6 Tips Mengurangi Bau Badan Yang Mengganggu

Pernah merasakan saat dimana badan kamu sedang dalam kondisi yang bau? Hmmm.. so, pasti kamu akan merasakan kehilangan rasa percaya diri dan minder. Sebenernya ada beberapa cara atau tips untuk mengurangi bau badan yang mengganggu. Mau tau caranya? Check this out!

6 Tips Mengurangi Bau Badan Yang Mengganggu

6 Tips Mengurangi Bau Badan Yang Menggangguimage via flickr.com

#1. Biasakan mandi

Biasakan mandi minimal 2 kali sehari – pagi dan sore hari. Mandi dapat membantu untuk mengurangi jumlah bakteri yang berkembang biak di permukaan kulit, sekaligus menghilangkan bekas keringat.

Keringat pada dasarnya tidak memiliki bau yang mengganggu. Akan tetapi dengan kehadiran bakteri dan mikro organisme yang berkembang biak sangat cepat, maka keringat akan berubah menjadi berbau tidak sedap. Eewww…!!

Saat kamu mandi, bersihkan daerah-daerah yang memiliki potensi tinggi untuk memproduksi keringat dan menjadi tempat berkembang biak kuman penyebab munculnya bau badan, misalnya pada area ketiak, leher, belakang telinga, punggung, dan sebagainya.

#2. Mandi dengan sabun anti-bakteri

Salah satu tips mengurangi bau badan yang mengganggu adalah dengan cara mandi dengan menggunakan sabun anti-bakteri. Sabun seperti ini dapat membunuh kuman penyebab bau badan yang berkembang biak di permukaan kulit.

Beberapa sabun anti-bakteri biasanya akan membuat kulit menjadi agak kering, oleh sebab itu, kamu dapat mengaplikasikan pelembab kulit setelah kamu selesai mandi agar kelembaban kulit tetap terjaga.

#3. Keringkan badan secara merata sesudah mandi

Setelah kamu selesai mandi, biasakan untuk mengeringkan seluruh badan dengan handuk. Keringkan daerah-daerah yang sering berkeringat secara merata.

Hal ini membantu agar daerah yang sering berkeringat agar menjadi lebih kering dan mempersulit bakteri penyebab munculnya bau badan berkembang biak.

#4. Gunakan deodoran atau anti-perspirant

Setelah selesai mandi dan membersihkan diri, jangan lupa juga aplikasikan deodoran atau anti-perspirant pada area bawah lengan / ketiak.

Deodoran dapat menyamarkan bau badan sedangkan anti-perspirant akan mencegah produksi keringat yang berlebihan.

Ada banyak kok produk-produk deodoran plus anti-perspirant yang dapat kamu beli di supermarket atau minimarket dekat rumah.

#5. Ganti pakaian secara teratur

Tips mengurangi bau badan yang mengganggu yang ke lima adalah biasakan mengganti pakaian secara teratur, terutama jika kamu merasa banyak berkeringat.

Selain itu, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat seperti kaos atau katun. Hindari pakaian yang terbuat dari bahan yang sulit untuk menyerap keringat seperti nilon atau polyester, karena bahan-bahan seperti ini membuat kulit akan sulit untuk “bernapas”.

#6. Hindari konsumsi makanan yang memicu bau badan

Makanan yang kamu makan akan mempengaruhi bau badan, oleh sebab itu salah satu tips mengurangi bau badan yang mengganggu adalah menghindari makanan atau minuman yang memicu munculnya keringat berlebih dan bau badan.

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan keringat berlebih, seperti makanan-makanan yang pedas atau terlalu banyak berbumbu. Selain itu, ada pula makanan-makanan yang dapat memberikan aroma tidak sedap pada keringat, misalnya bawang putih dan bawang merah.

Bagaimana jika cara-cara di atas tidak ampuh untuk mengurangi bau badan yang mengganggu? Jawabannya adalah segera lakukan konsultasi ke dokter, karena ada beberapa faktor internal yang bisa menyebabkan bau badan seperti faktor hormonal atau genetik.

Okay girls! Semoga tips mengurangi bau badan yang mengganggu ini dapat bermanfaat sekaligus membuat kamu bisa tampil lebih pede. Have fun!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


One thought on “6 Tips Mengurangi Bau Badan Yang Mengganggu

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *