Tips dan Cara Menghindari Bullying di Sekolah atau Kampus

Sebenarnya apa sih yang di maksud dengan bullying? Dan bagaimana cara menghindari bullying di sekolah atau kampus?

Tips dan Cara Menghindari Bullying di Sekolah atau Kampusimage via huffingtonpost.com

Pengertian bullying

Bullying adalah salah satu masalah terbesar yang ada di dunia pendidikan saat ini, karena dapat mempengaruhi perkembangan mental terutama pada saat usia remaja.

Secara garis besar, pengertian bullying adalah tindakan yang ditujukan agar seseorang merasa lemah, tidak berdaya, atau di remehkan. Tindakan bullying yang biasanya di lakukan di sekolah adalah pelecehan, kekerasan fisik, pengucapan kata-kata kasar / merendahkan, dan sebagainya.

Para ahli kejiwaan membagi bullying menjadi beberapa jenis, antara lain :

  • Bullying fisik. Bullying fisik adalah bullying yang paling sering di lakukan, misalnya seseorang mem-bully dengan cara memukul, menendang, dan aktivitas fisik lainnya yang menimbulkan rasa sakit.
  • Bullying verbal. Salah satu bullying di sekolah atau kampus yang juga sering di lakukan adalah dengan melakukan bullying secara verbal (dengan kata-kata atau ucapan kasar) yang ditujukan untuk menyakiti perasaan, mempermalukan, atau membuat korbannya tidak berdaya.
  • Bullying emosional. Bullying emosional juga sering terjadi di sekolah atau di kampus. Contoh bullying emosional adalah pelaku bullying melakukan intimidasi kepada korbannya. Sehingga korban merasa tertekan, merasa kesepian, dan merasa terisolasi.
  • Cyber bullying. Tindakan bullying juga bisa di lakukan lewat media internet atau teknologi digital. Misalnya, pelaku bullying mengirimkan teks atau gambar lewat sosial media atau broadcast di messenger. Tujuannya agar korban yang bully merasa malu dan merasa tidak ada lagi tempat yang aman untuknya.

Berdasarkan kecenderungannya, cowok lebih sering mem-bully secara fisik, sedangkan cewek biasanya lebih sering mem-bully secara verbal dan emosional.

Berdasarkan penelitian lembaga riset Family First Aid di Amerika serikat, setidaknya ada 30% remaja disana pernah terlibat dalam bullying di sekolah – entah sebagai korban atau pelaku. Di Indonesia sendiri, jumlah bullying di sekolah atau kampus juga semakin bertambah setiap tahunnya.

Ada banyak dampak buruk bullying di sekolah, antara lain cedera fisik, depresi, stress, bahkan bunuh diri (lebih di kenal dengan istilah bullycide).

Tips dan Cara Menghindari Bullying di Sekolah atau Kampus

Lakukan hal ini jika kamu menjadi korban bullying di sekolah atau kampus:

#1. Berani melawan

Pelaku bully biasanya ingin eksistensinya di akui oleh banyak orang. Mereka merasa dirinya yang paling kuat, paling cantik, paling pintar, dan sebagainya.

Lawan mereka secara verbal dengan mengatakan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan terhadap kamu tidak akan menjadikan mereka lebih baik.

#2. Cari tempat untuk sharing

Kamu butuh tempat sharing untuk menyampaikan perasaan, mencurahkan uneg-uneg dan kekesalan kamu. Sahabat adalah salah satu tempat sharing yang terbaik.

#3. Laporkan kepada yang memiliki kewenangan

Jika kamu menjadi korban bullying di sekolah atau kampus, maka kamu harus segera melaporkannya dan melakukan konseling kepada pihak yang berwenang di sekolah atau kampus tersebut. Misalnya wali kelas, kepala sekolah, atau petugas kesiswaan.

#4. Laporkan kepada orang tua

Jika pihak sekolah atau kampus tidak bisa mengatasi bullying di sekolah atau kampus, maka kamu dapat melaporkan hal ini kepada orang tua. Ortu biasanya dapat memaksa pihak sekolah agar bisa lebih intensif dalam menangani kasus bullying.

#5. Percaya diri

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan, you must accept that! Meskipun orang lain mencoba menjatuhkan harga diri kamu dengan menyebut kekurangan-kekurangan kita, maka kita harus selalu ingat bahwa kita memiliki kelebihan di sisi lain.

Selain itu, untuk menambah rasa percaya diri pada saat harus berurusan dengan bullying di sekolah terutama bullying fisik, maka ada baiknya kamu melakukan latihan fisik seperti senam, nge-gym, atau mengikuti bela diri.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini.


36 thoughts on “Tips dan Cara Menghindari Bullying di Sekolah atau Kampus

  1. kak aku sering dibully sama teman2 aku .aku nggak tau salah aku apa yang pasti aku nggak pernah gangguin mereka sekalipun .Disekolah aku hanya punya satu teman doang ,itupun gakl terlalu berteman sama dia Aku diejek oleh tman laki” aku mau pun teman perempuan aku .Karna mungkin mereka mengejek namaku yang kurang menarik buat mereka.Apa yang harus aku lakukan supaya nggak dibully terus kak?

