Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Presentasi

dalam Lifestyle, Psikologi

Apakah kamu pernah merasakan perut terasa mual, telapak tangan berkeringat, dan jantung berdegup kencang saat akan melakukan presentasi? Well, inilah yang di sebut dengan rasa gugup! Perasaan gugup saat akan melakukan presentasi adalah hal yang normal dan bisa di atasi.

Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Presentasiimage via prevention.com

Mau tau bagaimana cara mengatasi rasa gugup saat akan melakukan presentasi? Yuk, mari kita simak tips menghilangkan rasa gugup saat presentasi berikut ini!

Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Presentasi

#1. Kenali para audien dan siapkan materi presentasi

Tips pertama untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi adalah dengan cara mencari tahu terlebih dahulu latar belakang audiens atau peserta presentasi.

Dengan mengetahui latar belakang audiens dan peserta presentasi yang akan kamu lakukan, maka kamu dapat mempersiapkan materi apa yang akan di sampaikan.

Ingat, persiapan dan penguasaan materi adalah hal yang paling penting dalam keberhasilan kamu menyampaikan presentasi!

Saat kamu sudah mempersiapkan dan menguasai materi dengan baik, maka kamu akan merasa lebih siap dan tidak akan gugup saat kamu membawakan presentasi.

#2. Rencanakan apa yang akan di sampaikan saat presentasi

Salah satu cara yang di lakukan untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi adalah dengan menyiapkan alur materi presentasi yang akan kamu sampaikan.

Alur materi presentasi biasanya di tampilkan dalam bentuk slide yang berisi ringkasan materi.

Nah, agar kamu tetap bisa menguasai materi presentasi, ada baiknya kamu mencatat materi-materi lain yang masih terkait dengan slide pada selembar kertas. Baca sesekali kertas catatan ini saat kamu menyampaikan materi presentasi.

Sponsors


#3. Berlatih dan terus berlatih!

Practice makes perfect! Dengan berlatih dan menjadi terbiasa dengan materi presentasi akan sangat membantu kamu untuk mengalahkan rasa gugup saat menyampaikan presentasi di hadapan orang banyak.

Bagaimana cara berlatihnya? Hmm.. gampang kok! Mintalah beberapa orang teman atau anggota keluarga kamu untuk mendengarkan simulasi presentasi yang akan kamu lakukan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, simulasikan dengan serius dan sampai selesai.

Selain itu kamu juga bisa berlatih sendirian dengan cara menyampaikan materi presentasi di depan cermin. Ingat sekali lagi, practice makes perfect! Bisa karena terbiasa! :)

#4. Persiapan penampilan

Penampilan juga mempengaruhi tingkat ke-pede-an mu saat melakukan presentasi. Oleh karena itu tips selanjutnya untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi adalah persiapkan penampilan alias grooming kamu.

Kenakan pakaian yang nyaman dan agak longgar saat di pakai. Pakaian yang nyaman dan agak longgar dapat mencegah munculnya keringat dan memudahkan kamu untuk bernapas.

#5. Tenangkan diri sebelum presentasi

Keep calm and stay focus, girls! Rasa gugup atau grogi adalah hal yang wajar terjadi pada semua orang. Dan cara yang paling efektif untuk menghilangkan rasa gugup saat presentasi adalah dengan menenangkan diri.

Ada beberapa cara mudah untuk menenangkan diri yang dapat kamu lakukan. Berikut adalah beberapa cara menenangkan diri saat presentasi:

  • Hiruplah nafas dalam-dalam dan teratur dari hidung. Lakukan sebanyak 5 – 6 kali saat rasa gugup mulai menyergap.
  • Minum air putih yang di sela-sela presentasi
  • Teruslah bergerak dengan santai saat melakukan presentasi, karena gerakan yang simultan bisa memberikan energi positif pada kamu dan orang-orang di sekitar kamu.

Oke girls! Semoga tips menghilangkan rasa gugup saat presentasi ini bisa bermanfaat buat kamu!

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini. Fyi, artikel ini sudah di baca 6.634 kali.

Sponsors


Pencarian terkait:

cara agar tidak nerves saat presentasi, presentasi agar tidak gugup, nervous saat presentasi, cara tidak gugup saat presentasi, cara supaya tidak gugup saat presentasi, cara supaya gak gugup presentasi, cara presentasi agar tidak gugup, cara menghilangkan rasa gugup, cara menghilangkan grogi saat presentasi, tips mengurangi rasa tegang dalam melakukan persentasi

Tags: #lifestyle #psikologi

7 Tips dan Cara Menghadapi Pelaku Bullying
7 Tips dan Cara Menghadapi Pelaku Bullying
Bullying sebenarnya bisa terjadi di mana saja....
Tips Mencari Jodoh atau Gebetan Lewat Internet
Tips Mencari Jodoh atau Gebetan Lewat Internet
Di era teknologi seperti pada saat ini....
Tips Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat dan Nggak Ribet!
Tips Mendapat Pekerjaan Dengan Cepat dan Nggak Ribet!
Lulus dengan predikat sempurna terkadang tidak menjadi....
Girls Secret: 6 Cara Agar Wangi Parfum Bisa Tahan Lama
Girls Secret: 6 Cara Agar Wangi Parfum Bisa Tahan Lama
Cewek identik dengan yang namanya wangi dan....
  1. author

    Ifsha1 tahun yang lalu

    kak admin… aq tu pernah bbrpa kli pentas… dn slh satu pntas yg pling malu².in itu waktu prpisahn SD,,,, msa cuma 1 kalimat awal dri puisi aq yg aq lupain…trs d ketawain sma wali murid deh kak. pdhl waktu itu aq udh PD bgt lho kak….tpi stlh acara itu setiap ad acara yg penonton.nya banyak aku tu sllu nervous,,,, and gugup kak….. kya kmaren waktu aq ikut LF2SN aq nyanyi smbl gemeteran,,,, tpi ttp lncar sh mski gk juara….. trus kak waktu perpisahan kls 9 kmaren….. aq jg ikut pntas kak..tpi kca mta.ku aq lepas. jdi aq gk bsa liat tamu undangan.nya deh….. tpi aq sma skli gk nervous,, atw pun gemeteran… jdi gk malu².in …. soal.nya kn ada cwo aq msa slh sh,, ibu.nya jg liat lg,,,, tpi untung semuanya lancr…..terus apa aku harus lepas kcmta aku tiap mau pentas ya kak??? tpi msa aku gk bsa liat peotn.nya sh??

    Balasan

Beri komentar "Tips Menghilangkan Rasa Gugup Saat Presentasi"


Top