Tips dan Cara Menghindari Bullying di Sekolah atau Kampus

dalam Psikologi

Sebenarnya apa sih yang di maksud dengan bullying? Dan bagaimana cara menghindari bullying di sekolah atau kampus?

Tips dan Cara Menghindari Bullying di Sekolah atau Kampusimage via huffingtonpost.com

Pengertian bullying

Bullying adalah salah satu masalah terbesar yang ada di dunia pendidikan saat ini, karena dapat mempengaruhi perkembangan mental terutama pada saat usia remaja.

Secara garis besar, pengertian bullying adalah tindakan yang ditujukan agar seseorang merasa lemah, tidak berdaya, atau di remehkan. Tindakan bullying yang biasanya di lakukan di sekolah adalah pelecehan, kekerasan fisik, pengucapan kata-kata kasar / merendahkan, dan sebagainya.

Para ahli kejiwaan membagi bullying menjadi beberapa jenis, antara lain :

  • Bullying fisik. Bullying fisik adalah bullying yang paling sering di lakukan, misalnya seseorang mem-bully dengan cara memukul, menendang, dan aktivitas fisik lainnya yang menimbulkan rasa sakit.
  • Bullying verbal. Salah satu bullying di sekolah atau kampus yang juga sering di lakukan adalah dengan melakukan bullying secara verbal (dengan kata-kata atau ucapan kasar) yang ditujukan untuk menyakiti perasaan, mempermalukan, atau membuat korbannya tidak berdaya.
  • Bullying emosional. Bullying emosional juga sering terjadi di sekolah atau di kampus. Contoh bullying emosional adalah pelaku bullying melakukan intimidasi kepada korbannya. Sehingga korban merasa tertekan, merasa kesepian, dan merasa terisolasi.
  • Cyber bullying. Tindakan bullying juga bisa di lakukan lewat media internet atau teknologi digital. Misalnya, pelaku bullying mengirimkan teks atau gambar lewat sosial media atau broadcast di messenger. Tujuannya agar korban yang bully merasa malu dan merasa tidak ada lagi tempat yang aman untuknya.

Berdasarkan kecenderungannya, cowok lebih sering mem-bully secara fisik, sedangkan cewek biasanya lebih sering mem-bully secara verbal dan emosional.

Sponsors


Berdasarkan penelitian lembaga riset Family First Aid di Amerika serikat, setidaknya ada 30% remaja disana pernah terlibat dalam bullying di sekolah – entah sebagai korban atau pelaku. Di Indonesia sendiri, jumlah bullying di sekolah atau kampus juga semakin bertambah setiap tahunnya.

Ada banyak dampak buruk bullying di sekolah, antara lain cedera fisik, depresi, stress, bahkan bunuh diri (lebih di kenal dengan istilah bullycide).

Tips dan Cara Menghindari Bullying di Sekolah atau Kampus

Lakukan hal ini jika kamu menjadi korban bullying di sekolah atau kampus:

#1. Berani melawan

Pelaku bully biasanya ingin eksistensinya di akui oleh banyak orang. Mereka merasa dirinya yang paling kuat, paling cantik, paling pintar, dan sebagainya.

Lawan mereka secara verbal dengan mengatakan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan terhadap kamu tidak akan menjadikan mereka lebih baik.

#2. Cari tempat untuk sharing

Kamu butuh tempat sharing untuk menyampaikan perasaan, mencurahkan uneg-uneg dan kekesalan kamu. Sahabat adalah salah satu tempat sharing yang terbaik.

#3. Laporkan kepada yang memiliki kewenangan

Jika kamu menjadi korban bullying di sekolah atau kampus, maka kamu harus segera melaporkannya dan melakukan konseling kepada pihak yang berwenang di sekolah atau kampus tersebut. Misalnya wali kelas, kepala sekolah, atau petugas kesiswaan.

#4. Laporkan kepada orang tua

Jika pihak sekolah atau kampus tidak bisa mengatasi bullying di sekolah atau kampus, maka kamu dapat melaporkan hal ini kepada orang tua. Ortu biasanya dapat memaksa pihak sekolah agar bisa lebih intensif dalam menangani kasus bullying.

#5. Percaya diri

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan, you must accept that! Meskipun orang lain mencoba menjatuhkan harga diri kamu dengan menyebut kekurangan-kekurangan kita, maka kita harus selalu ingat bahwa kita memiliki kelebihan di sisi lain.

Selain itu, untuk menambah rasa percaya diri pada saat harus berurusan dengan bullying di sekolah terutama bullying fisik, maka ada baiknya kamu melakukan latihan fisik seperti senam, nge-gym, atau mengikuti bela diri.

Ingin sharing atau berkontribusi tulisan di tips-cewek.com? Mudah kok... cukup kirimkan tulisan kamu di halaman berikut ini. Fyi, artikel ini sudah di baca 18.546 kali.

Sponsors


Pencarian terkait:

cara menghindari bully, cara mencegah bullying, cara menghindari bullying, cara menghadapi bullying di sekolah, Cara mengatasi bullying, cara mengatasi bullying di lingkungan sekolah, cara menghindari pembullyan, cara mencegah bully, cara mengatasi bullying di sekolah, cara mengatasi bully

Tags: #psikologi #sekolah

7 Tips dan Cara Menghadapi Pelaku Bullying
7 Tips dan Cara Menghadapi Pelaku Bullying
Bullying sebenarnya bisa terjadi di mana saja....
Cewek Wajib Tau! Manfaat dan Tips Menulis Buku Harian
Cewek Wajib Tau! Manfaat dan Tips Menulis Buku Harian
Pernahkan kamu merasa sangat senang sehingga sangat....
Rahasia Kepribadian Dari Cara Memakai Cincin
Rahasia Kepribadian Dari Cara Memakai Cincin
Girls, tau nggak ternyata cara seseorang menggunakan....
9 Tips Jadi Cewek Terkenal di Sekolah atau Kampus
9 Tips Jadi Cewek Terkenal di Sekolah atau Kampus
Ingin menjadi cewek yang populer di sekolah....
  1. author

    Silvina7 hari yang lalu

    Kaa aku dari kelas 10-saat ini saya kelas 12 smk slalu diomongin kesalahan saya. Saya udah berani tuk melawan tapi mereka gaada yg mendukung saya dan malah membuly saya. Saya tau saya salah tapi ga seharusnya mereka slalu ngomongin itu semua…saya suka sedih kaa dan merasa serba salah ke mereka… saya mohon bantuannya kaa saya harus gmana ke mereka…

    Balasan
    • author
      Penulis

      tcadmin3 hari yang lalu

      Perbaiki diri dan cobalah meminta maaf untuk kesalahan yg telah lewat. Jangan terlalu memikirkan omongan orang lain, cobalah untuk menjadi pribadi yang bisa selalu memperbaiki diri. :)

      Balasan
  2. author

    Nia2 minggu yang lalu

    Kak, aku di sekolah sering banget di bully, bahkan hampir satu kelas nge-bully aku, terus waktu berkelompok untuk tugas sekolah, mereka cuek sama aku,

    Mereka bilang kalau aku itu pendiam, padahal waktu aku ngedeketin mereka, mereka gak mau dan malah diemin aku

    Aku harus bagaimana nih kak?? Rasanya pingin nangis, pingin ngungkapin uneg2 tapi gak ada yg bisa di ajak curhat, sekalipun dengan guru, gurunya hanya menasehati, sedangkan orang tua sudah lelah diajak bicar
    Mohon tips nya kak, aq harus bagaimana agar aq tidak di bully lagi, rasanya aku sudah capek

    Balasan
    • author
      Penulis

      tcadmin2 minggu yang lalu

      Hai adik Nia yang baik. Hal yang harus adik lakukan untuk memperbaiki kondisi seperti ini adalah dengan meningkatkan kepercayaan diri dan bersabar. Bully memang hal yang sulit untuk di atasi, akan tetapi bully bisa kok di hentikan. Coba ikuti aktivitas di luar belajar, misalnya ikut ekskul paskibra, bela diri, dan sebagainya. Jangan dengarkan kata-kata tukang bully, karena mereka malah seneng kalo kamu tambah down. Cuekin aja hal-hal seperti itu. Next, cobalah belajar bersosialisasi dengan baik, jangan mencoba untuk menjadi lebih menonjol dari orang lain. Good luck! ps. Coba deh curhat juga sama guru konseling/penyuluhan di skolah.

      Balasan
  3. author

    Putra1 bulan yang lalu

    Putra
    Dulu gw pernah di bully 2-3 hari pas gw SMP- SD tapi gua ngelawan yg ngebully gw sampai dia nangis …..
    tapi gimana caranya agar dia tidak membuli gw lgi…

    Balasan
  4. author

    Abi2 bulan yang lalu

    Kak aku punya saudara cowok di sekolah nya dia suka dibully sama disindir oleh temen nya dan disekitar nya karena feminim dan anak nya juga pendiam kak. Dia pengen pindah sekolah tapi dia bilang kalo pindah sekolah sama akan dibully lagi kak. Gimana solusi nya kak? Makasih.

    Balasan
  5. author

    syauqi aidil rahman2 bulan yang lalu

    kak,namaku syauqi aku juga korban bully dari sd sampai SMP sehingga di SMA aku menjadi pendiam,ini semua terjadi karena mereka tidak bisa melihat aku senang,jadi apa tipsnya kakak dan bully fisik bagaimana cara melawannya bahkan kerja kelompok pun aku gk diajak sedih rasanya hidup gini dan bagaimana menjadi tidak pendiam lagi kak?

    Balasan
  6. author

    Penyuka Apel4 bulan yang lalu

    kak, saya di bully sejak SD sampai SMP, gara2 itu saya jadi pendiam sampai saya SMA. Saya juga tak punya teman, pas SMA ada sih, tapi nusuk dari belakang. Dan sebentar lagi saya akan kuliah, saya ingin berubah tapi saya takut kalau saya tetap menjadi pendiam gara2 kebiasaan. Saya tau kalau saya terus menerus depresi sehingga jadi kebiasaan. kalau org tua saya bersikap tak tau menau terhadap saya. Saya harus berbuat apa supaya menghindara bully ketika kuliah nanti kak?

    Balasan
    • author
      Penulis

      tcadmin3 bulan yang lalu

      Hai adik yang baik, kamu sepertinya tipe cewek introvert dan cenderung pemalu ya? Gpp kok, cobalah untuk belajar bersosialisasi mulai dari lingkungan terdekat kita. Dan mungkin kamu juga kena bully karena hal ini. Perlu teman curhat? Silakan email kakak di info[at]tips-cewek.com (at ganti pake @ ya!), kakak bisa atur komunikasi langsung dengan kamu. :)

      Balasan
1 2 3

Beri komentar "Tips dan Cara Menghindari Bullying di Sekolah atau Kampus"


Top