5 Kerugian Pacaran Yang Harus Kamu Ketahui!

Setiap hal pasti memiliki sisi yang buruk dan baik, begitu pula dengan hubungan dekat antara kamu dengan orang lain (terutama dalam konteks pacaran). Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, redaksi tips-cewek.com akan mencoba mengangkat tema tentang 7 kerugian pacaran yang harus kamu ketahui!

5 Kerugian Pacaran Yang Harus Kamu Ketahui!

image via flickr.com

5 Kerugian Pacaran Yang Harus Kamu Ketahui

#1. Berkurangnya “me time” yang berkualitas

Kerugian pacaran yang pertama adalah berkurangnya jumlah dan kualitas “me time” yang kamu miliki. Me time adalah waktu yang dapat kamu pergunakan sendirian untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan, misalnya bermain, hangout dengan sahabat, membaca buku, mendengarkan musik, menonton film, dan hal-hal lainnya yang bisa kamu lakukan tanpa bantuan orang lain.

Para ahli psikologi setuju bahwa sangat penting bagi kita untuk memiliki me time yang cukup, karena me time dapat membantu kamu untuk menjadi lebih produktif, berkonsentrasi lebih baik, memecahkan masalah dengan lebih efisien dan sebagainya.

Jika kamu berkomitmen dengan orang lain secara serius (pacaran), maka me time kamu akan berkurang secara signifikan, karena kamu memiliki orang lain yang harus di perhatikan. Selain itu, banyak waktu kamu akan tersita untuk kegiatan yang kurang produktif, misalnya chatting terus-terusan di messenger atau teleponan selama berjam-jam.

#2. Kamu selalu memiliki opini kedua

Kerugian pacaran yang kedua adalah kamu akan selalu memiliki second opinion alias opini kedua. Opini kedua akan selalu di berikan oleh orang-orang terdekat, terutama gebetan kamu.

Contoh sederhana second opinion adalah saat kamu berusaha tampil cantik, namun tiba-tiba pasangan kamu nyeletuk “kamu kok kurang sip ya kalo dandan kayak gitu?”. :)

Terlalu banyak second opinion yang kamu terima akan menyebabkan kamu kehilangan jati diri dan self confident yang seharusnya bisa muncul dari dalam diri kamu sendiri.

#3. Cowok adalah makhluk yang sulit di mengerti

Mungkin segalanya akan terasa lebih mudah di jalani jika kamu punya pacar cowok yang mengerti dengan kondisi dan kemauan kamu. Akan tetapi, segalanya akan menjadi sulit jika kamu punya pacar yang posesif dan tidak mau mengerti apa yang kamu mau.

Kamu harus tahu bahwa hampir semua cowok yang ada di dunia ini adalah makhluk yang kompleks. Tidak semua hal bisa menjadi mix and match buat mereka. Dengan kondisi yang seperti ini, kamu harus siap menerima segala konsekuensi dari hubungan yang kamu jalani.

#4. Pacaran terkadang bisa melelahkan

Kerugian pacaran yang ke empat adalah kamu mungkin akan merasakan rasa lelah dan bosan dalam segi emosional. Kelelahan atau rasa bosan secara emosional ini di sebabkan oleh perbedaan prinsip mendasar yang ada di setiap individu.

Selain karena perbedaan prinsip atau persepsi, kelelahan emosi juga bisa muncul dari konflik yang mungkin terjadi selama kamu menjalani masa pacaran.

#5. Bahaya seks bebas

Pacaran identik dengan berdua-duaan dalam melakukan sesuatu. Oleh karenanya, pacaran rentan mengarah pada perbuatan yang tidak di perkenankan dalam norma sosial dan keagamaan : seks bebas.

Seks bebas merupakan kerugian pacaran yang paling besar, karena secara umum yang paling mendapatkan dampak negatif dari seks bebas adalah pihak cewek itu sendiri.

Dari riset yang dilakukan di Amerika Serikat pada tahun 2005, terungkap fakta bahwa besaran angka aborsi kehamilan yang terjadi di negara tersebut adalah 3.315 kali aborsi terjadi setiap hari. Dari angka tersebut, 66% di antaranya aborsi di lakukan oleh wanita yang hamil di luar pernikahan.

Di level internasional, statistik menunjukkan bahwa angka aborsi terjadi di negara-negara yang sedang berkembang (termasuk Indonesia) dengan kisaran 83% dari keseluruhan angka aborsi di dunia.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *