6 Tips Agar Cepat Tertidur Secara Alami dan Mudah

Tahukah kamu bahwa setidaknya 86% orang yang hidup di dunia ini mengalami gangguan kualitas tidur? Dan tahukah kamu bahwa di Inggris, dokter-dokter meresepkan obat tidur dengan jumlah tidak kurang dari 10 juta resep?

5 Tips Agar Cepat Tertidur Secara Alami dan Mudahimage via instylebuzz.com

Statistik ini menunjukkan bahwa manusia modern cenderung mengalami kesulitan untuk mendapatkan dan menikmati tidur yang berkualitas. Hal ini bisa di sebabkan oleh banyak hal, misalnya depresi, stress, konsumsi alkohol atau obat-obatan, dan sebagainya.

Kasus kesulitan tidur juga banyak terjadi pada cewek di Indonesia. Padahal tidur dalam jumlah yang cukup adalah hal penting untuk menjaga produktivitas kita tetap optimal pada keesokan harinya.

Tips Agar Cepat Tertidur Secara Alami dan Mudah

Sebagian pakar kesehatan menganjurkan kita untuk meminum segelas susu hangat atau mandi dengan air hangat untuk menstimulasi rasa rileks dan memudahkan kita untuk tertidur.

Namun, tidak semua orang bisa segera tertidur dengan mudah meskipun telah mencoba cara-cara yang di anjurkan oleh pakar kesehatan ini.

Ada beberapa tips agar cepat tertidur yang bisa kamu coba, antara lain adalah sebagai berikut:

#1. Bernapas lewat lubang hidung sebelah kiri

Tips agar cepat tertidur secara mudah dan alami yang pertama adalah menarik napas lewat lubang hidung sebelah kiri. Cara seperti ini di inspirasi dari teknik pernapasan yoga yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan memberikan rasa tenang.

Agar kamu bisa cepat tertidur, dalam posisi berbaring, miringkan badan ke sebelah kiri, kemudian gunakan jari tangan untuk menutup lubang hidung sebelah kanan. Tariklah napas dalam-dalam secara perlahan melalui lubang hidung sebelah kiri.

Lakukan pernapasan ini beberapa kali sampai kamu merasa rileks dan tenang. Dalam kondisi yang rileks dan tenang kamu akan lebih cepat tertidur.

#2. Buka mata lebar-lebar

Psikoterapis Julie Hirst menjelaskan bahwa salah satu cara agar bisa tidur adalah dengan cara membuka mata lebar-lebar dan tetap terjaga.

Otak manusia akan memberikan respon yang berbeda terhadap persepsi ini, bahkan otak akan mengintepretasikan usaha untuk tetap terjaga sebagai instruksi untuk segera tidur.

#3. Ingat-ingat aktivitas kamu di siang hari

Sammy Margo, penulis buku The Good Sleep Guide menjelaskan di dalam bukunya tentang tips agar cepat tertidur secara alami dan mudah.

“Ingat-ingatlah apa yang kamu bicarakan tadi siang, pemandangan yang kamu lihat, dan hal-hal yang menyenangkan yang terlewati. Hal ini akan membantu kondisi mental agar bisa siap untuk tidur” ungkap Sammy Margo.

#4. Memutar-mutar bola mata

Sammy Margo juga menjelaskan salah satu tips agar cepat tertidur adalah dengan memejamkan kedua belah mata, kemudian putar-putar bola mata sebanyak tiga kali.

“Gerakan berputar bola mata dapat membantu tubuh untuk melepaskan hormon tidur, melatonin” demikian tulis Sammy di dalam bukunya.

#5. Berimajinasi

Salah satu cara agar cepat tertidur adalah dengan membayangkan atau mengimajinasikan bahwa kamu sedang berada di tempat yang indah dan tenang.

Pejamkan kedua matamu, kemudian bayangkan kamu sedang berada di sebuah pantai yang bersih dan indah, bayangkan kaki-kakimu sedang menginjak pasir putih yang lembut, dan rasakan hembusan angin tropis yang hangat.

Imajinasi seperti ini dapat membantu agar tubuh merasa rileks dan membantu otak agar cepat tertidur.

#6. Menekan bagian dahi

Ada beberapa titik pada bagian tubuh yang apabila di tekan dengan lembut akan memicu rasa mengantuk. Salah satu titik tersebut adalah bagian tengah dahi, tepat di atas hidung dan di antara kedua alis.

Gunakan jari jempol untuk menekan titik ini sambil menutup mata selama kurang lebih 20 detik. Lakukan beberapa kali sampai kamu merasa lebih tenang dan santai.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *