maaf jg kalau saya cerita nya agak membingungkan.

    • Halo Dinda, maaf ya admin late response. Cowok seperti ini merasa insecure dengan kondisi dan aktivitas yang kamu kerjakan. Insecure disini punya 2 sisi, pertama karena dia memang sayang sama kamu. Sedangkan sisi kedua adalah mengakibatkan kamu menjadi kurang nyaman. Saran admin, sebaiknya kamu bicara terbuka ke dia tentang hal ini. Berikan penjelasan bahwa apa yg kamu lakukan adalah hal yg bertanggung jawab dan tidak ada alasan bagi dia untuk menjadi posesif dan insecure seperti itu.

  2. Dulu aku punya cwok nih. Dia ngeharuskan aku buat pamit ke dia kalau aku mau keluar. Entah mau ke kampus, mau jalan2, sampai mau beli makanan yg dideket rumah pun aku harus bilang ke dia. Malesin banget sebenernya. Pernah aku berangkat ke kampus, gak bilang ke dia. Aku bilangnya pas udah nyampe kampus. Ehh tetep marah2 dia, kok gak pamit blablabla. Udah gitu sering banget dia suruh aku buat sumpah. Misal nih, aku pamit mau jalan2 sama temen atau keluarga. Dia gak percaya, dia nyuruh aku buat sumpah ” beneran sumpah demi Allah km kluar sm tmen / mama mu?” Kalau yg kayak gitu termasuk posesif parah gak min?

  3. Saya punya pacar dia posesif bgt tp kita ldr, di hp saya sampe gaboleh ada kontak cowo selain dia dan keluarga saya, gaboleh pergi+curhat sm sahabat sahabat saya yg cowo, jangankan sahabat saya, sahabat dia aja saya gaboleh deket deket padahal dulu kita ber3 suka main brg, dia punya sahabat cewe sebenernya saya ga suka tp karna sahabatnya deket sm saya jd saya terima aja walaupun berat klo saya blg diri saya baik, klo ada chat masuk di ig saya dia yg bales, saya punya akun ig ke2 ga dibolehin dipake, sampe dia ganti pw akun ke2 saya padahal akun itu cuman tempat ngespam+curhat, saya klo mau pergi sm siapapun hrs blg ke dia, klo saya blgnya tiba tiba ga dibolehin, saya ngerasa ga enak ngejalanin hubungan kyk gini, saya curhat ke keluarga, sahabat sampe guru saya -,- dan mereka ngasih saran jg sama aja “tinggalin aja cowo kyk gtu” tp ada rasa berat jg ninggalin dia, kasih masukan ya minn, makasii :)

  4. Saya punya pacar posesif bgt klo chatan nya gak di bales dia ngira nya saya slingkuh pada hal saya ketiduran,iya sih ini salah saya karena lupa ngasih tau klo mau tdr

  5. Wah, bener banget 10 tanda2nya nih min, aku punya pcr yg kelakuan nya persis dgn yg udh di jelaskan ini, gak tau lagi gimana cara menghadapinya, dia sering banget curiga, nuduh yang gak2, dan aku udh bacain komen2 temen2 disini yg senasib, emang hampir sama, kayak dia ngelarang2 aku komunikasi sama cowok lain, gak boleh pergi kemana2 apalagi kalo ada teman cowoknya, dia juga sering memata-matai aku, trus kami udh sering bangettttt berantem gegara hal ini, aku sampe nangis2 ngomong sama dia, dan udh DIPUTUSIN BERKALI2 Gara2 hal ini, dan dia GAK MAU DIPUTUSIN karena katanya dia kayak gtu karena dia sayang sama aku, dan sblumnya dia gak pernah berlaku kayak gitu ke mantan2nya karena pcrn gak pernah serius juga dan sama aku yg plg lama, yaitu 4 th, tapi sikapnya masih gak berubah, kalo udh diputusin gitu dia bilangnya mau berubah , tapi kenyataannya dia berubah hanya 3 hari doang baiknya hari ke 4 mulai lagi aslinya keluar. Dan berantem lagi.. Gitu aja terus sampe…? entah sampe kapan. Meskipun aku udah nekat buat mutusin dia tapi dia nya gak mau, dan besoknya samperin aku, dia nyari aku. Karena dia emang orang yg baik, jadinya aku selalu maafin dia lagi dan lagi, karena aku ngeliat kesungguhan dia selama pacaran. Bahkan kami udh mau nikah. Tapi sikapnya gak kunjung berubah. Janji utk berubah, tapi buktinya tidak berubah. Ketika berantem aku bahkan udh ngomong kasar gara2 dia dan numpahin semua unek2 aku ke dia termasuk bilang dia “gila” dan nyuruh dia ke psikiater buat obat otaknya. Skrg aku harus gimana ? Jujur aku sedih, tertekan banget. Tapi di sisi lain juga gak mau kehilangan sosok laki2 baik seperti dia, meskipun dia spt itu, tapi kebaikannya juga banyak. LGian aku gak mau dan males memulai hubungan baru lgi dgn org baru lagi,ngenalin ke ortu lgi, ke temen lagi. Karena aku dan pacarku ini udh serius. Tapi dengan sikapnya yg spt ini jujur aaja aku jdi ragu.
    Mohon pencerahannya :( gatau lagi mau ngomong k siapa, ngomong ke temen aku gak mau temen mikir jelek ke dia atau bahkan digosipin mereka. Ngomong ke kelg juga kayaknya gak tepat. Aku pernah cerita ke kakak aku. Tapi kakak aku bilang cemburu tanda sayang, kemana mau dicari cowok baik kaya dia yang gak peduli sama aku ja, tapi juga ke kelg aku, nasihat kakak aku.

    • Hai Yuni! Sebelumnya terimakasih sudah bersedia share pengalaman kamu di tips-cewek.com. Yuni harus tau bahwa kecemburuan dari seorang cowok itu adalah hal yang baik selama dalam kapasitas yang tidak berlebihan serta dapat di pertanggungjawabkan. Akan tetapi, jika kecemburuan dan rasa posesif sudah melebihi batas toleransi, maka secara emosional kamu akan merasa terganggu dan terkekang. Silakan Yuni pertimbangkan dengan baik hal ini dengan mengetahui sejauh mana batas toleransi yang wajar untuk cowok kamu tsb. Jika sekali lagi dia melewati batas tsb, jangan sungkan untuk memberikan peringatan. Dan jika masih di ulangi lagi, well.. opsi terbaik adalah break dulu.

  6. Co : km chat tmn kntr km gih yg co, bilg ud pny pcr.
    Ce : ngapain si, org dy chat jg cm kerjaan ga ngurusin urusan pribadiku.
    Co : dasar cewe anj*ng, tukg selingkuh, kegatelan, ganjen, tukg bohong, t*i lo.
    (akhirnya si ce chat tmn kntr saking ud pusingnya dan tetep berantem panjang)
    Co : dasar lo anjiiiiiiiiiii, taaaaaaa blablabla
    susah bgt d atur.
    Ce : kmu cari ce lain yg lebih baik aj dr aku.
    Co : emg dr awal lo ga prnh hargain gue, apalg hubungan ini.
    Ce : *cuma baca*
    Besoknya
    Co : aku syg sm km blablabla
    Ce : *tarik napas*

    Gaji kemana d tanyain, temen kantor d terorin, sampe abang ojek juga d omelin.
    Saya ampe k psikiater buat nanya saya ini ud gila ya dok? Ko ga bs bedain mana bener mana salah?
    Dokter : udah, mending d putusin aja drpd km stres mbak.
    .
    .
    Tar balik lg kaya teks d atas kalo minta putus.
    Adek minum betadine dlu yak bang, aus (T. T)

    • Lulu, your commment make me laugh really hard! Behahahaha… Cowok gini nih yang sekali-sekali harus di kasih pelajaran. Gimana mau seriusan, kalo dia-nya nggak bisa ngertiin kamu. PUTUSIN SEKARANG JUGA! :D

    • Hai Rudi, cewek juga butuh me time yang berkualitas. Tapi kalo udah kelewat batas toleransi, sebaiknya di tegur aja. Lagian pulang larut malam itu nggak baik untuk kesehatan dan rawan kejahatan.

      • saya pernah selingkuh dan sekarang cowok saya posesif banget, tapi giliran saya jujur dia marah banget dan langsung meledak gitu, komunikasi jadi gak nyambung, saya ngomong apa aja dia ga percaya sama sekali. gimana cara ngembaliin kepercayaan nya ya min

        • Sulit untuk mengembalikan sebuah kepercayaan yang hilang, butuh waktu yang lama untuk memulihkannya. Mungkin si dia belum 100% pulih dari rasa sakit hatinya sehingga berlaku demikian. Coba diskusikan permasalahan yg sedang kamu hadapi secara terbuka. Jika memang tidak ada penyelesaian, maka sebaiknya kamu sebaiknya move on.

Silakan tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*