    1. Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan kok.. Khusnul harus sadari itu. Apapun yang mereka katakan tidak akan berdampak buruk ke kamu, selama kamu menghadapinya dengan lapang dada dan sabar. Kehidupan itu berjalan seperti roda, siapa tau hari ini kamu di bully, tapi di masa depan kamu bisa jadi lebih sukses daripada mereka yg bully kamu di sekolah/kampus.

  2. Ka.. Aku merasa aneh sejak seminggu” ini tmn” di kelasku suka membully aku,padahal aku ga bodoh di pelajaran akuntansi,aku ga ada suka jelek”in mereka juga,tapi tiba” mereka suka bully aku dan entah kenapa tpi teman aku ada kbnyakan krna aku kadang suka lebay dan gajelas apa apa ketawa padahal ada hal lucu saja aku masa tidak boleh ketawa? Lalu aku di bully hampir sekelas, 1 shbt aku juga dibully ,saat dia mau bacot,malah diketawain terus dan akhirnya dia diem.kami berjumlah 8 ,temen”ku pada milih” teman ka, cuman orang yang bergaul, kaya dan pintar saja yang ditemani dan ada geng 4orang dan 1 sahabat saya yang adu domba,tiba” dia menjauh dari kami dan kadang” doang bicara sama saya, dia lebih bnyak tertawa sama mereka,apa saya membosankan(?) Padahal kami sebangku dan kami tidak sebangku lagi.mereka tiba tiba suka pake omongan pedas dan bullying emosional dan yang cowo” suka jahatin saya ,saat saya menghindar tanpa berbicara , saya di sengkat lalu hampir jatoh ,saat free class, saya lari di kelass saya sendiri ka,terus saya dipukul scara fisik juga ,saya nyaris menangis tapi saya tahan,Smp juga saya kena bullyan juga dan skrg sekelss sama mereka pula,saya mau ladenin kadang kena jebakan tambah dibully,tapi saya suka diemin mereka ka dan lebih banyak berdoa.apa yng harus saya perbuat? Minta kritik ya min

    1. Hai Renata, gini deh jadinya kalo di kelas ada geng-geng an. Seharusnya berteman nggak di batasin, jadi semua bisa jadi open minded. Kalo udah parah kayak gini, sebaiknya adik konsultasikan ke guru bimbingan agar bisa di tindak lanjuti.

  3. Hai kak, aku mau cerita aku pernah punya teman dan punya group berteman ada 11 orang tetapi gara gara suatu hal kita sudah tidak berteman dan sekarang kita masing masing kak yang masih temannan sama aku ada 5 orang sisanya mereka bikin group teman gitu kak, terus kita diem dieman gitu kak tapi dia ngehasut teman teman sekelas dengan nyebarin gosip yang gak bener kak di kelompok mereka itu ada 1 orang yang jahat kak yang bisa menghasut semua anak di kelas supaya gak suka sama aku dan teman temanku kak dan dia jga suka ngomongin aku dan teman-temanku di belakang kak kadang dia suka menyindir secara halus kak dan akhirnya kita dijauhin sama beberapa anak di kelas kak, dan yang lebih kasihan lagi salah satu temanku kak dia sering banget di bully gara gara dia suka teriak teriak dan suka ngomong pake bahasa korea dan itu dia nya jadi di olok olok danterkadang di tindas dengan perkataan gitu kak sama anak kelas kak, aku kasihan kak sama dia dan ini semua buat aku stress dan males untuk sekolah kak. tolong soluisnya untuk menghadapi anak kelas yang sepereti itu kak

    1. masalah awalnya adalah kamu tergabung dalam sebuah grup yang sepertinya ekslusif atau tertutup dari orang lain. selanjutnya, terjadi perselisihan dalam grup dan akhirnya grup terpisah. okey, saran kak admin cobalah untuk memperbaiki diri masing-masing, dan jika ada hasutan, segera tanggapi dan luruskan hasutan tersebut sehingga orang lain tidak salah persepsi. jika perlu, silakan konsultasi dengan bimbingan kesiswaan ya!

    2. Kalau saran aku kamu nggak usah remehin mereka ,emang mereka udah lebih baik dia nggak ngaca kali ,udah orang begitu nggak usah dianggap ada .paling mereka lupa daratan .Karma Ada kok

  4. Kak saya sering dibully di kelas. Saya diejek terus menerus kak dan saya dibully oleh anak laki laki saya sudah bercerita sama ortu dan menanyakan pada teman saya apa yg salah dari saya. Tapi mereka juga jawab biasa kak kasih solusinya agar saya gak dibully lagi saya sudah capek .

    1. hai sheila, bagaimana cara mereka mem-bully adik? apakah dengan kata-kata, atau perbuatan yang nyata? coba deh share lebih spesifik. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *